Wednesday, June 29, 2016

Setup Pisang Rempah


Hari ini masih sibuk menyelesaikan sisa-sisa orderan yang terakhir sebelum libur. Pengiriman terakhir hari Sabtu ya..buat teman-teman yang order atau udah transfer mohon segera konfirmasi..agar segera aku beresi semua pengiriman. Walau dari kurir dan pos udah nggak bisa janji sebelum Lebaran bisa sampai untuk pengiriman minggu ini..huhu. Tapi yang penting aku beresi kirim semua dech. Jika ada yang terlambat transfer, konfirm, otomatis terpaksa ikut pengiriman setelah Lebaran. Waroengku buka lagi sekitar tanggal 11 Juli ya..tunggu pos dan kurir nromal kembali. Yang mau nitip sesuatu dari Yogya..tepung garut, dll..ayuk daftar di wa atau sms seperti biasa..hihi. Kebiasaan..mudik biasa sekalian kulakan aneka pesanan teman-teman.

Nah..biar tetap ngebul dapurnya..aku posting menu minuman dulu ya..minuman sederhana dan praktis, namun enak dan seger banget tadi buat buka puasa. Di dapur masih ada stok pisang kepok yang belum terlalu empuk..nah..pisang seperti ini paling enak di buat setup pisang. Biar beda dan lebih cerah warnanya Tadi aku pakai rempah kayu manis..dan kulit secang. Biasanya kan pakai cengkih, kali ini aku ganti secang..hemm..jadi cantik kuahnya..dan lebih enak harum...kuahnya. Sayangnya aku pakai gula merah tadi..jika pakai gula pasir..pasti warnanya akan lebih merah cantik..karena pakai kayu secang ini tadi.

Membuat setup ini mudah banget..setengah jam sebelum buka puasa juga masih bisa tadi di dadak buatnya. Cukup rebus pisang dengan gula dan aneka rempah, hingga pisang empuk dan matang. Jadi dech..kuah air setupnya ini seger banget buat buka puasa. Di minum anget enak..di buat dingin taruh kulkas dulu juga enak.
Akan lebih enak lagi jika pakai kolang kaling..tapi aku lagi nggak punya tadi..jadinya pisang aja.

Oke..selamat mencoba ya teman-teman..jika suka :)
Setup Pisang Rempah

Bahan :
2000 ml air
10 buah pisang kepok yang jangan terlalu lembek, potong serong jadi dua bagian
1/4 sendok teh garam
200 gram gula merah
2 lembar daun pandan
4 cm kayu manis
3 lembar serutan kayu secang

Cara membuat :
Campur semua bahan, rebus hingga pisang empuk dan matang
Koreksi rasa manisnya, jika sudah pas, angkat
Sajikan hangat atau dingin

1 comment :

  1. Betul mb enak bgt itu seger... dulu temen q yg suka bikin skrg jauh jd bikin sendiri aja

    ReplyDelete