Tuesday, June 28, 2016

Burger Nasi Kongbap Isi Daging & Tempe


Yodha sudah bosan daging panggang..jadi musti mikir buat menu baru lagi nich buat dia..yang memang anak *picky eater..hihi. Tapi Kalau lagi doyan sesuatu..maunya makan itu-itu terus. Dan seperti kebanyakan anak-anak seusia dia..maunya itu makan ya pakai lauk pauk keringan aja. Di suruh makan sayuran atau buah langsung itu susah banget. Akhirnya aku akalin saja dengan minum jus buah atau sayur.

Namun..karena seringnya sayur dan buahnya sudah di blender halus, jadinya tetap saja konsumsi seratnya kurang dech. Untung sekarang aku rutin masak nasi, aku campur dengan Kongbap...Multi Grain Mix, atau campuran naeka biji-bijian bermanfat dan kaya serat. Aku nggak ragu untuk mencampur Kongbap ini jika memasak nasi setiap harinya, karena semua bahan biji-bjiannya itu alami dan bermanfaat semua. Antara lain ada Beras Merah, Beras Hitam, Barley, Basil, Kacang Hijau, Beras Ketan, Jagung, Wijen, dan Millet Merah serta Millet Putih. Pokoknya komplet kandungan gizinya. Kongbap yang di produksi MARIFOOD ini memang di adaptasi dari tradisi makan sehat ala masyarakat Korea dan Jepang, yang di lakukan sejak dahulu, yaitu mencampur nasi dengan aneka biji-bijian yang bermanfaat untuk tubuh.


Jadi intinya...makan serat itu nggak harus ribet, cukup mencampur 1 sachet Kongbap untuk di masak bersama 2 cup beras putih biasa, maka akan membantu mencukupi sebagian kebutuhan serat tubuh kita. Apalagi buat anak-anak seperti Yodha yang susah makan sayur nich, ini cara paling efektif..hihi. Karena kan setiap hari anak-anak rutin makan nasi 3 kali sehari, jadi secara rutin tetap akan mengkonsumsi serat. Rasa nasinya pun tetap enak, warna nasi juga jadi lebih cantik..jadi anak-anak tidak akan protes..hihi

Manfaat Kongbap jika kita konsumsi secara rutin :
  • Detoksifikasi ( antioksidan tinggi )
  • Memperlancar pencernaan karena kaya serat
  • Mengurangi resiko diabetes
  • Menjaga tekanan darah dan gula darah
  • Mengurangi kolesterol dalam tubuh
Oke..sekarang aku mau share resep baru nich yang jadi favorit Yodha...Burger Nasi Kongbap Isi Daging dan Tempe. Enak sekali. Bisa di panggang, seperti isan burger yang basah atau di goreng kering di lapis panir seperti yang aku buat tadi untuk Yodha, sehingga ada sensasi kriuk dan gurih burgernya.

Nah yang spesial, kali ini burgernya tidak memakai roti burger, tapi pakai Nasi Kongbap..hihi. Jadi burger ala Indonesia..yang sehat dan mengenyangkan. Anak-anak pasti suka..karena sama seperti makan nasi dan lauk, tapi bentuknya seru...bentuk burger..hihi. Bisa jadi ide bekal sekolah juga kan teman-teman. Yodha suka banget. Padahal aku campur tempe lho daging burgernya..tapi dia nggak protes. Biasanya sich..kalau tempe aja di goreng..mana mau dia makan. Kalau di campur burger daging gini..kok suka dia. Tadi daging burgernya masih, setelah makanpun masih di cemal-cemil.." Enak..! " ..katanya. Senengnya bisa membuat menu varian baru untuk Yodha.


Nah..teman-teman mau coba juga di rumah untuk si kecil..catet resepnya yukk...! ^^

Burger Nasi Kongbap Isi Daging dan Tempe

Bahan-Bahan :
500 gram nasi Kongbap pulen hangat
Daun selada secukupnya
2 buah tomat merah, dipotong bulat
Saus tomat & saus sambal, serta mayonaise secukupnya


Daging Burger Tempe :
150 daging cincang       
Tempe 100 gram, goreng hingga matang, tumbuk kasar
1 sendok makan bawang merah goreng, tumbuk kasar
1 putih telur
50 gram tepung panir
1/4 buah bawang bombay, cincang halus
1/2 sendok teh kaldu sapi dan garam ( secukupnya )
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
1 sendok teh gula pasir

Bahan Pelapis :
1 butir telur, kocok lepas
Tepung panir kasar secukupnya

Cara Membuat :
Aduk rata semua bahan steak tempe.
Bentuk bulat pipih menjadi beberapa bulatan ukuran sesuai selera
Celup ke kocokan telur, gulingkan ke tepung panir kasar, lalu goreng hingga matang.

Penyajian :
Cetak Nasi Kongbap bentuk bulat pipih sebanyak dua buah, ukuran sesuai selera
Isi dengan Burger Tempe, selada, tomat, dan saus sesuai selera
Sajikan

Noted
Cara membaut Nasi Kongbap :
Campur 2 cup beras yang sudah di cuci bersih dengan 1 sachet Kongbap, beri air secukupnya, lalu masak seperti membuat nasi biasa memakai rice cooker.
Atau untuk lebih jelas lagi, teman-teman bisa melihat video resepku Aneka Olahan Kongbap berikut ini ya


Oke..selamat mencoba ya teman-teman..pokoknya jika mau menikmati menu sehat yang praktis, pakai aja Kongbap...Beras Sehat..Kaya Serat...! ^^












7 comments :

  1. Mba di, itu nyetak nasinya pake apa ya, kok cantik bentuknya? Oh ya mba, klo pake daging ayam giling gmana?mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai tutup toples mba..hihi..kereatif ya....:D :D

      Delete
  2. Memang top dech mba DD pakai tutup toples gak kepikiran tadi 😊. aku kira pakai ring yg buat nyetak roti tawar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba...pertama mau pakai cetakan roti tawar kok kebesaran ukuran burgernya..akhirnya pakai tutup toples kecil..:D

      Delete
    2. Hallo selamat malam mb Diah, salam kenal dr saya Kediri jawa timur. Mb bisa bantu saya kasih resep menu apa saja yang bisa kita jual dengan harga 10rb?

      Delete
  3. Dagingnya enak, simpel lagi bikinnya. Terima kasih mbak :D

    ReplyDelete
  4. wah kreatif banget sih mb...selain enak menyehatkan juga

    ReplyDelete