Tuesday, June 21, 2016

Memanfaatkan Sisa Isian Lumpia


Kemaren waktu syuting video resep aku buat lumpia untuk snack kru team kreatif aku sore hari. Masih ada sisa isian lumpia..kok sayang kalau nggak segera di olah. Akhirnya berakhir lagi jadi tahu isi. Jadi Tahu isi tumisan rebung dan wortel, serta ayam cincang dan udang, kemudain di lapisi kulit adonan tepung..selalu enak banget..nggak pernah bosan dech aku.

Aku dulu pertama makan tahu isi rebung ya di Semarang ini, pertama kaget juga..tahu isi yang biasa isian tumisan sayur..kok di ganti tumisan rebuh yang gurih manis. Tapi setelah aku coba..langsung jatuh cinta..dan sampai sekarang tetap jadi salah satu gorengan favoritku.

Tahu isi rebung yang enak itu jika tahunya kopong berkantung..terus isian rebungnya banyak. Jadi tahunya ini berkulit tipis sebagai pengganti kulit lumpianya..hasilnya itu enak banget. Apalagi di padu gurihnya adonan tepung..sambil nyeplus cabe rawit ijo yang seger kemepyar seger pedes rasanya..di jamin dech..waktu masih hangat habis menggoreng gitu..bisa-bisa beberapa biji udah di cicip duluan sebelum selesai menggoreng..hahah...* kalau pas ngak puasa lho..*

Jika mau buat jualan..yang versi ekonomis aja..tumisan rebung yang di bumbuin aja thok nggak pakai apa-apa...udah enak. Namun jika buat keluarga, lebih enak  jika pakai cincangan ayam dan udang. Kalau aku suka aku tambah wortel iris korek api..jadi rasanya itu lebih kaya lagi ada citarasa manis dari wortelnya Tahu isi rebung ini juga bisa di stok di freezer, jika sudah di beri isi, simpan di freezer, ketika akan di sajikan, diamkan suhu ruang, lalu di goreng.

Oke ini dia resepnya..aku tuliskan lengkap saja ya..dari cara membuat tumisan rebung yang biasa buat isian lumpia.

Tahu Isi Tumisan Rebung

Bahan :
15 buah tahu pong yang berongga

Bahan pencelup ( Aduk rata dengan air secukupnya, sampai adonan jangan terlalu kental agar bisa renyah ) :
100 gram tepung terigu protein rendah / sedang
2 sendok makan tepung beras
1/4 sendok teh bumbu kaldu bubuk dan garam sesuai selera
1/4 sendok teh ketumbar, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan

Bahan isi :
250 gram rebung, rebus sampai agak lunak, potong korek api
50 gram  daging ayam rebus, cincang kasar
50 gram udang kupas, cincang
1 buah wortel, iris korek api
1/2  sendok teh merica bubuk
1 sendok makan gula pasir ( sesuai selera )
Saus tiram 1 sendok makan
Garam secukupnya
Kecap manis 1 sendok makan
Air 100 ml

Bumbu halus :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Cara membuat isi :
Telur di kocok lepas, buat orak arik. Sisihkan.
Tumis bumbu halus, masukkan udang, aduk sampai berubah warna. Masukkan sedikit air. Masukkan rebung dan semua bumbu-bumbu lain.Koreksi rasa..untuk tumisan rebung ini harus  gurih dan manis citarasanya. Masak hingga meresap dan kering.

Penyelesaian :
Ambil tahu pong, lubangi salah satu sisi hingga membentuk kantong. Isi dengan tumisan rebung. Katupkan lagi kantongnya agar keliatan tertutup. celup ke adonan pencelup, lalu  goreng hinggaaa matang dan kering luarnya. Sajikan hangat dengan cabe rawit.


2 comments :

  1. Disini ndak bakal nemu tahu isi rebung :(
    Palingan isi bihun atau mie :D

    ReplyDelete
  2. Pernah bikin tapi blm sempurna..tq resepnya mba diah 😃

    ReplyDelete