Sunday, June 12, 2016

Bolu Kelapa


Beberapa waktu lalu aku menemukan bolu kelapa di Pasar Babadan..aku langsung jatuh cinta rasanya enak sekali. Gurih dan khas Bolu ndeso yang padat tapi enak. Dari dulu mau coba-coba resepnya belum kesampaian. Kemaren aku sempatkan mencoba..tapi pakai kira-kira dulu resepnya. Hasilnya udah lumayan gurih..tapi kayaknya masih kebanyakan kelapanya..hihi.

Atau mungkin kelapa yang aku pakai ketuaan..jadi bentuknya nggak rata bagian atasnya, keliatan tekture kelapanya mrumbul...LOL. Tapi enak dan gurih sudah dapat..cuma belum dapat tekture mulus atasnya. Mungkin kelapanya musti di kurangi dech. Oke..nanti aku coba lagi dech..yang ini di simpan dulu. Siapa tau ada yang mau mencoba..walau belum cantik permukaannya..tapi rasanya enak kok.

Oh ya..bolu ini pakai minyak goreng ya..karena tekture dan rasa bolu kelapa ini memang jadul banget..nggak ada rasa-rasa modern seperti bau margarin ya..apalagi butter..hihi. Lemaknya pakai minyak goreng aja..murah meriah..begitu sich..kata penjualnya..di pasar.

Oke..resep pertama ku catat dulu..nanti jika udah aku coba lagi..aku posting lagi hasilnya ya..:
Bolu Kelapa 

Bahan :
4 butir telur
1 sendok teh sp
200 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya )
250 gram tepung terigu protein sedang
250 ml minyak
1/2 butir kelapa, kupas, parut panjang
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili 

Cara Membuat :
Kocok telur, sp dan gula hingga mengembang dan kental 
Tambahkan garam dan vanili, kocok lagi sebentar hingga rata
Masukkan tepung terigu, aduk balik hingga rata perlahan
masukkan kelapa dan minyak goreng, aduk balik hingga rata
Tuang ke loyang kecil-kecil yang sudah di oles sedikit minyak
Oven 30 menit atau hingga matang di suhu sedang
Sajikan

5 comments :

  1. enak nich mbak tp q takut mau praktek soale udah sering bolkus aja ada 20 kali lebih tp yang berhasil cuma 2 kali yang laine bantat

    ReplyDelete
  2. Mbk, kalau dicetak pakai bulat ngaruh enggak dengan rasa? Pengen nyoba heheh

    ReplyDelete
  3. ini mirip kayak roti santen yang dijual di pasar di solo itu gak mb ? bolu yg 'maregi' itu...dulu kalau lebaran ke solo biasanya beli tp sekarang kayaknya udah mulai jarang...teruskan mbak...nguri2 warisan kuliner jadul...#jempolpapat

    ReplyDelete
  4. Diah Bunda CheRaJune 13, 2016 at 9:23 AM

    walah..mlah cantik kok mb di...

    ReplyDelete
  5. wah enak juga nih mba... kapan kapan aku mau nyobain ahh..

    ReplyDelete