Tuesday, June 14, 2016

Lemet Isi Unti Kelapa


Aku butuh piknik...rindu liburan...hahah. Lebay dech kalimat pembukanya. Beneran teman..aku sampai nggak sempat melihat matahari..lah dari Subuh hingga Magrib lagi itu di dalam rumah terus..lembur kerjaan. Maaf banget buat teman-teman yang kirm pesan atau wa jika telat balesnya. Beneran..pengennya beres dalam waktu bersamaan semua kerjaan..seandainya bisa. Namun..tetep..yang namanya kerjaan..harus di urai satu persatu..baru bisa selesai. Malam ini mau lembur packing..900  tepung leker..buat pelangganku yang biasa order..mungkin mau nyetok buat jualan leker waktu libur Lebaran nanti..jadinya musti cepat-cepat dech..takut ekspedisinya juga overload ngga bisa kirim. Tapi seperti biasa..nengok web dulu dech...takutnya teman-teman *kecelik ( kecewa ) waktu mampir karena nggak ada suguhan..hihi.

Menu suguhan hari ini di dapurku menu cemilan yang mudah dulu ya...soalnya waktu di dapur terbatas. Inipun karena mba art ku udah heboh tadi : " Bu singkongnya kok nggak di masak..keburu menghitam lho..! " haha..baru ingat kalau kemaren beli singkong. Baiklah..di parut saja..kasih garam dan sedikit gula..di isi unti kelapa..kebtulan masih ada stok sedikit kelapa parut di freezer, kukus..jadi dech snack takjil yang mudah..murah meriah, tapi enak. Aku memang Emak singkong..haha. Bukan Anak singkong lagi soalnya  kan..apa aja olahan singkong aku suka. 

Lemet..biasa di campur gula merah, nah kali ini aku kombinasikan dengan isian unti kelapa..enak juga lho teman-teman. Jadi lemet itu banyak variasinya. Bisa di isi pisang..di campur nangka..bahkan di campur durian juga enak lho. Bentuk juga bebas..mau bulat lonjong..atau pipih memanjang atau bentuk segitiga seperti yang aku buat ini..bebas saja dech.

Yang penting dalam pembuatan lemet ini pemilihan singkong yang bagus dan kesat, agar hasil lemetnya juga kesat enak, tidak lembek, serta tidak pahit rasanya. Banyak kadang yang tidak bisa memilih singkong dengan baik, hasilnya olahan singkong menjadi pahit. Bukan salah resepnya ya kalau olahan singkong pahit itu teman-teman..tapi kesalahan ada di pemilihan singkong mentahnya.

Oke..ini dia resepnya ya..teman-teman..selamat mencoba jika suka olahan singkong ya...

Lemet Singkong 

Bahan :
600 gram singkong yang sudah di parut, kalau dari mentah ya sekitar 1 kg an
Peras jika singkong terlalu berair ya, jika kesat sich tidak perlu
1 sendok makan gula pasir
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili 

Bahan Isian :
100 gram kelapa parut panjang, jangan terlalu tua kelapanya
50 gram gula merah , dan sedikit gula pasir untuk memantapkan manisnya ( sesuai selera manisnya ya )
1/4 sendok teh garam
1 lembar daun pandan

Cara Membuat Isian :
Campur semua bahan, masak hingga kesat
Koreksi rasa

Lemet :
Campur semua bahan lemet, aduk rata
Ambilsatu lembar daun pisang, tekuk bagian ujung, beri adonan lemet secukupnya, beri isi, tutup dengan adonan lemet lagi.
Lipat daun hingga berbentuk segitiga, semat dengan lidi
Kukus 30 menit hingga matang
Dinginkan
Sajikan

2 comments :

  1. Pokoknya olahan apa saja yang terbuat dari singkong saya juga suka banget mb.Diah ...tos dulu kalo gitu hehee...
    Makasih resepnya mb.Diah kapan2 bisa dicoba nich....

    ReplyDelete
  2. mbak diah aku tak daftar jadi asisten ngepackin barang gimana?hihihihi

    ReplyDelete