Thursday, June 9, 2016

Kongbap...Beras Sehat Kaya Serat


Alhamdulillah puasa memasuki ke empat..masih semangat teman-teman ?...Harus dong...!
Kalau kami..alhamdulillah selalu semangat. Yodha juga..walau kalau siang ada sedikit drama-drama keluhan kecil..seperti..wua..haus..wua..lama banget ya buka puasanya Mi ! "..dll..hihi..tapi dia tetap antusias dan semangat puasa satu hari penuh.

Kalau aku selalu harus semangat..apalagi di bulan puasa ini pekerjaan bukan berkurang tapi malah bertambah banyak..jadi walau puasa tetap harus beraktifitas full seperti biasanya. Alhamdulillah tidak ada masalah..lemes, dll. Kuncinya adalah..makan cukup..istirahat cukup..serta makan makanan yang bergizi. Jadi sebisa mungkin di bulan puasa ini aku selalu masak sendiri di rumah..dengan menu yang variatif dan bergizi.

Nah ada yang spesial nich di menu kami selama bulan puasa ini. Aku selalu memasak nasi dengan campuran Kongbap..multi grain mix, campuran aneka biji-bijian sehat dan bermanfaat yang memang fungsinya di campur ke dalam nasi putih. Jadi..Kongbap ini terdiri berbagai macam biji-bijian kaya serat dan bermanfaat  untuk tubuh.

Sejarah Kongbap berasal dari tradisi Korea dan Jepang. Pada jaman dahulu di saat kesulitan bahan pangan di kedua negara tersebut, dahulu penduduknya suka mencampur  beras putih dengan aneka biji-bijian. Kebiasaan dan tradisi tersebut masih tetap di lakukan hingga sekarang...dan di adptasi oleh MARIFOOD untuk memproduksi produk Kongbab ini agar lebih praktis di gunakan. 

Cara pemakaian Kongbab ini sangat mudah. Cukup di campur ketika kita memasak nasi..dengan takaran 2 cup beras putih, di tambah 1 bungkus kecil Kongbap, maka hasil nasi yang kita konsumsi akan lebih bergizi dan kaya serat, warnanya jadi lebih menarik, dan tidak mempengaruhi rasa lho. Yodha saja suka..dan tidak pernah protes makan nasi pakai Kongbap ini. Kadang-kadang..untuk dia..sengaja aku tambahkan Kongbap agak banyak, dan tidak aku aduk di Rice Cooker ketika memasak nasinya, jadi porsi nasi dia lebih banyak kandungan Kongbap nya..hihi. Biar banyak asupan gizi untuk Yodha.



Kandungan nutrisi Kongbap :

 

Kacang Hijau
Kacang hijau memiliki bermacam fungsiuntuk tubuh, seperti meningkatkan kesehatan jantung, antiaging , anti oksidan dan mendukung pertumbuhan  tulang dan gigi.

Wijen
Wijen mengandung minyak nabati, jadi bagus untuk mengurangi kolesterol, menurunkan gula darah dan tekanan darah tinggi, dan menjaga kesehatan kulit, tulang dan pencernaan, serta mengurangi stres.

Barley
Biji barley mengandung berbagai macam mineral dan nutrisi seperti magnesium, chromium, phosphorus, vitamin B I, fiber, dan selenium. Biji barley bermanfaat  meningkatkan daya tahan tubuh, menstabilkan tekanan darah dan mencegah osteoporosis.

Millet
Biji Millet sangat bernutrisi, karena mengandung banyak magnesium, fiber, serta dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan  fungsi otak

Sorgum
Biji ini kaya akan kandungan fiber, protein, dan mineral seperti zat besi, calsium, dan potassiu