Tuesday, June 7, 2016

Puding Kelapa Muda



Pagi teman-teman..masih semangat hari ini untuk puasa dan beraktifitas ?..Okeh..sipp..:)
Yodha pagi-pagi udah request menu buka  puasa nanti sore..mau Ayam Kremes..mau puding..mau ini..itu..hahah. Dia lagi semangat puasa full..jadinya memang seperti anak-anak pada umumnya..masih pagi aja udah semangat ngomongin menu buka puasa. Jadi ingat jaman kecil dulu..kalau puasa itu kan banyak yang jualan makanan..nah..kadang-kadang dari pagi udah ngumpulin makanan untuk buka..misal beli ini..itu sendiri dari uang jajan sendiri..haha. Jadi yang ada dari buka hingga malam tuch ngemil aja. Terus waktu itu lama sekali ya..kalau jaman anak-anak gitu tunggu suara nguuung...tanda buka puasa. Di rumahku dekat pabrik gula..jadi tanda buka puasa itu suaranya..nguuung gitu..nah kalau pas kecil..biasa kalau udah dekat Magrib..udah heboh..udah ngung belum ya..udah ngung belum ya ?..hihi. Memori puasa masak kecil memang indah..apalagi sholat Tarawih..bersama teman-teman..terus pagi habis Subuhan..pada jalan-jalan..hihi.

Kali ini aku share menu untuk dessert..*kata Yodha..*
Menunya puding kelapa muda. Memanfaatkan stok sirup cocopandan yang ada dua botol di rumah..hihi..kemaren aku buat puding kelapa muda. Jadi pudingnya nggak pakai gula pasir, tapi pakai sirup aja. Puding ini lembut, karena aku  pakai air agak banyak..jadi sebaiknya di taruh cup aja..daripada di buat puding potong. Kemaren aku nggak punya stok cup puding..jadi aku buat puding di loyang biasa.. tekturenya kurang kuat jika di buat puding potong..masih bisa di potong sich..tapi *giyur-giyur..( bahasanya aneh...maksudnya kurang kokoh jika jadi puding iris )

Aku suka rasanya ini khas aroma kelapa..karena selain pakai sirup cocopandan..pakai santan dan air kelapa juga. Yang lapisan putih pakai santan, yang lapisan bening pakai air kelapa..jadi harum kelapa muda. Untuk membuat layernya jika mau tidak misah, setelah tuang lapisan pertama..tusuk dengan tusuk sate..sebelum di tuang lapisan berikutnya agar puding lapisannya sebagian masuk ke dalam lapisan pertama..jadi sebagai pengikat gitu.

Oke..langsung saja ini resepnya ya..maaf foto seadanya...malam-malam motretnya..nggak bisa banyak gaya..soalnya ngandalin lampu.

Puding Kelapa Muda

Bahan :
Puding santan :
1 bungkus agar-agar putih
700 ml santan
200 ml sirup coco pandan ( sesuaikan jumlah sirupnya..jika mau lebih banyak..kurangi takaran santan hingga total cairan 900 ml )
1/4 sendok teh garam

Campur semua bahan, maska hingga mendidih
Tuang di cetakan untuk layer pertama, misal pakai cetakan loyang besar tuang separo, jika pakai cetakan cup..tuang seperti tinggi cup.

Puding bening :
1  bungkus agar-agar putih
700 ml air kelapa
200 ml sirup cocopandan ( sesuaikan takaran sirup..jika mau lebih banyak, kurangi takaran air kelapa hingga total cairan 900 ml )
1 butir kelapa muda, keruk
1/4 sendok teh garam
Campur semua bahan kecuali kelapa muda
Masak hingga mendidih
Masukkan kelapa muda
Tuang ke atas lapisan puding santan

Jika lapisan puding kedua sudah mengeras, tuang lapisan puding santan lagi..bisa di buat 4 atau 3 layer, sesuai selera.
Dinginkan puding di kulkas sebelum di potong atau di sajikan
Cocok untuk menu takjil buka puasa 

Tips :
Jika mau lebih manis bisa di tambah gula secukupnya, sewaktu merebus puding, koreksi rasa manisnya..sudah sesuai selera belum, kalau aku suka puding yang samar-samar aja manisnya.

7 comments :

  1. buat buka puasa sama sahur bakalan enak banget ini :)

    ReplyDelete
  2. heeeemm buat takjil seger nich mbak .. langsung yeeesss tenggorokan.. ^ _ ^

    ReplyDelete
  3. Siipppp...mb.Diah kayaknya enak nich kapan2 tak coba ahhh...

    ReplyDelete
  4. Aku dah coba mba tp yg puding santannya aja ga pake puding beningnya...rasanya manis bgt mungkin krn g pake lapisan pudinf beningnya kali y mba didi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh di kurangi mba..manis tergantung sirup yang di pakai juga ya..beda merk beda tingkat kekentalan dan manisnya..:)Kalau aku buat kemaren sich pas manisnya..mungkin karena aku pakai sirup yang encer.

      Delete
    2. Makasih mba jawabannya😴😊

      Delete