Wednesday, June 8, 2016

Tips Membuat Kue Kering Lebaran



Alhamdulillah..puasa sudah memasuki hari ketiga. Buat teman-teman di rumah yang mau belajar membuat kue kering sendiri di rumah..ayuk..masih banyak waktu ya.  Untuk pemula..buat dulu kue-kue kering yang mudah dan sederhana.

Di buku aku BIKIN KUE KERING YUK karyaku...aku kupas seluk beluk pembuatan kue kering untuk pemula, dari mulai pengenalan bahan hingga ke tehnik dan tips serta mengatasi permasalahan yang sering terjadi dalam pembuatan kue kering.
Resep-resep kue keringnya juga simple dan mudah di ikuti untuk pemula, ekonomis, namun enak rasanya sehingga cocok menjadi  sajian kue kering di hari Lebaran atau untuk panduan usaha kue kering yang ekonomis.

Jadi di tengah melambungnya harga-harga bahan kue..teman-teman tetap bisa kok berjualan kue kering yang enak..tapi terjangkau harganya. Atau bisa jadi kue hantaran untuk keluarga dan handai taulan..tentu akan lebih ekonomis, jika membuat sendiri di rumah.


Kalau menurutku..membuat kue kering sendiri di rumah untuk Lebaran..itu membawa kehangatan untuk keluarga. Berbagi cinta melalui hal-hal kecil dan sederhana seperti dengan menyajikan kue-kue hasil buatan tangan kita sendiri di hari Lebaran..merupakan wujud kasih sayang kita untuk orang-orang yang kita cintai. 

Walau toko banyak di jual kue kering, namun jika kita berkunjung ke rumah orang tua..mertua..saudara..sahabat, dengan membawa kue hasil buatan kita sendiri..tentu makna dan nilainya juga berbeda..karena dalam membuatnya..tentu ada sentuhan kasih sayang..cinta dan kerinduan..karena lama tidak bertemu keluarga besar atau sahabat. 

Jadi..jangan ragu ya,..untuk belajar membuat kue kering sendiri di rumah. Mumpung Lebaran masih agak lama...belajar  bikin kue kering dengan buku BIKIN KUE KERING YUK...buku bisa teman-teman dapatkan di www.diahdidi.com  atau di Gramedia terdekat. Yang mau langsung pesan di aku juga bisa..sms atau wa ke 089654712500.

video

Tips sukses pembuatan kue kering dari diahdidi.com

Selalu gunakan pengatur suhu jika memanggang cookies agar bisa matang dengan sempurna.

Selalu nyalakan oven terlebih dahulu, sebelum memanggang cookies, agar suhu yang akan di

pakai sudah tercapai ketika loyang masuk. Suhu oven tidak akan langsung panas jika baru di

panaskan.

Jangan gunakan loyang berwarna gelap, karena lebih cepat meyerap panas, jadi cookies

mudah gosong. Lebih baik gunakan loyang alumunium biasa.

Jika menggunakan oven tangkring atau oven kompor yang tidak ada pengatur suhu otomatis,

selalu gunakan termometer oven.

Jika akan membuat kue kering, timbang bahan-bahan secara akurat sesuai resep. Terlebih lagi

untuk bahan tambahan kue seperti baking powder atau baking soda. Jika terlalu banyak

pemakaian menyebabkan adonan terlalu mengembang dan aromanya kurang sedap.

Timbangan bahan yang lebih atau kurang akan mempengaruhi hasil kue. Akan lebih baik jika

menggunakan timbangan digital, karena sangat berguna untuk menakar bahan dengan ukuran

di bawah 25 gram. Namun jika tidak punya timbangan, saat ini juga sudah tersedia alat ukur

berupa gelas ukur dan sendok ukur yang praktis dan terjangkau harganya.

Setiap akan membuat cookies, persiapkan bahan-bahan beberapa waktu sebelumnya,

sehingga bisa check list jika ada bahan yang kurang, masih sempat memebeli atau

mencarinya. Jangan menggantikan bahan yang tertera di resep dengan bahan lain, jika belum

punya pengalaman mengubah resep.

Persiapan bahan-bahan yang perlu tindakan sebelum di gunakan terlebih dahulu, misal,

kacang yang perlu di sangrai, coklat yang perlu di lelehkan, kismis yang perlu di rendam air

hangat dll, lakukan lebih awal, agar ketika sudah menyiapkan adonan tidak akan terburu-buru

menyangrai kacang.dll.

Mencampur adonan cookies, harus secara perlahan, jangan di aduk terlalu kuat dan lama agar

cookies tidak keras

Jangan aduk adonan cookies dengan tangan, kecuali ada instruksi khusus di resep yang

menganjurkan pakai tangan. Suhu tangan membuat adonan jadi panas, sehingga adonan cepat

ekring dan susah di bentuk.

Jika adonan agak lembek, jangan di tambah tepung lagi. Menambah tepung melebihi takaran

di resep akan mempengaruhi rasa cookies dan membuat cookies jadi keras.

Untuk adonan cookies yang di potong, simpan terlebih dahulu di kulkas agar bentuknya lebih

padat dan mudah di potong.

Jangan terlalu banyak mengoleskan maragarin atau butter di loyang, karena akan membuat

bagian bawah cookies jadi gosong oles tipis merata saja. Atau bisa pakai cooking spray atau

minyak saja tipis-tipis.

Jika menggunakan loyang cookies secara bergantian, biarkan loyang yang di pakai

sebelumnya dingin terlebih dahulu, sebelum di beri adonan kembali. Jika masih panas di beri

adonan, maka adona akan langsung melebar sebelum di panggang. Bersihkan sisa remah-

remah dan serpihan cookies sebelumnya di loyang, sebelum di isi adonan baru.

Kenali oven kita dengan baik, masing-masing oven mempunyai panas yang berbeda, jadi

sesuaikan kebutuhan, misal untuk cookies di oven kita hanya cukup di suhu 160 C saja sudah

bisa matang, sementara oven lain, perlu suhu lebih tingga untuk mematangkan cookies,

karena semua tergantung jenis, dan ukuran ovennya.

Jika baru pertama mencoba membuat cookies, seringlah untuk menengok hasilnya dan

mencatat waktunya, misal untuk membuat nastar perlu wakatu berapa menit yang pas, nanti

akan jadi pathokan standart ketika kita baking.

Jangan tumpuk loyang di satu oven jika menggunakan oven listrik rumah tangga, karena

sirkulasi panas jadi terhambat dan cookies akan lebih lama matang.cukup gunakan satu

loyang dan letakkan di tengah-tengah oven agar sirkulasi panas merata,

Jika perlu, geser posisi cookies yang berada di loyang sebelah dalam, di tukar ke depan

setengah setengah matang cookiesnya agar merata matangnya.

Jangan terlalu lama memanggang cookies agar hasilnya tidak keras. Cookies cukup di

panggang maskimal 20 – 30 menit. Kecuali jika resep2 tertentu seperti maringue yang

memang agak lama memanggangnya.

Biarkan cookies dingin terlebih dahulu sebelum di pindah ke toples. Cookies yang baru

keluar dari oven biasanya masih rapuh dan akan mudah hancur ketika di angkat. Biarkan

dingin dan set dulu, karena selama menunggu dingin, proses pematangan tetap berlangsung di

loyang.

Tanda cookies matang , jika aromanya sudah harum dan warna berubah dari warna adonan

awal, misal, jadi berubah warna kecoklatan dan jadi kering. Lebih baik di keluarkan lebih

awal dari pada gosong. Karena cookies sangat fleksibel..bisa di panggang kembali ke dalam

oven jika memang belum renyah atau ingin lebih renyah lagi.

Untuk cookies potong yang di potong setelah di oven, misal brownies cookies potong,

pastikan memotong ketika cookies masih empuk dan belum kering agar lebih rapi hasil

potongannya.

Untuk cookies yang memakai isian, pastikan isian kesat dan kering agar lebih awet dan tidak mudah berjamur, misal kue nastar. 

Segera simpan cookies di wadah tertutup jika sudah dingin agar kerenyahan tetap terjaga.

Jangan gunakan tangan ketika mengemas cookies agar cookies lebih tahan lama dan terhindar

dari jamur.

Jika akan di jual, bisa juga di letakkan silica gel di bawah alas toples yang berfungsi

menyerap kelembaban agar cookies awet renyah

Semoga bermanfaat tips-tips di atas ya teman-teman..tips di atas juga sudah aku tulis lengkap juga di buku BIKIN KUE KERING YUK. Selamat mencoba.



8 comments :

  1. tks tipsnya mba DD sangat membantu.jd lbh semangat bikin kue kering sendiri. -> niken samarinda

    ReplyDelete
  2. Diah Bunda CheRaJune 8, 2016 at 10:44 AM

    mb DD kpn bkin kuker nya...sini tak bantuin....bantuin ngabisin...hihi... eh serius lo mb...klo btuh asisten aku mau,,gratis ,,yg penting aku bs blajar langsung dr ahlinya...hihi...

    ReplyDelete
  3. sangat membantu sekali mbk, makasih byk tipsnya

    ReplyDelete
  4. Pumpung bentar lagi mau lebaran, tips yang begini ini yang dicari ^^.. makasih mbak..

    ReplyDelete
  5. Mba diah kalo mengemas kue biar tahan lama dan ga berjamur pake apa yaa mba?katanya ga blh pake tangan ya mba?Ak mnt caranya donk mba

    ReplyDelete
  6. Mba diah kalo mengemas kue biar tahan lama dan ga berjamur pake apa yaa mba?katanya ga blh pake tangan ya mba?Ak mnt caranya donk mba

    ReplyDelete
  7. emang ada ya mbak termometer untuk oven yang nangkring di kompor? Belinya dimana? Bentuknya kayak gimana?

    ReplyDelete
  8. emang ada ya mbak termometer untuk oven yang nangkring di kompor? Belinya dimana? Bentuknya kayak gimana?

    ReplyDelete