Monday, June 13, 2016

Sayur Asem Komplit


Wuaa..hari ini beneran tertimbun kerjaan..seharian itu mengurus orderan pesanan tepung dari habis sahur. Puasa ini overload orderan..alhamdulillah. Eh..kurir kok ya overload juga semua..jadi banyak kiriman telat..jadi harap maklum ya teman-teman jika pesanan terlambat datang. Libur panjang ini Yodha di rumah saja. Aku jadi kasian sama Yodha..libur puasa di rumah terus. Untunglah Yodha anak baik yang mengerti kesibukan orangtuanya..jadi suka asyik aja main sendiri atau sama anak tetangga yang sudah seperti adiknya. 

Saking sibuknya..dari kemaren masak yang cepat-cepat saja. Nah..sudah beberapa hari ini suami request menu Sayur Asem. Dan sudah beberapa kali pula aku belanja bahan sayur asem..namun selalu berakhir masuk kulkas..hihi..karena tau-tau sudah sore dan udah Magrib aja jika ingat mau masak sayur asem. Tadi jam 4 sore aku sempatkan masak sayur asem ini. Alhamdulilllah..kok ya seger banget memang untuk menu buka puasa. Suamiku sampai habis 1 mangkuk besar..hihi. Padahal aku masak daging panggang juga..kok di cuekin dagingnya..milih sayur asemnya..hahah.

Tapi memang..menu sayur khas Indonesia..seperti sayur asem ini tidak akan pernah bosan ya teman-teman..walau sering tersaji di meja makan. Jadi semangat nanti untuk mendokumentasikan menu-menu khas Indonesia ini dalam bentuk video biar nanti lebih di kenal luas di luar ya..tapi ya itu..karena keterbatasan waktu..daftar antrian menunya panjang...kalau untuk video ini..hihi. Beda dengan postingan di web..tiap hari bisa aku kerjakan sendiri..kalau untuk resep dalam bentuk video itu harus melibatkan tenaga ahli dan kru yang berpengalaman agar hasilnya maksimal. 

Sudah lihat kan teman-teman 3 video resmi program tutorial masak aku di You Tube, yang resmi yang berjudul : COOK & SHARE With Diah Didi..jangan lupa untuk berlangganan ya di chanel You Tubenya..gratis kok..fungsinya agar selalu update dan tau..jika ada video resep terbaruku. Insyaalah akan rutin membuat video tutorial seperti ini..ke depannya..jadi di tunggu ya teman-teman..semoga bermanfaat buat teman-teman yang baru belajar masak, karena secara langsung bisa melihat proses memasaknya ya.





Okeh..sekarang aku share dulu ya..resep Sayur asem komplitku hari ini. Sayur Asem ini versi yang bumbu Betawi ya..pakai kemiri...dan sayurannya komplit..masuk semua dech..jadi sehat dan seger banget buat menu buka puasa. Apalagi di padu sambal terasi dan ikan asin goreng..hemm....daging panggang ..lewat dah..hahah.

Sayur Asem Komplet

Bahan :
100 gram tetelan sapi, rebus untuk mengurangi lemaknya
Labu siam 1/2 buah, potong kotak
5 lonjor kacang panjang, potong-potong
1 buah terong, potong-potong
1 genggam kulit melinjo
1 genggan daun so
25 gram kacang tanah
1 buah jagung manis, potong-potong
50 gram nangka muda rebus, potong-potong
2 lembar kol, potong kasar
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 - 3 sendok makan air asam pekat 
2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera

Bumbu Halus :
5 butir bawang merah
3 siung bawnag putih
4 butir kemiri
5 buah cabai merah
1 sendok teh terasi bakar

Cara Membuat :
Rebus 1500 ml air , masukkan daging tetelan dan bumbu halus serta bumbu lain
Masukkan  sayuran yang lama matang dulu, seperti jagung dan labu siam
Jika sudah setengah matang jagungnya, masukkan sayuran lain
Koreksi rasa hingga benar-benar pasa asam, manis, dan gurihnya
Angkat jika semua sayuran sudah matang
Sajikan hangat

Noted :
Jika mau hemat, beli saja paketan sayur asem di supermarket atau di pasar..atau di abang sayur..hihi..dua paket cukup untuk resep di atas. Tinggal di tambah sendiri bahan-bahan yang kurang.



5 comments :

  1. Woww akhirnya nemu sayur asem wenaag tenan.. makasih mba dd

    ReplyDelete
  2. Videonya bagus mba didi, simpel banget masakan2nya *aku suka aku suka*

    ReplyDelete
  3. Videonya bagus mba didi, simpel banget masakan2nya *aku suka aku suka*

    ReplyDelete
  4. Aq suka banget sayur asem mb Diah, tambahin rawit utuh. Masya Allah bikin lupa mertua hihihi

    ReplyDelete