Saturday, June 25, 2016

Risoles Hijau


Pagi teman-teman..gimana..sudah persiapan menyambut Lebaran ya ?..Sudah jadi berapa toples kue keringnya ?..Sudah beli baju baru untuk anak..suami tercintah..keluarga besar ?...Aku kok belum..hihi. Lagi sibuk menyelesaikan sibuk orderan dulu..ngebut karena minggu besok terakhir kurir beroperasi. Jadi..mulai minggu besok dech..bikin-bikin kue keringnya...:D. Yang mau order tepung-tepung..masih bisa ya beberapa hari ini..ya...hihi.

Kali ini aku mau share resep unik nich yang kemaren aku buat. Jadi ceritanya, aku lagi uji coba produk..sample tepung panko baru warna hijau untuk buat aneka snack. Dan kemaren aku coba buat risol hijau ini..hasilnya cantik ternyata..warnanya nggak berubah. Jadi seneng dech. Produk panko barunya apa..tunggu ya..nanti aku launching dan review di  postingan terpisah ya. Nich postingan uji coba dulu..hihi.

Karena pankonya sudah cantik dan warna hijau..kemaren aku kepikiran untuk buat kulit risolnya sekalian warna hijau. Akhirnya aku pakai air sari bayam buat pewarna alaminya. Dapet kok ternyata warna hijau alaminya. Cuma aku kemaren agak terlalu kental air bayamnya..jadi hijaunya jadi jadi hijau tua kulit risolnya. Jika mau agak terang hijaunya, peras air sari bayamnya saja ya teman-teman. Kalau pakai blenderku bagus..jadi semua bayamnya terblender halus..jadi hasil saringan airnya kental..hihi..dan warnanya jadi hijau tua kulit risolnya. Tapi nggak apa-apa ya..daripada pakai pewarna buatan..kan mending pakai sari bayam..lebih unik, alami..dan tentu saja lebih bergizi juga..karena ada sari bayam di kulit risolnya.


Untuk isiannya...aku memakai isian ragout ayam dan sayuran...seperti biasa kalau aku buat risoles. Kali ini versi ekonomis..pakai ayam, kentang, buncis dan wortel yang di rebus, dan di potong kecil-kecil. Jika mau praktis, teman-teman bisa memakai mix vegetables siap pakai, yang bisa di beli di supermarket, yang isinya kacang polong, jagung manis, dan wortel.





Oke..ini dia resepnya ya..Risoles spesial..warna hijau....hihi. Spesial karena tepung pankonya memang berwarna hijau cantik. Ada ya tepung Panko hijau ?..Ada dong..nanti aku ulas lengkap di postingan khusus ya tentang panko spesial ini. Yuk catet dulu resepnya ...

Risoles Hijau

Bahan Kulit :
100 gram tepung terigu protein sedang
100 gram bayam, blender dengan 250 ml - 300 ml air, saring
1/4 sendok teh garam
1/8 sendok teh merica bubuk
1 butir telur
1 sachet susu bubuk ( 27 gram )

Cara membuat :
Campur semua bahan hingga rata, aduk rata hingga menjadi adonan yang encer seperti adonan risol. Takaran air menyesuaikan ya..sama kadar kekentalan air bayamnya. Kemaren karena aku blender  bayamnya sampai halus banget, jadi agak kental air bayamnya kemaren, jadi aku tambah air lagi. Jika cuma airnya saja..yang nggak terlalu kental..250 ml cukup dech. Jadi di tes teman-teman..coba buat satu dadar kulit risolesnya, jika masih terlalu tebal, tambah air dikit..gitu aja..mudah kok.

Bahan Isian :
150 gram daging ayam rebus, potong kecil-kecil
2 buah kentang, rebus sebentar, potong dadu
2 buah wortel, rebus sebentar, potong dadu kecil
1/2 buah bawnag bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1/8 sendok teh pala
1 sendok makan gula pasir
1 sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera
2 sendok makan susu kental manis, cairkan dnegan 100 ml air
2 sendok makan tepung terigu
1 sendok makan margarin

Cara membuat isian :
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan matang dengan margarin yang sudah di panaskan.
Masukkan tepung terigu, aduk hingga bergerindil
Masukkan susu cair, aya, dan semua sayuran
Tambahkan bumbu-bumbu lain
Aduk rata dan masak hingga mengental ragoutnya
cicipin raanya hingga pas gurih manisnya

Pelapis :
Sisa adonan kulit risoles secukupnya
Tepung panko hijau secukupnya

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit risoles, beri isian secukupnya, liat bentuk risoles seperti biasa
Celup ke adonan sisa kulit risolesnya
Gulingkan ke tepung panko hijau
Goreng di minyak yang sudah di panaskan..hingga matang dan renyah pankonya
Sajikan hangat..yummy..!





12 comments :

  1. Beli tepung panko ijo dmn ya mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti habis Lebaran mba..aku jual..:D

      Delete
    2. Resepnya sangat kreatif, tak tunggu jualan tepung panko ijonya mbk diah.

      Delete
  2. Mba maaf oot, aku kmrn bikin pempek dos pake tepung bakso dari mba di, kok stlh direbus warna pemoek jd hitam ya.(abu2 gelap).gak bersih.. Knp ya...

    ReplyDelete
  3. Mba maaf oot, aku kmrn bikin pempek dos pake tepung bakso dari mba di, kok stlh direbus warna pemoek jd hitam ya.(abu2 gelap).gak bersih.. Knp ya...

    ReplyDelete
  4. Mba maaf oot, aku kmrn bikin pempek dos pake tepung bakso dari mba di, kok stlh direbus warna pemoek jd hitam ya.(abu2 gelap).gak bersih.. Knp ya...

    ReplyDelete
  5. Mbak saya tunggu emailnya kok belum dikirim yah...

    ReplyDelete
  6. Mb diah, terima kasih sharing2 resep2nya..

    ReplyDelete
  7. Bisa juga buat roti tawar homemade dari pasta pandan lalu setelah rotinya matang di masukkan dalam oven sampai kering blender sebentar jadi deh tepung pangko homemmade hihiii

    ReplyDelete
  8. Hallo MBA Diah perkenalkan saya Luci. Terima kasih resep2 nya, jadi senang belajar masak.
    Tepung pankonya kapan di jual. Mksh

    ReplyDelete
  9. Mba Diah, pangko hijaunya beli dimana ya? Saya cari disekitar jakarta dan depok sulit sekali.

    ReplyDelete
  10. Sms atau wa mba2 ke 089654712500...ready stok panko nya :)

    ReplyDelete