Wednesday, June 15, 2016

Sayur Nangka Pedas


Tadi pagi sudah menyempatkan masak yang lama..sayur nangka..tapi buka gudeg..melainkan sayur nangka bumbu pedas. Kalau masak sayur nangka itu kan lama..musti di masak dengan api kecil, agar bumbu meresap dan kuahnya berwarna cantik. Begitu mateng..langsung ambil semangkuk..kuahnya bagian atas kemerahan cantik banget pas waktu mateng. Di bawa ke meja foto..terus mau atur - atur properti lain..eh lha kok kesanggol..dan tumplek semua..alias tumpah satu mangkuk sayur..huhu. Padahal itu aku sengaja masak hingga kuah menyusut agar sedep rasanya. Akhirnya lihat di panci..masih ada sisa sedikit kuahnya. Tapi ya nggak secantik kuah di mangkuk pertama..huhu. Tragedi sayur nangka..hihi. Belum sempat di foto udah tumplek di meja..yo wis akhirnya seadanya saja dech.

Aku membuat sayur nangka pedas ini, karena kemaren beli nangka, belum aku olah..cuma aku rebus sebentar, lalu taruh kulkas. jadi keingatan sama request seorang teman untuk memasak sayur nangka peda untuk lauk Sego Penek..katanya itu khas Purworejo. Jadi sayur nangka pedas di sajikan dengan semacam opor putih ayam, telur dan tahu..yang jika di Yogya di sebut Terik. Di Purworejo sebutannya kalau sayur nangka muda pedasnya itu..Kelan Gori.

Karena aku belum pernah  mencicipi langsung di Purworejo..jadi aku nggak tau otentiknya seperti apa. Kalau lihat fotonya sich seperti lodeh nangka, tapi lebih merah kuahnya..jadi semacam sambel goreng gitu. Nah terinspirasi dari Sego Penek itu, hari ini aku masa sayur gori pedas, dan terik ayam. Nyesel tadi sayurnya cantik banget kuah yang tumpah itu..hihi. Yo wis rakpopo..seadanya ada ya teman-teman..fotonya..yang penting rasanya enak. Di padu ayam bumbu terik kok enak banget rasanya...aku sich lagi ngga puasa...jadi bisa nyicip dikit...hihi. Jadi konon sego Penek ini adaptasi dari gudeg Yogya. Kalau Gudeg Yogya..gori atau nangka mudanya di olah gurih  manis, kalau Sego Penek ini gorinya di masak pedas dan berkuah merah. Unik juga sich menurutku. Semoga suatu saat aku bisa mencicipi langsung Sego Penek ini di Purworejo, agar tahu citarasa otentiknya.

Jadi sayur nangka muda ini aku sebut Sayur Nangka Pedas aja dech..atau Kelan / Jangan Gori Pedes..dalam bahasa Jowonya..hihi

Sayur Nangka Muda Pedas

Bahan :
1/2 buah nangka muda ukuran kecil
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
50 gram gula merah
1 sendok teh kaldu sapi
Garam sesuai selera
1500 ml santan sedang

Bumbu halus :
10 buah cabai merah
6 butir bawnag merah
3 siung bawang putih
1 cm kencur

Cara Membuat :
Potong-potong kasar nangka muda, rebus sebentar, lalu potong kecil-kecil
Tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang
Tuangin santan sedang, dan semua bumbu
Didihkan
Masukkan nangka muda
Masak dengan api kecil hingga nangka empuk dan kuah menyusut, serta bumbu meresap
Koreksi rasa

Noted :
Lauk pelengkapnya..Terik ayam dan telur..hemmm enak banget juga ini..karena di masa api kecil lama hingga kuahnya *mlekoh...*
Resepnya sudah pernah aku posting ya..di search aja.

4 comments :

  1. Saya dr purworejo mbak... Jangan gori klo versi keluargaku gak pake kencur mbak diah, tp ketumbar, duo bawang, kemiri n terasi.
    Istimewanya jangan gori itu, semakin diangetin rasanya semkin yahuuud :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, kl penek kayaknya cacahan gorinya kecil2 banget ya. Aku sih ga paham bumbunya, cm taunya pedes aja, apalagi penek bu carik ngandul @ pasar jenar. Cucok banget deh

      Delete