Saturday, June 4, 2016

Tongseng Kambing



Biasanya aku membuat tongseng pakai bumbu gule praktis..nah..kali ini lagi rajin..bikin dari bumbu dasar awal. Jadi seperti membuat gulenya dulu, baru di masak ala tongseng. Hasilnya memang beda..lebih sedep..meresap bumbunya ke dalam daging dan lebih enak tentu saja karena bumbunya racikan sendiri.

Kemaren itu lihat daging kambing di pasar kok sepertinya seger dan kambing muda..jadi pengen masak tongseng. Untuk menghilangkan atau mengurangi aroma khas kambing yang dalam bahasa Jowo di sebut *prengus*..hihi..aku rebus dulu dengan jahe dan daun salam sebelum di olah. Hasilnya tongsengnya jadi enak..tetap ada aroma kambing, tapi nggak terlalu bau...begitu dech.

Untuk tongseng kali ini aku pakai santan yang agak banyak dan nggak terlalu kental, jadi hasil akhirnya berkuah dan seger, nggak kental kecoklatan seperti biasanya. Warnanya juga lebih kekuningan ya..karena dominan warna kunyit masih kuat dari bumbu gulenya..walau sudah pakai kecap banyak. Tapi rasanya...enak dan seger banget...apalagi sambil nyeplus ranjau cabe rawitnya. Cabe sengaja nggak aku potong-potong biar Yodha nggak kepedesan. Jika teman-teman suka pedas, bisa di iris-iris langsung ya cabenya.


Oke langsung saja..buat teman-teman yang suka tongseng..selamat mencoba ya, maaf fotonya udah kesorean..jadi rada buram..jika mau liat video singkatnya..ada di instagram aku ya..jangan lupa akun ig aku : @bunda_didi...follow akun aku ya : D

Tongseng Kambing

Bahan-Bahan :
500 gram daging kambing, rebus dengan 2 lembar daun salam dan 2 cm jahe serta 1000 ml

1500 ml santan sedang
150 gram kol, potong kasar
2 batang daun bawang, potong kasar
1 buah tomat merah, potong
6 buah cabai rawit merah, biarkan utuh
4 sendok makan kecap manis
6 buah bawang merah, iris tipis
1 - 2 sendok teh garam ( secukupnya )

1 sendok teh gula pasir
2  cm  lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam

2 biji kapulaga
2 cm kayu manis
2 biji cengkeh
1/8 butir pala, biarkan utuh
1 sendok makan bawang merah goreng

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
6 butir bawang merah
1 sendok teh merica
4 buah kemiri, sangrai
3 cm kunyit, bakar
1 cm jahe
1 sendok teh ketumbar 
Bumbu Iris Tumis :
4 buah bawnag merah
2 siung bawang putih
Cara Memasak :
Rebus daging kambing, daun salam, jahe dan air sampai lunak.
Angkat dan buang airnya. Potong-potong.
Tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang, masukkan daun salam, lengkuas, serai dan semua rempah lain.
Masukkan daging kambing dan santan, serta bumbu lain, didihkan sambil diaduk sesekali agar santan tidak pecah sampai semua bumbu meresap dalam daging dan kuah berkurang. Tumis bawang merah dan bawang putih iris, masukkan ke dalam rebusan tongseng
Tambahkan kecap, kol, daun bawang, tomat, cabai.

Koreksi rasa
Sajikan hangat.


4 comments :

  1. Waah Tongseng...selama ini bisanya cuma beli aja..hehe
    lain kali nyoba bikin sendiri, ah. Thanks for the recipe mbak Didi :D

    ReplyDelete
  2. Diah Bunda CheRaJune 4, 2016 at 8:54 AM

    ini yg diminta mas bojoku mb,,,tongseng bikinan sendiri...tp blm kesampean terus akhirnya ttp beli jadi...smoga kpn2 bisa nuruti misua pake resepnya mb didi ya...thx mb didi...makin keren sll,,ga pernah lewat buka ig nya mb didi...ciamik tyus update-an nya...makin suka makin sukses slllllllllll

    ReplyDelete
  3. Mbak diah, kapulaga cengkeh di ulek pa di biarkan utuh,,,,,suwun

    ReplyDelete
  4. Aku udah coba resepnya.. Alhamdulillah suami sukaa.. Hihi.. Tp pake ayam gak pake kambing mb..hehe

    ReplyDelete