Thursday, June 23, 2016

Nasi Bakar Kongbap Isi Bandeng Presto Pedas



Tadi malam lagi rajin..bikin menu Nasi Bakar ini untuk sahur. Mau langsung posting..kok udah ko duluan..ngantuk banget setelah dari Subuh kemaren itu bablas packing..dan ngurusi kerjaan..nggak tidur lagi. Lagi  ngebut nich..karena kurir juga overload menjelang Lebaran. Moga tetepa lancar di jalan..huhu.

Kali ini aku buat menu sahur yang praktis saja..buatnya malam..jadi pas sahur tinggal di panasi, di bakar sebentar..udah jadi menu sahur yang yummy. Aku buat Nasi bakar isi Bandeng presto pedas. Nasinya udah gurih, karena di bumbuin dan pakai santan, seperti nasi gurih. Terus isiannya itu pakai tumisan bandeng yang pedas. Enak banget dech...pas buat menu sahur.


Nah..yang spesial itu nasinya. Warnanya beda kan sama nasi putih biasa teman-teman..lebih cantik kan. Iya..karena nasinya aku memakai campuran Kongbap..multi grain mix yang sehat dan kaya serat, yang sangat praktis dan enak cara pakainya. Tinggal di campurkan ketika kita memasak nasi, maka kita akan mendapat asupan serat yang cukup untuk tubuh ketika kita memakan nasinya.

Nasi yang emakai campuran Kongbap ini..jadi lebih pulen, nggak merubah rasa lho. Yang pasti manfaatnya itu lho yang penting. Karena saat ini..jangankan anak-anak..orang tua seperti  kita aja kadang nggak banyak konsumsi serat, entah karena kurang suka, atau nggak sempat ya. Nah..dengan mencampur nasi dengan Kongbap ketika kita memasak nasinya, otomatis, kan kita akan selalu rutin mengkonsumsi serat untuk tubuh.

Jadi ketika aku mulai berkenalan dengan Kongbap ini, aku langsung jatuh hati..dan tidak pernah absen masak nasi..selalu aku beri Kongbap. Alhamdulillah kok rasa nasinya nggak berubah, jadi orang rumah nggak pada protes. Yodha aja suka. Kadang sengaja aku banyakin Kongbapnya..biar dia makan banyak serat. Aturan pakai sich 2 cup beras putih cukup di tambah satu sachet Kongbap sudah cukup, kalau aku suka tak lebihin buat Yodha..hihi.

Kongbap itu apa sich ?..Jika teman-teman belum tahu, mampir ke ulasanku lengkap tentang Kongbab ini ya di SINI. Jadi Kongbap itu campuran aneka biji-bijian kaya manfaat yang bisa di campur ke dalam nasi. Tehnik memasak nasi dengan campuran aneka  biji-bijian kaya manfaat ini merupakan tradisi ala korea dan Jepang ini dan sudah terbukti banyak manfaatnya untuk tubuh kita.

Seperti ini nich campuran Multi Grain Mix Kongbap..yang membuat nasi yang kita masak, jadi lebih kaya serat. 







Oke, ini dia resep spesial Nasi Bakar Kongbap Isi Bandeng presto pedas yang aku buat tadi malam ya teman-teman, siapa tahu mau mencoba di rumah ya..:)

Nasi Bakar Kongbap Isi Bandeng Presto
Bahan Nasi:
2 cup beras putih dicuci bersih
1 sachet Kongbap
3/4 sendok teh garam
3 lembar daun salam
3 batang serai diambil putihnya
1 lembar daun pandan dibuat simpul
Santan secukupnya, sesuai takaran air ketika memasak nasi biasa

Bahan Saus Areh:
200 ml santan dari 1 butir kelapa
1/4 sendok teh garam

Bahan Tumisan:
2 Bandeng presto, goreng lalu suwir-suwir
4  buah cabai merah besar dibuang biji, iris halus
1/4 sendok teh kaldu dan garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir ( sesuai selera )
100 ml air
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
4 butir bawang merah
2 buah cabai merah besar
3 buah cabai merah keriting
1 cm kunyit dibakar
1 cm jahe
Cara Pengolahan :
Saus areh, rebus santan dan garam sambil diaduk di atas api kecil sampai kental.
Nasi, Cuci beras, masukkan Kongbap dan bahan lain ke rice cooker, masak seperti biasa 
Tumis bumbu halus, daun salam, dan cabai merah sampai harum. masukkan air. Tambahkan ikan bandeng suwir. Aduk rata.
Masukkan garam, kaldu, dan gula pasir. Aduk rata. Masak sampai matang dan meresap.  Koreksi rasa
Siapkan daun pisang. Ambil nasi Kongbap secukupnya. Pipihkan. Sendokkan tumisan. Bentuk seperti lontong.  Siram 1/2 sendok makan saus areh. Bungkus seperti lontong. Semat dengan lidi.
Kukus selama 30 menit
Bakar sampai harum. Angkat dan sajikan.





1 comment :

  1. baru tau apa itu kongbap, nasi bakar spt itu kayanya pas juga buat buka puasa nih, variasi menu, gantiin lontong bakwan :-)

    ReplyDelete