Thursday, June 30, 2016

Oseng Kikil Lombok Kethok


Kemaren masak yang simple aja buat buka puasa. Soalnya suami pengen nasi padang..jadi sebagian lauk beli di resto Padang. Lha tapi aku kan nggak cocok Padang asli yang serba asin gitu..makanya kemaren buat Oseng berkecap ini buat ngimbangin Rasa Padang nya..hihi. Jadinya pas dech rasanya..kominasi gurih kuah Padang berpadu oseng kikil Jowo yang pedas manis....hahah. Kalau Yodha ya pilih Oseng kikil ku...daripada menu Padangnya..:D

Nah..Oseng kikil kali ini spesial..karena pakai cabe merah besar banyak. kalau di Yogya di kenal dengan nama Oseng Lombok Kethok...*kethok ya yang bener nich sesuai nama di buku warisan kuliner favorit Raja Yogya..hihi. Ndak usah di artikan apakan artinya cabenya di potong atau di kethok..atau cabenya keliatan ( ketok )..yang penting di bukunya tertulis Lombok Kethok...hihi. Dan yang jelas menu simpel ini enak sekali..cara memasaknya mudah dan cepat.

Aslinya menu Lombok Kethok ini pakai daging, namun pakai Kikil enak juga lho. Di salah satu resto di Yogya malah ada juga Gurame Lombok Kethok. Jadi intinya itu..ini seperti oseng berkecap, tapi banyak cabenya. Ganti tempe enak juga kali ya..jadi Tempe Lombok Kethok..hihi. Cabainya dua warna..pakai cabe hijau besar dan merah besar, di potong-potong agak besar jadi menarik warna masakannya. Rasanya itu..ya enak banget ya buat penyuka citarasa Jowo seperti aku..:D

Ayuk cobain teman-teman buat buka puasa atau sahur, enak. Buat anak-anak juga cocok karena cabai merah dan hijaunya besar, jadi nggak terlalu pedas

Oseng Kikil Lombok Kethok

Bahan :
300 gram kikil 
6 buah cabai merah besar, potong bulat
6 buah cabai hijau besar, potong bulat 
8 butir bawang  merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, geprek
2 cm jahe, geprek 
2 - 3 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
1 sendok teh gula merah
1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
600 ml air

Cara Membuat :
Rebus kikil dengan 1000 ml air hingga empuk
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum
Masukkan cabai, aduk hingga agak layu
Masukkan kikil, air dan semua bumbu lain
Tutup panci dan masak dengan api kecil hingga kuah menyusut, tergantung selera mau agak nyemek atau hingga kuah habis
Koreksi rasa
Sajikan hangat






3 comments :

  1. Wah favorit aku nih.. Kenyal2 pedes manis .. Tp kok cabe nya masih bisa seger gt mb diah? Aku kao bikin cabenya pasti udah layu gt jadinya.

    Indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk terakhir numis cabenya mba..atau jika mau tetep renyah cabenya..bisa d masukkan terakhir ketika semua sudah matang :)

      Delete
  2. mbak kalau pakai tempe apa tempenya di goreng dulu?dan tetep pakai air 600ml?

    ReplyDelete