Friday, April 15, 2016

Tips Membuat Putu Ayu


Late posting lagi..hihi

Langsung aja..kali ini mau share aja tips membuat  kue putu ayu ya teman-teman.
Kalau resepnya..udah pernah aku posting ya..banyak variasinya di web ini. Misal dulu aku  pernah posting putu ayu gula merah, putu ayu ketan hitam, putu ayu warna warni dan putu ayu labu kuning. Tinggal di search aja resepnya di kotak search pojok kanan atas ya.

Kali ini aku buat putu ayu, biar cantik warnannya dan nggak pucat..aku kasih pewarna hijau aja sedikit. Atau jika suka bisa pakai pasta pandan. Tapi aku kok malah kadang kurang suka aroma pasta pandan gitu..kalau essen beli jadi lho ya..tuch agak berlebihan aroma pandannya..beda sama daun pandang fresh. Jadi aku biasa pakai pewarna makanan hijau aja sedikit. Jika ada sich daun suji tuch bagus ya alami..di blender buat pewarna. Tapi hari gini di mana cari daun suji ya. Kalau ada beneran aku mau nanem. Kalau pandan udah banyak banget di kebun belakang..jadi enak..kalau bikin kue tinggal petik.


Oh ya..pilih cetakan putu ayu yang tebal ya..agar nggak bau plastik ketika di kukus. Jika ada sich lebih bagus pakai yang dari alumunium atau silikon.  Olesi putu ayu dengan minyak aja, jangan margarin ya, agar aroma asli putu ayu nggak tercampur aroma margarin. 

Membuat adonan putu ayau itu seperti membuat adonan sponge cake biasa, telur, gula di kocok hingga kental dan mengembang, baru di masukkan bahan lain. Tapi untuk putu ayu di perlukan cairan agar lebih lembut tekture kuenya...dan lebih moist di banding cake kukus biasa. Cairan biasanya santan agar citarasanya juga bertambah gurih.

Agar uap air nggak menetes, lapisi tutup panci dengan serbet ya..kecuali jikaa pakai kukusan jenis *klakat tidak perlu di lapis serbet nggak masalah. Putu ayu termasuk jenis kue yang cepat matang, jadi jangan terlalu lama mengukusnya, agar tidak mimpes kuenya.

Jika mau menyimpan kue putu ayu yang masih sisa, bungkus rapat, simpan di kulkas, besoknya bisa di panaskan kembali. Jika mau langsung di sajikan, sebaiknya di kemas satuan dnegan mika atau plastik agar tidak kering tekture permukaannya. Jika mau di jual, di buat malam juga tidak apa-apa, pagi di panasin sebentar, rasa akan tetep sama.

Putu ayu ini agar hasilnya cantik..kelapanya pakai yang sedang, agak mudah tapi sudah bisa di parut, kemawur gitu ya teman-teman, jadi terasa legit dan gurih..terus kupas bersih dan parut panjang. Menaruh lapisan kelapa di dasar cetakannya sambil agak di padatkan..jadinya cantik dech putu ayu nya. 

Putu ayu ini adalah salah satu kue tradisional yang banyak variasinya. Jadi dari adonan dasar bisa di beri variasi warna dan rasa, misal di buat warna warni, memakai campuran gula merah, atau tepung ketan, atau di tambah umbi-umbian seperti labu kuning, ubi ungu, dll. Resep-resepnya sudah ada kok..misal putu ayu labu kuning di webku ini..di search aja jika perlu ya.

Oke..semoga bermanfaat ya sedikit tipsnya teman-teman..sampai ketemu besok di resep dan tips lain ya..:D

6 comments :

  1. aku dlu klo bikin suka males dicetak kecil2 mb,,pake loyang ring skalian yg motif gtu/loyang puding,,trus dipotong2,,,hihi..kelapanya kasih garam dikit biar gurih..duh kangen kue ini,,tp ga punya mixer nih lo..hik..hik..

    ReplyDelete
  2. oalah...Mbak... buanyak nih suji buat pagar hidup di nganjuk sini......soale kalau acara mantenan suka buat kembar mayang.....

    ReplyDelete
  3. mbak diah didi, selama ini aku cm jd silent readernya blog ini. suka resep2nya dan kadang suka nyobain, makasih ya mbak... yg mau sy tanya, sy kalo buat putu ayu kok gak pernah mekar gt ya mbak, kuenya itu mimpes, kira2 salahnya dmna ya mbak? trm kasih...

    ReplyDelete
  4. Mbak di, q sering banget bikin putu ayu dl sempet buat usaha jg tp kenapa semakin kesini putu ayu nya kl d kukus pecah, jd semacam kayag bolu kukus gitu jd gak bisa datar permukaan bawahnya

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. putu ayu enak banget mbak,,,aku sering beli kalo orang lewat jualan,,,cuma aku gak bisa buatnya

    ReplyDelete