Tuesday, April 19, 2016

Sayur Lompong Tempe Semangit


Menu makan siang hari ini..cuma Jangan Lompong..atau Sayur Lompong plus Tempe semangit. Ada yang mau ngga ?..hihi. Enak lho..beneran...di makan sama nasi anget dan kerupuk aja udah enak banget dech. Oh ya..aku lagi mau mulai aktif share foto-foto masakan dan tips di Instagram nich teman-teman..jadi jika teman-teman di rumah punya Instagram, follow akun aku ya..@bunda_didi. Yang belum punya Instagram..ayuk buat akun ya..mudah kok..semudah Facebook, dll. Tinggal download aplikasinya di tab kita. Nah..nanti aku bakal sering upload foto-foto *behind the scene* waktu aku menyiapkan bahan atau menu yang aku masak setiap harinya..beserta tips ringan dan simple yang terlintas di kepala..hihi. 

Jadi seru..kan. Untuk hasil dan resepnya..tetep aku posting di web ini tentu saja. Karena kalau Instagram kan praktis jika motret proses masak tinggal jepret pakai kamera smartphone..langsung upload..nah kalau hasilnya, baru dech aku foto beneran untuk di posting di web. Oke..jangan lupa ya...buat akun Instagram jika belum punya..agar teman-teman bisa *kepoin aktifitas di dapurku..hahah dan bisa cepat juga jika mau share hasil mencoba menu-menu dari webku..tinggal colek aku aja jika mau ada yang di tanyakan, dll. Jadi Instagram ini adalah tempat untuk mengumpulkan koleksi foto-foto kita, kemudian bisa di share atau di lihat oleh teman yang follow akun kita. Seperti Pinterest ya..tapi kalau di kita lebih ngetop Instagram di bandingkan Pinterest. Dan nanti bakalan aku kasih kuis-kuis berhadiah juga secara berkala jika ada rejeki lebih di sana..biar seru ya.

Oke..menu kita hari ini..Sayur Lompong. Lompong itu batangnya talas, tapi yang khusus untuk di masak sayur, jadi nggak gatel rasanya. Aku tuch suka banget sayur lompong ini, karena citarasanya unik dan khas. Kali ini aku masak Lompong pakai Tempe Semangit dan Ebi..hemm..tambah enak banget dan sedep..aku aja tadi habis *nggado  ( makan tanpa nasi ) sayurnya sepiring kecil..hihi. Agar warna sayurnya agak cerah, sebagian cabai aku iris, sebagian aku ulek kasar, jadi warna sayurnya jadi cantik, ngga pucat. Agar Lompongnya bisa lemes waktu di masak, remas-remas dengan sedikit garam, cuci bersih, lalu peras.

Okeh..suka sayur Lompong juga, cobain ya..ini resepnya.


Sayur Lompong Tempe Semangit

Bahan :
1 ikat Lompong ( 10 an lonjor ukuran kecil-kecil )
150 gram tempe semangit yang masih keras
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
1 sendok makan ebi, rendam air panas hingga mekar, biarkan utuh
700 ml santan kelapa
Bumbu :
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
6 buah cabai merah, iris tipis miring
5 buah cabai  merah, ulek kasar

Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan hampir matang
Masukkan cabai, aduk dan tumis hingga matang
Masukkan santan, dan semua bumbu lain
Didihkan
Masukkan lompong dan tempe semangit
Masak dengan  api kecil hingga matang dan bumbu meresap
Koreksi rasa
Sajikan hangat


9 comments :

  1. wah aku mau mba, itu sayur klau sering masak dirmhku pas tgl tua, klau gak sayur lompong ya sayur rebung kakakku yg paling sering masak cari bahannya di kebun blkg rmh, gak nyangka mba DD bakal kasih resep ini jg. siiip buat mba DD. -> niken samarinda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba...kalau di rumahku di Yogya..jaman aku kecil dulu..nggaak tanggal tua atau muda..kalau nyayur juga tinggal cari di kebonmba..ada nangka..pepaya..daun singkong..daun so..lompong, rebung, dll..soale rumahnya pinggir sawah dan sungai..hahah..semua tinggal petik. Sekarang beli Lompong kok 5 ribu seikat yo mba..:D

      Delete
  2. Mb dyy..pernah denger ada yang bilang kalo cara ngolah lompongnya salah bikin gatal..bener gitu mb dyy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba..mungkin tergantung jenis lompongnya juga..ad ayang enak batangnya..ada juga yang khusus daunnya buat buntil itu :D

      Delete
  3. Dlu waktu aq msh kcl suka mkn mba,dimasakin nnk uyut.Skrng dah ga pernah mkn mba,dibekaci ga ada yg jual je....(dwie imam)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cini..di semarang lagi musim lho..di pasar 5 rb satu ikat :D

      Delete
  4. Umbinya di kukus, batang nya di masak pk ebi ...pedes..,jd tdk membuang tiap bagian talas ya mbak 😄😄, enak....

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Aku mau mba Diah... dikasih dikiiit aja jg ga apa2..heheh. aku belum pernah ngrasain jangan lompong mba... kalau denger sih sering. Trus lompong yang jenis apa ya mba yang bisa dimasak ?

    ReplyDelete