Thursday, April 7, 2016

Rendang Ala Diah Didi's Kitchen


Yeay...akhirnya posting Rendang juga..hahah. Masak rendang buka sekali dua kali..lumayan sering dari dulu..cuma belum di posting memang. Tapi semakin banyak teman yang nanya..kok searching di web nggak ada resep Rendang..padahal kan Rendang itu masakan yang mendunia..dll. Baiklah..aku posting juga akhirnya. Dari dulu mau posting resep Rendang ini agak ragu..karena Rendang yang aku buat sudah pasti kurang otentik Rendang ala masakan Padang..hahah..karena aku tambahin gula. Tapi setelah jejak pendapat *halah..bahasanya *..ternyata banyak teman yang suka juga rendang yang ala Jowo begini..baiklah aku posting saja.


Jadi buat yang biasa makan rendang yang asin pedas..ini bukan resep yang cocok ya...karena citarasa Rendangku ini gurih dan pedas manis sedikit. Atau bisa juga sich di hilangkan saja gulanya..tambahkan cabenya..jadi dech rendang asin dan pedas. Jadi...ini Rendang ala Diah Didi ya..hihi. *Rendang Jowo*..kalau kata suamiku...hahah. Tapi menurutku nich..enak sekali...aku biasanya kurang suka Rendang jika beli di warung-warung atau resto padang gitu. Kalau makan di Warung Padang palingan makan ayam kecap sama Yodha..hahah. Tapi..kalau buat sendiri seperti ini..suka banget..aku udah 3 kali makan pakai rendang ini..( dari kemaren maksudnya..:D ) dan nggak bosan itu..tetap merasa enak dan sedep *nglawuhi gitu.


Menurutku Rendang yang di kasih sedikit gula merah itu lebih sedep rasanya..lebih *balance atau seimbang rasanya..jadi semua bumbu rempah bersatu padu, di tambah rasa gurih, pedes dan sedikit manis..pas banget..sesuai seleraku. Yodha..juga suka lho, karena Rendnagnya nggak terlalu pedas..tapi bumbunya benar-benar *mlekoh..di sandingkan dengan nasi hangat saja..sudah pas banget...:D

Ada banyak versi resep rendang dan tehniknya. Kalau aku..rempah-rempahnya komplet..otentik seperti resep Rendang pada umumnya..tapi aku tambah gula merah. Terus..tehnik masaknya, ada yang di tumis bumbunya, ada yang tidak. Kalau aku lebih suka di tumis, karena..aku masak rendang bukan sewajan besar gitu..palingan beberapa potong daging dan telur. Jadi nggak mungkin masak hingga berjam-jam. Nah untuk mempersingkat proses pemasakan rendangnya jadi berminyak, bumbu aku tumis dulu hingga matang, baru masuk santan dan bumbu lain, lalu di masak dengan api kecil hingga kuah mengental dan berminyak. Proses memasaknya cuma sekitar 2 jam sudah matang dan hasilnya mengental dan kecoklatan dengan api kecil.

Agar kuah semakin kental dan legit, bisa di tambah kelapa sangrai. Tapi aku kok males menyangrai kelapa. Aku pakai aja serundeng kering, yang biasa aku jual..hihi. Ternyata pas kok rasanya buat bikin Rendang..jadi bisa hemat waktu dan tenaga, nggak perlu menyangrai kelapa hingga kering..hihi.

Ok..mau coba Rendang ala aku teman-teman..cobain yukk...:D

Rendang Daging & Telur

Bahan :
300 gram daging ( aku pakai bagian kisi yang mudah empuk ) , potong jadi 5 atau 6 bagian
5 butir telur, rebus, kupas
2 lembar daun salam
2 cm lengkaus, memarkan
2 lembar daun jeruk
1  batang serai, memarkan
50 gram gula merah
1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
1000 ml santan kental
150 gram kelapa parut panjang, sangrai hingga kering ( aku pakai serundeng aja sekitar 50 gram..hihi..) 
2 cm jahe, geprek
2 cm kayu manis, biarkan utuh
2 butir cengkeh

Bumbu Halus :
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih, 10 buah cabai merah keriting
1 sendok teh ketumbar
1 sendok teh jintan
1 cm kunyit
4 butir kemiri sangrai
1/8 sendok teh pala bubuk

Cara Membuat :
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang
Masukkan daging, aduk hingga berubah warna
Masukkan telur, santan dan semua bumbu lain
Tutup panci, masak dengan api kecil hingga kuah menyusut
Masukkan kelapa sangrai ( serundeng )
Mask kembali sambil di aduk-aduk hingga mengental dan kecoklatan
Koreksi rasa
Sajikan atau simpan di wadah kedap udara, bisa untuk stock lauk di freezer..:D
Hasil akhir rendang sebelum di angkat harus seperti ini ya, kental..mlekoh..berminyak.. :






23 comments :

  1. wualaaa mb dyy...tonjit bgt kui mb dyy,,btw mb le nembung karo bakule pasar yo daging kisi gtu mb?aku kok yo cocok nek dicolok gula mb..nek ora dicolok berasa cemplang gitu..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..sebenernya pakai daging bagian lain juga boleh..cuma aku aja suka yang cepet empuk..soale masaknya cuma dikit..:D

      Delete
  2. selama ini aku hobinya jadi silent reader di blognya mbak di
    tapiiiiiii..buat kali ini pengecualian
    gara2 rendang gak nahan buat ngomeeeennn

    sukses terus mbak diiii teruslah bikin ngeces :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..makasih udah nyempatin komen..:D
      Iya...ayuk di coba ya rendangnya :)

      Delete
  3. Mbaaak diiii, kalo pakeg ayam bisa gaaak hihihi kan harganya lebih murah juga hahaha #mak irit wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisaa dunk mba..telur thok juga enak banget kok..:D

      Delete
  4. Mbak dii, ini memang nggak pake cabe ya di resepnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..oh iya..lupa nulis..hihi..pakai mba..cabai merah keriting ya..secukupnya..aku pakai sekitar 10 buah kemaren,,karena biar nggak terlalu pedas..Yodha ikut makan. Kalau suka bisa tambah banyak cabenya.

      Delete
  5. Mba.. Sekalian share resep lombok ijonya dong.thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya mba..mudah kok..cabe hijau 100 gram, bawnag merah 5 butir,bawang putih 1 siung, tomat hijau kecil 1,kukus semua bahan. Haluskan dan beri garam 1/4 sendok teh dan gula pasir 1 sendok teh. Tumsi sebentar dengan sedikit minyak.

      Delete
  6. Siip mba aku jg mau nanya sambel ijonya sexy bgt.. tp klo aku buat kok ga bisa gitu yo mba mesti terlalu lembut..ada tips khusus buat nguleg nya ga mba atau ngukusnya ga lama2 bgt gitu..maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngukusnya sampai matang saja mba..ngga perlu sampai lembek cabenya. Ulek kasar aja..tumisnya sebentar ..udah..done..! :D

      Delete
  7. Mba diah, pakai kelapanya brapa, untuk santannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai samtan instan 2 bungkus..mba :)

      Delete
  8. Mba tips rebus daun singkongnya biar tetep ijo n empuk gmn

    ReplyDelete
  9. Mbak Diah saya bukan penyuka rendang namun karena suami suka banget jadi sering buat rendang dengan menggunakan bumbu instan. Iseng coba buat rendang dengan resep ini. Ya ampun enak banget, ada manisnya (biasanya kalau makan makanan Padang selalu saya tambahkan kecap ;-p). Untung saya buat porsi jumbo daging sapi pakai telur plus kentang. Suami dan saya bisa puas makan rendang deh. Salam sayang dari kami sekeluarga di Depok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipppp mba...alhamdulillah..resep ini juga tercipta..karena aku ndak suka rendang original yang asin..hihi..biasa Lidah Jowo..:D

      Delete
  10. Mba didi klo g pke jinten pala sama cengkeh rasanya ttp enak gak yah ?hehe soalnya harus beli ke pasar .efek jauh ke pasar 😄

    ReplyDelete
  11. Mba didi klo g pke jinten pala sama cengkeh rasanya ttp enak gak yah ?hehe soalnya harus beli ke pasar .efek jauh ke pasar 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi aromanya bukan rendang nanti mba :D

      Delete