Monday, April 25, 2016

Isian Roti Baso Ayam


Kemaren waktu mencicipi roti Baso Ayam oleh-oleh temen...suami kok suka banget isiannya..jadi pengen coba buat sendiri di rumah.  Setelah baca-baca dan ngobrol sama teman yang tau tentang Roti Baso Ayam ini..jadilah aku tahu..roti ini tergolong roti jadul juga ya. Isiannya jika mau otentik dan khas itu pakai Tangkueh. Sejenis manisan labu air..kalau nggak salah. Karena aku nggak punya tangkueh, maka aku nggak pakai. Atas saran teman..pakai wortel aja juga enak katanya. Ya udah aku coba membuat isian roti baso ayam ini pakai wrotel aja yang selalu ada di rumah. Rasanya...?..Tetep enak..cuma memang nggak khas aromanya.

Tapi kemaren aku buat ayam 300 gram..aku pakai kecap manis 3 sendok makan kok warnanya nggak bisa sehitam aslinya. Tapi kalau rasa menurutku udah pas, jadi nggak aku tambah lagi kecapnya. Mungkin harus pakai yang warna kecap benar-benar gelap kalinya. Jadi buatku, daripada kemanisan...aku cukup pakai 3 sendok makan aja. Jadi teman-teman jika mau seperti aslinya yang warnanya kehitaman..boleh di tambah sesuai selera kecapnya.

Oke..aku share resep isiannya dulu ya..rotinya bentar..masih proofing ini..hihi.

Isian Roti Baso Ayam

Bahan :
300 gram daging ayam bagian dada, rebus, cincang kecil, tapi jangan terlalu lembut ya
1 buah wortel, potong kotak
1 batang sledri, cincang
1 sendok makan saus tiram
3 sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh merica bubuk
garam jika perlu ( ati-ati dikit aja, karena saus tiram udah asin ya ) 
Tangkueh jika ada secukupnya, potong kecil-kecil ( aku nggak pakai )
6 butir bawnag merah, cincang halus
2 siung bawnag putih, cincang halus

Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang
Masukkan ayam, wortel  dan semua bumbu
Masukkan 500 ml air, tutup wajan dan masak dengan api kecil hingga air menyusut
Masukkan sledri, kentalkan dengan 1/2 sendok makan maizena yang di larutkan dengan sedikit air
Masak hingga kesat dan air habis
Koreksi rasa
Dinginkan


5 comments :

  1. Mb dyy sayang,,udah baikan to?mb klo bikin sirup sendiri gitu bisa awet lama g yo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampun mba..tergantung mba..jika kental ya bs lama awet taruh kulkas :)

      Delete
  2. Hi Mba, aku pengagum blog Mba. Kebetulan aku orang Tangerang. Kalau di Tangerang ini roti baso terkenal juga, rasanya juga manis kayak isian roti henis, tapi di kalangan Chinese biasa pakai pork. Tapi aku rasa pakai ayam juga tetap enak kok. Biasa selain sudah pakai kecap, kami masih tambahkan gula merah sisir makanya rasanya jadi manis banget. Nah kalau tangkueh biasa dijual di toko obat Chinese, atau di pasar pecinan, klo dimasukkin ke adonan roti baso ini dimakan krenyes2, menurutku ya mba teksturnya yg agak garing2 itu jadi mirip minyak b2 goreng. Mungkin kalau di luar negri ada mince meat, kita ada isian roti baso ini ya, hehehe, karena aku juga biasa suka tambahin angciu klo buat. Selain daun bawang kita juga pakai bawang merah goreng, jadi selain manis rasanya jg wangi n gurih

    ReplyDelete
  3. Sore mba Diah Didi, Mba kemarin saya nyoba bikin isian roti baksonya tapi ayamnya saya ganti pake dada ayam yang digiling. hihihi hasilnya ngk mau secantik punya mba Diah, padahal kecapnya udah pake 4 sdm masih nggak gelap-gelap juga warnanya. Apalagi setelah browsieng foto2 roti isi bakso rata2 semua isiannya coklat gelap, apa merk kecap berpengaruh ya sama warna. Ak juga kemarin nggak nambahin lagi kecapnya takut kemanisan, karena rasa yg sesuai resep mba Diah udah enak cuman nggak kekejar warnanya aja. Makasi sharingnya ya mba :)

    ReplyDelete
  4. Kayaknya kalau pake kecap jamur (mushroom soy sauce) dikiit aja, warnanya bisa jd gelap, tapi ga terlalu manis, mbak..

    ReplyDelete