Friday, April 22, 2016

Lontong Tahu Telur Khas Kudus


Dari dulu aku penasaran sama Lontong Tahu Telur khas Kudus. Dulu..waktu ke Kudus..kok mau nyoba udah kekenyangan duluan makan soto Kudus..jadi belum kesampaian mencobanya. Eh..alhamdulillah kemaren kok di bawain Lontong Tahu Kudus sama teman yang ke rumah..makasih Bu Joko..hihi. Jadi tau rasa menu Khas Kudus ini. 

Jadi..tahu telur bukan hanya menu masak Jawa Timur lho teman-teman..di Kudus juga ada. Sama-sama tahu telur, tapi bahan dan pelengkap beda, tentu citarasa juga beda. Kalau di Kudus, Tahu telurnya ini pakai irisan kol halus, taoge, dan sledri, di tambah potongan gimbal udang yang garing..jadi enak banget dech. Kalau citrasa kuahnya lebih mirip citarasa tahu campur, bukan seperti tahu telur khas Jawa Timur yang memakai petis.

Citarasa dominan, manis..gurih dan sedikit pedas. Jadilah aku pengen membuat sendiri Lontong Tahu telur ini di rumah. Untung di Semarang sini banyak yang jual tahu Kudus, jadi bisa membuat Tahu Telur khas Kudus ini memakai tahu asli Kudus. Ya..secara Semarang Kudus memang deket..jadi tidak heran banyak tahu sana ayang di jual ke sini..hihi. Yang khas dari Lontong tahu telur khas Kudus ini juga..harus agak banyak kuahnya..jadi nggak terlalu kental kuahnya..agak encer...di banding tahu telur khas Jawa Timur. 

Okeh dech..aku tuliskan resepnya ya..selamat mencoba jika suka...mudah kok :)

Lontong Tahu Telur Kudus

Bahan-bahan:
2 buah Lontong
2 lembar Kol, iris halus
50 gram Taoge pendek , rendam air panas sebentar
2 buah tahu Kudus jika ada ( kalau di pasar tempatku sich banyak..jika nggak ada paai tahu putih biasa )
2 butir telur
Bawang goreng secukupnya
Daun seledri Cincang secukupnya

Bumbu & kuah:
50 gram kacang tanah goreng
1 siung bawang putih
Cabe rawit hijau 5 buah
Air 400 ml
50 gram gula merah
1 sendok teh air asam jawa
garam secukupnya
Daun salam 1 lembar
laos 2 cm, memarkan
Kecap manis sesuai selera
Gimbal / rempeyek udang secukupnya

Cara Membuat :
Iris tahu kecil-kecil
Kocok lepas telur dengan sedikit garam
Masukkan tahu iris, aduk rata
Goreng hingga matang
Rebus gula merah, salam, laos, air asam dan air hingga mendidih, beri sedikit garam, koreksi rasa
Ulek kacang, bawang putih dan cabe, beri kuah secukupnya
Tambahkan kecap, koreksi rasa
Siapkan Tahu Telur yang sudah di goreng, beri kol iris, taoge dan daun sledri, serta bawang goreng
Tuangi kuah manis
Sajikan dengan gimbal udang kering


8 comments :

  1. Maaf mba diah didi tuh kacang tanahnya di uleg bareng bawang putih & cabe?? Ko d cara bikin kuahnya gak tertera ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya mba..lupa nulis..udah ku koreksi ya..:D

      Delete
  2. Menu tradisional yang tetap selalu ngangeni. Jujur kadang sy di rumah pas pengen buat sendiri tahu telur. Trimakasih menu tahu telur kudusnya

    ReplyDelete
  3. liatnya bikin laper mbak... jadi pengen buat nih, eh dibuatin pasangan dong... hehe..

    ReplyDelete
  4. saya jg suka bikin tahu telur tapi bahan sambalnya cuma kecap dicampur bwg goreng+cabe aja, jd pengen coba resep diatas, mf mba mau tanya itu sambal kacang sama kuah jd terpiah gitu ya. tks -> niken samarinda

    ReplyDelete
  5. Mb di, cara bikin gimbal udang ny gmn? Apa sm spt bikin bakwan.? Tks siska sidoarjo

    ReplyDelete
  6. Mb di, cara bikin gimbal udang ny gmn? Apa sm spt bikin bakwan.? Tks siska sidoarjo

    ReplyDelete
  7. Mbak salam kenal .. baru ngeh ternyata tinggal di smg ya .. makasih sebelumnya buat resep - resep yg sering kucomot .. hasilnya selalu endes. Aku dr kudus tp smp sekrg malah ga bisa bikin gimbal bolak - balik coba hasilnya ttp mengecewakan hehehe. Ada resepnya ga mba di? Yulia

    ReplyDelete