Tuesday, April 5, 2016

Tahu Serasi Sambal Kecap


Cemilan hari ini sederhana bingits. Soale cuma mau motret sample pernik-pernik dapur baru...hihi. Lha kok belum buat cemilan apa-apa. Ya udah..tahu pun jadi kan..di foto. Tapi pas goreng tahu kok ya siang hari lagi terik, ya udah ambil fotonya di atas aja. Tahunya tapi spesial kok..tahu Serasi dari Bandungan..tadi beli di pasar. Tahu Serasi itu tahu yang cukup terkenal di wilayah Semarang sini, banyak di jual di pasar-pasar atau di supermarket. Pabriknya dari daerah Bandungan...dekat Candi Gedong Songo sana..hemmm...seru kali ya..kapan-kapan meliput pabrik tahu ini.

Tahu..memang ada berbagai macam jenis ya teman-teman. Lain daerah..lain pula ciri khasnya. Kalau teman-teman main ke daerah Bandungan atau mau ke Candi Gedong Songo, pasti dech akan menemukan  banyak tahu Serasi yang di jual di pinggir jalan, ada yang di jual mentah, ada juga dalam  bentuk sudah matang langsung di goreng di sana. Tapi..kalau aku sich nggak perlu jauh-jauh ke sana..di pasar dekat rumah aja banyak yang jual..hihi.
Tahunya memang beda sama tahu biasa..kenyal dan padat, sudah agak gurih dalamnya, jadi nggak perlu di bumbuin lagi, lagi goreng bisa. Jadi boleh di katakan ini tahu premium. Ada beberapa merk tahu yang berasal dari daerah Bandungan yang terkenal. Beneran..jadi penasaran kapan-kapan mau liputan ah ke sana. Harga tahunya memang sedikit lebih mahal di banding tahu biasa, tapi enak, karena selalu fresh dan baru, apalagi kalau di pasar di tempat penjual langgananku itu kadang aku lagi lihat baru di drop gitu..aku langsung beli..karena pasti fresh..nggak asam. Beda..kalau beli di supermarket, kadang sudah berhari-hari di lemari pendingin itu sudah beda rasanya.

Kali ini Tahu Serasinya aku goreng saja langsung, dan di sajikan dengan sambal kecap. Cara membuat sambal kecapnya pun mudah banget. Tinggal ulek cabe rawit merah sesuai selera. Kalau aku biasanya 3 biji, di tambah satu siung bawnag putih ukuran kecil saja agar tidak terlalu nyegrak aromanya. Kemudian tambah 2 sendok makan kecap manis ( pakai Kecap Lele pastinya :D ), plus seujung jari garam ( sejimpit kecil ). Cara membuatnya, haluskan bawang putih dan cabai, campur dengan bahan lain, koreksi rasa. Sudah..tinggal ambil tahu Serasi hangat yang baru di goreng..di cocol ke sambal kecap..hemmm..enak sekali.

Cobain dech teman-teman..jika tidak ada tahu Serasi, pakai tahu Sumedang, tahu Bandung atau tahu Cina yang gurih juga enak. Atau..mainlah ke Semarang atau ke Bandungan..cobain tahu Serasi ya..:D





7 comments :

  1. Tahunya kelihatan enak tuh mba Di...menul-menul, apalagi dicocol sambal kecap..wis perpaduan yang pas. Kalau aku kadang sambal kecapnya suka tak tambahin irisan daun jeruk mba. Hmmm... aromanya bikin nambah lagi dan lagi. Cobain deh mba.. Btw itu propertinya nggemesin lucuuu... naksir.com...hehe ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..jadi kayak kuah tahu guling Yogya..pakai daun jeruk juga sedep..kapan2 ku coba :)

      Delete
  2. apik bgt pernak pernikmu mb dy,,selalu eye cathcing*bener ora ejaane mb?hehe...bikin makin kemecer mb dyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi,...iya mba..dapat sample dari pengrajin kayu...pernak2 dapur ..alhamdulillah yo..:D

      Delete
  3. Kerennn 👍, pernak perniknya mbak Diah.....😄👍 sukses ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..dapat sample..buat di foto..:D

      Delete