Friday, April 22, 2016

Es Rujak Timun


Tadi ke pasar kok lagi musim timun ndeso yang renyah dan kres-kres itu lho buat lalapan teman-teman. Aku suka banget dech timun ini. Lebih enak daripada timun ijo yang besar-besar jika buat lalapan. Kadang tak makan gitu aja juga enak..seger ada rasa sedikit manis. Jadi ingat waktu kecil..timun seperti ini hampir tiap hari jadi oleh-oleh ibuku kalau pulang dari pasar..mungkin karena murah meriah ya..anak banyak..hahah. Terus sama ibuku di buat rujak timun. Udah nggak pakai buah lain..ya cuma timun aja. Rujaknya berkuah  banyak..kasih es batu..jadi es rujak..hahah. 

Nah..tadi kok aku rindu es rujak ala ibuku..akhirnya aku buat aja..praktis dan cepat aja buatnya..cuma cabe, kencur, garam gula. No terasi ya..kalau ibuku buat untuk es ini. Kalau rujak colek baru pakai..soalnya biar seger gitu air rujaknya..kalau bau terasi ya nggak pada mau anak-anak..:D Udah..tinggal di rajangin ketimun..di nikmati siang hari di siang yang terik..hemmm..kok ya seger banget. Murah meriah..eh tapi sekilo 10 ribu ding ketimunnya di sini tadi..hahah..kala dulu jaman aku kecil..berapa rupiah kali ya..sekilonya..lol.


Tips membuat es rujak agar tidak langu, tuangi ulekan cabai dengan air panas ya, atau mau sekalian di masak hingga mendidih ya nggak apa-apa,..cabai , air da gula serta garam. Tapi jika buat dadakan dalam jumlah sedikit, di tuangi air panas pun bisa. Pedas..sesuai selera..lebih nyegrak dan nendang pakai cabai rawit sich..tapi jika untuk anak-anak pakai cabai merah saja. Selain itu warna rujaknya juga makin cantik jika pakai cabai merah.

Oke..selamat mencoba..nich resepnya..mudah banget kok teman-teman :

Es Rujak Timun

Bahan :
Timun Ndeso yang kecil-kecil ( lihat foto )
300 ml air panas
50 gram gula merah
Cabai rawit hijau 3 buah
Cabai merah 1 buah
1/2 cm kencur
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh air asam jawa

Cara Mmebuat :
Rajang ( potong kecil ) ketimun sesuai selera 
Haluskan cabai, kencur, gula merah, garam dan air asam
Tuangi air panas, aduk rata
Koreksi rasa hingga pas pedas manisnya
masukkan ketimun, diamkan di kulkas hingga dingin sebelum di sajikan


10 comments :

  1. Mb dyy,,itu timunnya ada mereknya timun ndeso y?hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..soale kalau pakai timun kota yang gede2 ijo gitu kurang seppp :D

      Delete
  2. Mba diah jadi keingat alm nenek. Dulu waktu kecil suka dibuatin rujak pedoyo,bahanya dari timun direbus sampe mateng dibiarkan sampe dingin trus dimakan pake sambel rujak uleg..suegerr mba 😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..mksh infonya mba..aku malah belum pernah makan kalau rujak timun rebus..kapan2 aku coba dech :)

      Delete
  3. enak sepertinya mbak... boleh di coba nih di rumah, kangen rujak soalnya.

    ReplyDelete
  4. Pengeennnn......jd ngiler mba...

    ReplyDelete
  5. siip mbak diah.. dijakrta sini juga banyak timun deso gitu mbak.. biasanya di tukang jual sayur,, memang seger buat rujak ya mbak.. dan gag pahit juga.. ^-^

    ReplyDelete
  6. siip mbak diah.. dijakrta sini juga banyak timun deso gitu mbak.. biasanya di tukang jual sayur,, memang seger buat rujak ya mbak.. dan gag pahit juga.. ^-^

    - zahra jaksel -

    ReplyDelete
  7. seger banget nih minuman apa lagi di kasih es

    ReplyDelete