Sunday, April 24, 2016

Mencicipi Henis Roti Baso Ayam


Karena badan belum fit bener..walau udah agak entengan..hari ini nggak ke mana-mana dech. Kemaren rencana mau buat video resep lagi..tapi di undur dulu dech..daripada badan semakin nge drop. Yodha siang ada lomba drum band, biar di anter  papinya. Sore kemaren..badan *nggregesi..keringat dingin..pokoke nggak enak banget badan..lha kok Yodha minta cemilan. Duch..papinya pas lagi pergi pula...di rumah cuma ada keripik-keripik yang Yodha nggak suka. Kalau ada papinya ya tinggal beli sesuatu di luar. Aku mau buat sesuatu udah nggak kuat badan..akhirnya tak suruh minum susu aja..udah anteng Yodhanya. Eh tiba-tiba ada Mas Gojek datang...agak kaget karena aku nggak pesan apa-apa..pakai gojek aja nggak pernah..hihi. Ternyata ada kiriman dari teman. Oh iya..baru ingat kalau siangnya beliau nanya alamat mau kirim oleh-oleh dari Jakarta..wuaa..jadi terharu..pas Yodha cari cemilan..ada roti datang..hihi.

Kata temanku..roti Henis ini roti yang legendaris di Jakarta..jadi makasih banget dech udah repot-repot kasih oleh-oleh aku..di kirim pakai gojek pula. Senengnya bisa icip-icip sesuatu yang baru. Pertama lihat kemasan..bagus..dan tulisannya Roti Baso Ayam. Kebayang isinya baso bulet-bulet..hahah *ndeso tenan....! Setelah aku buka dan aku cicipin ternyata isiannya itu ayam cincang yang di bumbuin manis, pakai daun bawang kayaknya. Rotinya itu empuk dan lembut, terasa homemade..nggak lengket atau bau butter yang melimpah seperti roti bakery pada umumnya, ukurannya kecil..sebesar roti unyil itu lho teman-teman..tapi isinya..buanyaknya..begitu nyuil ujung rotinya aja isinya udah kelihatan melimpah dan aromanya tercium khas hingga masuk ke pori-pori rotinya. 

Karena penasaran..isinya kok unik dan khas rasa serta aromanya ini..aku iseng browsing..dan benar tebakanku..pasti ada satu bahan atau bumbu apa yang unik. Ternyata benar, dari yang aku baca ternyata katanya ini memakai bumbu khusus untuk isiannnya, yaitu Tangkueh ( Labu Kering Manis ).
Bener kan..lidah ku kan sensitif...nggak mungkin kalau bumbunya cuma kecap manis aja. Aku sampai berdebat sama suami...tentang isiannya..hihi. Karena suamiku suka banget isinya..tapi kalau aku suka tekture rotinya..hihi. Aroma isianya itu agak tajem dan lidahku mencecap citarasa khas bumbu Chinese gitu dech..mirip-mirip isian jika beli bakpao isi ayam manis yang terkenal di Semarang sini. Setelah aku browsing..beneran kan..katanya memakai bumbu tangkueh itu..hihi. Tapi mungkin lho..aku cuma baca aja soalnya. Yang jelas menurut lidahku memang bumbunya..nggak cuma kecap untuk isiannya. Citarasa bumbunya itu mirip-mirip isian bakpao kalau di sini. Manis aromatik.

Ini rotinya imut-imut..tapi isiannya..melimpah..jadi ya wajar kalau harganya mahal ya di sana..hihi. Katanya laris banget roti ini di sana..dan harus pesan dulu gitu jika beli dalam jumlah banyak. Wah..keren ya. Semoga bisa menginspirasi teman-teman yang punya usaha bakul roti rumahan nich..bisa di contek idenya. Aku nanti mau nyontek juga ahh..mau coba buat...tapi isiannya Ayam manis kecap versi Jowo aja..seperti biasa...hahah
 


2 comments :

  1. Hai, mba Diah salam kenal ya! Aku tinggal di Tangerang (sebelah barat Jakarta) dan salah satu fans berat Roti Henis ini juga. Rotinya memang ukurannya kecil mba cuma isiannya melimpah banget, sayang tokonya jauh sekali dari rumah jd gak bs sering2 mampir untuk cobaim rotinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Nichole..salam kenal juga mba..iya..aku suka rotinya mba..empuk banget..dan ringan light nggak bau butter..:D

      Delete