Monday, April 18, 2016

Tips Membuat Butter Cream Ekonomis & Enak


Hari Sabtu kemaren aku buat video resep cake potong coklat. Hasilnya lembut dan enak cakenya..nyoklat dan juga mudah banget buatnya. Yodha udah makan 2 potong..aku kira kan nggak mau lagi..akhirnya sisa cake aku kasihkan semua kru buat di bawa pulang. Eh lha kok kemaren Yodha tumben nanyain.."Mana cake yang kemaren di buat Mi ? "..katanya..hihi. "Duch..ya udah habis Kak ! "..aku bilang. Terus Yodha ngambek.."Aku mau cake coklat lagi !..katanya. Yo wis..ayuk buat lagi dech Kak..lha wong cepat dan mudah ini...hihi. Kebetulan butter cream juga masih.

Akhirnya tadi malam sama Yodha aku buat cake coklat lagi. Kalau cake yang di video pakai meises aja taburannya, kalau yang buat Yodha tadi malem, biar beda aku kasih taburan coklat serut...tapi untuk adonan cakenya tetap sama resepnya. Aku yang buat cake..Yodha yang menghias..heboh dech menghiasnya..soalnya sambil cemal-cemil coklat serutnya..colak colek butter cream dll...hihi. Aku buat butter creamnya memang yang enak..kalau buat Yodha ini..pakai susu banyak..tapi tetep ekonomis lah ya. Jadi aku pengen nulis tentang butter cream dulu ya. Kalau resep cakenya..nanti  bisa di lihat di video resepnya..biar spesial gitu sekalian melihat proses pembuatannya..di tunggu ya teman-teman.

Untuk membuat butter cream kita memakai mentega putih. Mentega putih ini..nggak ada rasa dan aroma, jadi cocok untuk butter cream. Biar tambah enak, kita pakai susu kental manis. Jangan susu lain ya..soalnya misal pakai susu cair gitu..ya nggak akan jadi butter creamnya..nanti malah lembek. Selain susu kental manis..aku pakai sirup gula Gulanas yang kemaren aku ulas. Karena sirup gulanya kental nich..jadi hasil butter creamnya juga bagus dna kokoh..jadi mudah di bentuk-bentuk..misal untuk cake decor gitu lebih kokoh butter creamnya.

Jika mau lebih murah lagi butter creamnya, pakai saja sirup gula semua, tanpa susu kental manis...misal jika mau untuk usaha. Namun, jika untuk keluarga, lebih baik pakai susu kental manis, lebih gurih dan bergizi juga kan ya untuk anak-anak.Tingkat kemanisan butter cream itu sesuai selera ya. Kalau aku suka yang nggak terlalu manis. Jika teman-teman suka lebih manis, susu ketal manis atau sirup gulanya, boleh kok di tambah. Nggak akan mempengaruhi konsistensinya butter cream, karena susu dan sirup gulanya kental dan pekat semua. Jadi tidak seperti cairan biasa. Jika sudah jadi di cicipi dulu butter cream..jika mau di tambah bisa di kocok lagi sebentar atau di aduk pakai spatula juga bisa.

Caranya mudah banget, pertama siapkan dulu bahan ya :

500 gram mentega putih 200 gram susu kental manis
100 ml Gulanas Golden Liquid Sugar ( Sirup gula kental )
1/2 sendok teh vanilla essence

Cara Membuat :
Kocok mentega putih hingga mengembang dan mengkilat
Masukkan susu kental manis, sirup gula kental dan vanilla, kocok kembali hingga rata dan halus
Butter cream siap di gunakan untuk menghias kue












14 comments :

  1. Nggak pake softcream ya mba?. Tetap bisa Lembut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak Mba, kan judulnya butter cream ekonomis..hihi. Kalau pakai soft cream jadinya mahal tho. Tetep lembut..mentega putih di kocok aja jadi lembut kok sama sirup gula..kalau tart versi murah malah cuma itu bahannya. Kalau buat sendiri tambah susu kental manis udah enak dan wangi susu.

      Delete
  2. Mbak,klo sirup gulanya diganti gula bubuk bisa g mbak?ukuran gula buhuknya kira2 berapa ya?mksh mbk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nisa mba ..sesuai selera aja..tinggal di cicipi...jika kurang manis..tambahin..gitu aja..:)

      Delete
  3. Ka' Yodha tambah tembem ya pipinya...
    Heheh....
    Kereeen dan kreatif...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..sdh suka makan dan ngemil..:D

      Delete
  4. Mba didi, kl buttercream taro dikulkas, awet sampai brp lama ya mba? ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..sebaiknya di suhu ruang saja mba..awet kok beberapa hari ..:)

      Delete
  5. Ulalalaaa mb dyy..deliciouss..nyam nyam nyam..😍

    ReplyDelete
  6. mbak resepnya cake coklat dimana ya?aku cari2 kok gak nemu?

    ReplyDelete
  7. Makasi mba resepnya..saya kebetulan cari resep yang enak. Sirup gulanas nya dibuat dari gula dan air yang dimasak ya mba? Makasi

    ReplyDelete
  8. Kalau nggak punyaGulanas Golden Liquid Sugar bisa diganti apa ya

    ReplyDelete
  9. Mau coba buat untuk cake perayaan wisuda abangku. Makasih resepnya bu :) sukses slalu... salam buat yodha ❤

    ReplyDelete
  10. Salam kenal mba. Suka lihat2 resep mba Didi.. mao tya utk resep cake coklat nya kok ga ada y ? Wes d ubek2 ga ketemu. Hikzzz abis lihat tekstur e bagus bgt

    ReplyDelete