Google Ad

Tuesday, April 5, 2016

Kepiting Asam Manis


Memenuhi janji ke teman-teman yang request resep kepiting asam manis ala Cak Gundul..aku masakin ya. Tapi setelah melihat contekan di tabloid kuliner yang dulu pernah mengulik resep kepiting cak Gundul, ada satu saus yang aku nggak punya..yaitu saus *Rajarasa. Jadinya ala aku sendiri dech asam manisnya. tapi nggak kalah enak kok..tuch tanya boss kecilku..Kak Yodha..dia lahap kalau di masakin kepiting asam manis ini. Kalau papinya sich tetep..saus tiram atau lada hitam favoritnya. Jadi..kalau masak kepiting aku musti beli 1 kg..masaknya di bagi dua. Tapi..tetep..jauh lebih murah, kalau masak sendiri..di banding jajan kepiting matang..beneran..hihi. Aku beli sekilo di pasar cuma 50 ribu..dapat 8 ekor jika ukuran agak kecil-kecil. Nggak apa-apa..walau kecil, yang penting kepiting fresh masih hidup itu pasti enak dan manis rasanya.


Jadi..kunci utama memasak kepiting itu..kepiting harus segar ya teman-teman..harus dalam kondisi hidup masih di ikat tali-tali tuch..hihi. Kalau takut di capit saat membersihkannya..bersihkan dalam keadaan terikat, di sikat aja pakai sikat yang bersih, bersihkan hingga ke cangkang-cangkang ya. Cuci bersih di air mengalir. lalu  potong jadi dua bagian. Ngga tega ?..Cemplungi ke air mendidih juga boleh sebentar. Nggak tega juga ?..masukkan freezer bentar baru di olah..hihi. Ya gimana lagi..kepiting buka ikan lele, yang bisa penjualnya buat matiin di pasar, memotong-motong, dll, jadi di rumah tinggal masak.  

Waktu merebus kepiting, tambahkan sepotong jahe agar aromanya harum dan nggak amis ketika di olah. Jangan terlalu lama ya, cukup hingga kepiting berubah warna jadi cantik warna orange gitu. Jika suka, bisa juga di goreng. Tapi kan jadi berminyak ya..di rebus aja kalau aku..lebih sehat. Stelah di rebus, baru dech di olah jadi aneka masakan sesuai selera kita bumbunya. 

Kalau di restoran itu asam manisnya bisa cantik ya warnanya..karena pakai saus yang genjreng-genjreng warnanya itu. Tapi kalau masak di rumah pastinya pakai sau yang agak mahal kan..jadi warnanya nggak akan bisa genjreng asam manisnya. Agar lebih sedep, tambahkan saus tiram, maka citarasa Kepiting saus asam manisnya akan semakin enak rasanya.

Oke..ini dia resepnya ya..selamat mencoba :)

Kepiting Asam Manis

Bahan :
4 ekor kepiting ukuran sedang / kecil
3 sendok makan saus tomat ( sesuai selera )
1 sendok makan kecap manis
1 sachet saus tiram ukuran sekali masak itu ya
1/4 sendok teh minyak wijen
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
Garam sesuai selera jika perlu ( tapi jangan terlalu banyak ya..saus tiram sudah asin rasanya )
200 ml air
1/2 buah bawang bombay, iris panjang
3 siung bawang putih, geprek saja

Cara Membuat :
Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan matang
Masukkan air dan semua saus, serta bumbu, biarkan mendidih
Masukkan kepiting, tutup panciMask hingga meresap bumbunya
Jika suka kuah kental, bisa di tambah 1/2 sendok makan tapioka yang di larutkan dengan sedikit air
Koreksi rasa, sajikan hangat


9 comments :

  1. Mba enake to.. kepitingnya bikin ngiler ini..cuman klo masak kepiting aku ga bisa mbersihkanya dg baik mba.. mba diah bisakah di share cara membersihkanya step by step utk pemula spt aku.. maturnuwun mba diah sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..nanti aku buatin foto ya..jk buat olahan kepiting lagi :)

      Delete
  2. Mba enake to.. kepitingnya bikin ngiler ini..cuman klo masak kepiting aku ga bisa mbersihkanya dg baik mba.. mba diah bisakah di share cara membersihkanya step by step utk pemula spt aku.. maturnuwun mba diah sebelumnya

    ReplyDelete
  3. Boleh tau mba diah merk saus tomat dan minyak wijen nya yg dipakai mba diah apa ya
    Trims. Ayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..aku pakai saus Del Mon** dan minyak wijen Panda

      Delete
  4. Ya Alloh enak'y mba...

    ReplyDelete
  5. Mbak, kepitingnya beli di mana kalau di daerah semarang atas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba nidya....beli d pasar ikan tambak lorok mba...seger"..murah...kmrn aj aq abis nglegake k sana og...pdhl rumah q bandungan.... :)

      Delete
    2. mba nidya....beli d pasar ikan tambak lorok mba...seger"..murah...kmrn aj aq abis nglegake k sana og...pdhl rumah q bandungan.... :)

      Delete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel