Monday, April 11, 2016

Pecel Ayam Lamongan Dengan Dua Macam Sambal


Ayam goreng dan sambal..sudah pasti menu yang tidak bisa di tolak oleh siapa saja ya teman-teman. tak terkecuali kami di rumah..jika lagi nggak masak..ya ujung-ujungnya beli ayam penyet atau Pecel Ayam khas Lamongan. Bukan ayam sama bumbu pecel ya..tapi ayam goreng yang di sajikan dengan sambal. Di warung Pecel Ayam Lamongan langganan kami di sini biasa di sajikan dua macam sambal. Sambal tomat ala penyetan yang pedas manis, lalu ada sambal kosek yang pedas, karena hanya cabe rawit dan bawang. Selain ayam goreng di warung langganan kami di tambah kremesan juga. Lumayan enak sich rasanya. Tapi tak pikir-pikir kalau jajan gitu kok ya mahal ya..nasi, ayam goreng kremesan plus sambel, dan lalapan, bertiga kok bisa habis 60 ribuan. Kalau masak sendiri bisa dapat satu ekor ayam utuh..masih sisa..hahah..*mak Irit

Baiklah..aku jadi pengen membuktikan..beneran kok bisa dapat satu ekor ayam. Aku beli ayam Pejantan, di pasar hargannya 35 - 40 ribu satu ekor. Kalau mau untuk usaha..ada lho pemasok ayam gitu yang harganya relatif miring. Dengan modal 60 ribu..( sejumlah kalau jajan dapat 3 potong ayam..hihi..). Sisanya buat bumbu-bumbu dan minyak goreng cukup kan..dan..taraa..jadilah satu porsi besar Pecel Ayam Lamongan, bisa jadi 5 hingga 6 porsi ya..nah..kalau di hitung-hitung jika beli matang 1 ekor sudah 120 ribu sendiri kan. Jadi..masih bisa untung nich teman-teman..kalau mau usaha Pecel Ayam Lamongan..haha.


Yapp...semoga bisa jadi ide usaha ya..aku share resep Ayam Gorengnya sekalian sambelnya dua macam ya. Rasanya..tak kalah enak sama yang di jual di luar..lebih enak malahan menurutku. Biasanya..sambal pecel ayam Lamongan itu yang semi mentah dan matang bahannya. Yang sudah pernah aku ulas dulu. Cabe rawit mentah, tomat, terasi dan bawang putih di goreng. Kalau sekarang aku kasih resep sambal baru yang spesial lagi ya..aku dapat tips sambal  ini dari teman yang jualan ayam goreng. Rahasianya..itu di tambah sedikit wijen yang di sangrai. Setelah aku coba tadi..hemmm..memang tambah enak sambalnya. Nggak perlu penyedap..hanya pakai terasi dan wijen ini..jadinya sedep banget sambalnya.

Oke..mau coba teman-teman..ini dia resepnya..semoga bisa buat inspirasi usaha juga ya. Yakin dech..yang namanya Pecel Ayam atau Ayam Goreng plus sambal itu nggak bakalan mati peminat..di mana-mana pasti di sukai. Kalau kremesannya..sudah pasti aku pakai Tepung Kremes siap pakai yang aku jual..hihi. Dan alhamdulillah sekarang Tepung Kremes yang aku jual itu sudah melanglang buana keliling Nusantara..banyak teman-teman yang order untuk usaha ayam goreng dan pada cocok serta rutin order..:D


Ayam Goreng Kuning

Bahan :
1 ekor ayam pejantan, bagi jadi 5 hingga 6 bagian
800 ml air
2 lembar daun salam
1 batang serai
2 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok teh kaldu ayam
1 1/2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir

Bumbu Halus :
8 butir bawang emrah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri sangrai
4 cm kunyit
1 cm jahe
1 sendok makan keumbar

Cara membuat :
Campur semua bahan ke dalam panci, tutup rapat
Ungkep dengan api kecil hingga matang dan bumbu meresap dan kuah menyusut
Angkat ayam, dinginkan

Bahan Sambal



Sambal Kosek :
6 cabai rawit merah
1 siung bawang putih
Sedikit garam dan minyak jelantah panas bekas menggoreng ayam
Ulek cabai dan bawang serta garam, beri minyak panas, agar tidak langu

Bahan Sambal Tomat :

8 cabai rawit merah
5 cabai merah keriting
2 siung bawang putih
100 gram tomat ( 1 buah )
1 sendok teh terasi
1/2 sendok teh wijen sangrai
1/4 sendok teh garam ( sedikit saja )
1 sendok teh gula merah

Cara membuat :
Goreng cabai dan bawang, terasi, tomat hingga matang
Haluskan bersama bumbu lain
Kucuri jeruk limau
Koreksi rasa
Sajikan dnegan Ayam dan lalapan sesuai selera







18 comments :

  1. πŸ‘πŸ˜„ ,tq resepnya mbak.,πŸ˜„

    ReplyDelete
  2. πŸ‘πŸ‘ŒπŸ˜„segereee....tombo pilek...hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..iya pakai cabe rawit semua ntar sembuh mba :D

      Delete
  3. lhebb..dibanding klo pke kacang mede enak mana sma wijen mb,,? blm pernah nyoba yg wijen soalnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah belum pernah coba pakai mede mba..:D

      Delete
  4. Joss mba dy,pedesss.Pake mede lhb wuenakk mba...gurih" gmn gt...hihiiii

    ReplyDelete
  5. Maknyuussss banget mba di... Jd pengen bikin deh ini.

    ReplyDelete
  6. Yess.. akhirnya nemu sambel lamongan.itu kesukaan suami ku tq ya mba.. sama mau nanya mba yg sambel kosek itu nguleknya barengan sama minyak jlantah panasnya mba.. atau diulek dulu baru diberi minyak jlantah panasnya..tq mba diah 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di ulek dulu mba..terus di tambah minyak jelantah panas, agar nggak langu sambelnya. Kan kena minyak panas...gt. Juga biar gurih minyaknya bekas goreng ayam ya

      Delete
  7. Besok tak cobain...dtemenin tumis kangkung atau tumis kecambah aja heheheh

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. tepung mba ?..sms atau wa ke 089654712500 ya :)

      Delete
  9. Kak,klo gak pake wijen bisa gak? πŸ˜„

    ReplyDelete