Sunday, April 10, 2016

Martabak Manis Lebih Bersarang



Membuat martabak manis itu gampan-gambang susah ya teman-teman. Banyak hal yang harus di perhatikan jika membuat martabak manis ini. Memang hal utama untuk membuat martabak mini akan bagus dan berserat itu alat cetaknya. Kalau pakai loyang martabak, karena tebal, dia akan menyerap panas lebih lama....jadi walau api kecil, selama proses pemanggangan, adonan akan mengembang dan matang sempurna. Aku dulu pernah punya loyang martabak mini dari besi. Sayangnya lama nggak kepakai, jadinya karatan..huhu.

Akhirnya aku sekarang, kalau buat martabak manis kok lebih suka yang mini aja...satuan pakai cetakan martabak mini atau snack maker double pan. Lebih praktis dan mudah..bisa di hiasa satuan..dan yang pasti selalu bersarang begini jika aku buat. Martabak mini lebih mudah bersarang, karena adonan cukup sedikit saja, jadi mudah matang.

Nah kemaren banyak teman-teman yang menanyakan gimana martabak manis lebih bersarang. Seperti yang sudah sering aku tulis..kunci utama itu cetekan di  panaskan dulu hingga benar-benar panas, baru adonan di tuang, jadi langsung mengembang dan berlubang-lubang..baru kecilakn api, di tutup dan masak hingga matang.

Selain itu..adonan juga perlu pengembang ya jika martabak manis...bisa soda kue, baking powder, dll. Yang umum pengembang martabak mini itu soda kue. Tapi jika kebanyakan aromanya kurang enak ya jika soda kue. Makanya kadang-kadang jika beli martabak di abang-abang pinggir jalan itu bagus berserat, tapi kalau kelebihan soda kue agak getir atau bau aroma yang menyengat.

Makanya, kalau aku suka membuat martabak dengan soda kue minim aja. Seperti juga di resep yang tertulis di Tepung Martabak yang aku jual, aku tulis pemakaian minimal aja..sedikit sekali. Tapi jika teman-teman mau lebih bersarang lagi..boleh kok di tambah takaran soda kuenya. 

Selain itu, aku coba tehnik baru kemaren, aku pakai kombinasi soda kue dan ragi isntan..hasilnya lebih mudah  bersarang lagi seperti ini nich teman-teman. Jadi selain memakai soda kue, adonan aku tambahkan ragi instan dan proses fermentasi lebih lama jadi 30 menit...hasilnya seperti ini foto ini nich...sengaja aku nggak pakai toping biar kelihatan lubang-lubangnya ya.

Oke..semoga bermanfaat ya sedikit tips buat teman-teman yang masih belum berhasil membuat martabak manis mini.



1 comment :

  1. Halo mbak diah didi suka sekali pantengin blok mbk,kenalin mbk saya rifa dari jember,mbak mau tanya tepung jualan mbk diah apa aja ya..pengen uji coba saya bisa sms di 081231552218,terimakasih mbk yu cantik

    ReplyDelete