Sunday, April 17, 2016

Sate Manisan Kolang Kaling Aneka Warna


Nggak lama lagi puasa ya teman-teman. Ayuk..yang mau usaha aneka makanan atau kue-kue di bulan puasa..segera rajin bongkar-bongkar resep aneka kue di webku ini ya..ada banyak resep yang murah meriah dan enak untuk usaha. Ini aku tambah lagi ide nich..usaha manisan kolang kaling. Jika waktu puasa tiba.kan melimpah di pasar. Jadi siapa tahu bisa jadi ide usaha.

Kalau mendekati bulan puasa..itu kolang kaling banyak di produksi, jadi stoknya pasti bagus dan baru. Nah..kita bisa memanfaatkan untuk membuat manisan kolang kaling ini. Pasti di sukai..karena rasanya enak dan segar. Apalagi jika di buat aneka warna..pasti lebih menarik. Bisa di jual dalam bentuk sate seperti yang aku buat ini..atau kemasan plastik kedap udara..atau di jual per cup..pasti menarik juga ya.

Kunci utama memilih kolang kaling itu yang masih fresh, tidak berbau asam. Sayangnya di pedagang di pasar suka di rendam air berhari-hari ya di suhu ruang biasa..jadi kadang suka ada rasa sedikit asam. Tenang, bisa di kurang kok rasa asamnya dengan di rendam air cucian beras, kemudian di cuci bersih lagi, lalu di rebus belulang minimal 2 kali..sebelum di campur bahan lain dan di olah. 

Kalau versi sate kolang kaling warna warni ini...aku jadi ingat jaman kecil dulu..suka di beliin ibu warna merah menyala sate kolang kalingnya..haha. Tapi dasar anak-anak..yo tetep di makan aja..yang ada cuma rasa enak..dan enak...hihi. Kalau sekarang..jika buat sendiri bisa memilih pewarna yang lebih soft dan aman untuk makanan..jadi nggak genjreng banget..tapi cukup menarik. Oke..selamat mencoba ya teman-teman jika suka.

Sate Manisan Kolang Kaling 3 warna

Bahan :
600 gram kolang-kaling
1.000 ml air cucian beras
600 ml air
300 - 450 ml Gulanas Gula Cair ( sesuai selera tingkat kemanisannya )
3 lembar daun pandan
8 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1 1/2 sendok teh garam
Pewarna kuning, merah muda dan hijau secukupnya

Cara Membuat :
Kolang kaling di cuci, lalu di renda air cucian beras sekitar 15 menit, cuci bersih hingga kesat
Rebus satu kali atau lebih jika kolang kaling sudah terendam lama di air ( biasa di pasar-pasar itu ) agar aroma asam hilang
Bagi jadi 3 bagian
Semua bahan lain di bagi jadi 3 bagian juga
Rebus masing-masing kolang-kaling dan bahan lain, serta pewarna bergantian hingga gula terserap
Dinginkan  
Tusukkan ke tusukan sate
Sajikan dingin lebih nikmat 

Noted :
Gulanas Gula Cair sudah tersedia di supermarket seperti Carefour. Jika tidak ada ganti gula biasa secukupnya



4 comments :

  1. Mbak di...kalo gula nas kira2 kalo dkrm ke luar jw bs gak mbak...soalnya itu kan cair...

    ReplyDelete
  2. warna2nya kece banget mbak...kolang kaling aku sukak jarang nemu kecuali puasa deh

    ReplyDelete
  3. Betul mbak Diah..sebentar lagi puasa. Apa sih yang tdk laku di jual saat puasa....? Tips lezat dari dapur diahdidi.com pasti banyak yang suka. Trims

    ReplyDelete
  4. Wah... siip deh mba Di, bisa buat jualan nih..apalagi jarang, bisa dibilang ga pernah nemuin orang jualan manisan kolang kaling ditusukin kaya sate..cantik dan unik ya mba...

    ReplyDelete