Sunday, April 10, 2016

Tips Membuat Adonan Kulit Pie



Maaf ya teman-teman..weekend nich belum update resep baru, jadi nulis tips-tips ringan aja ya. Besok ya..aku posting menu-menu harian baru lagi. Kemaren seharian itu dari pagi hingga malam, lagi membuat video resep aneka olahan durian. Nah..salah satunya, aku buat Pie Durian. Resepnya ?..Tunggu videonya dulu ya..hihi. Kalau aku tulis sekarang..kurang *surprise kan..hahah. Pokoknya resep Pie Durian yang aku buat di video resep nanti ini yang versi paling mudah, tapi hasilnya enak. Makin penasaran ?..Tunggu yaaa....hahah. 

Nah..sekarang aku kasih tips-tips aja dulu ya..biar nanti pas praktek buat pie..bisa berhasil dengan maksimal. Pie..salah satu jajanan yang banyak di suka ya teman-teman. Ada berbagai macam tehnik membuat adonan pie. Ada yang adonan di uleni hingga rata, ada yang di aduk ringan saja dengan garpu, atau pisau, dll. Ada juga tehnik seperti membuat adonan kue kering, margarin dan gula, kuning telur di kocok, baru masuk bahan kering.

Masing-masing punya citarasa dan keunikan tersendiri. Untuk adonan yang di aduk ringan dengan pisau atau garpu itu biasanya adonan jadi masir dan lembab, menghasilkan pie yang ngeprul dan beremah.  Namun kelemahannya adalah proses mencetaknya jadi lebih lama, karena harus memadatkan remah-remah adonan yang berpasir agar menyatu di cetakan. Jika adonan terlalu di tekan dengan keras, hasil pie akan keras. Cara mengatasinya, coba satukan dulu adonan yang masir dengan cara di giling pakai roling pin, ratakan hingga tipis, abru di potong-potong sesuai ukuran cetakan.

Untuk adonan yang di uleni, atau mencampur semua bahan dan langsung di aduk dengan tangan hingga rata, itu juga mudah, tapi kelemahannya jika di uleni terlalu kuat adonan pie itu bisa keras. Adonan yang di campur dengan tangan ini relatif lebih kokoh dan nggak mudah pecah kulit pienya.

Untuk tehnik lain, ada yang di kocok dengan mixer, mentega, telur dan gula halus, baru masuk bahan kering. Adonan ini relatif mudah dan menghasilkan pie yang kokoh, tapi renyah. Namun, jangan terlalu lama mengocok mentega / margarin dengan telur dan gula. Kalau kelamaan mengocoknya, bisa mengembang adonan telur dan margarin serta gulanya, sehingga adonan pienya menjadi lembek, jadi susah di bentuk. Tapi dengan tehnik ini, jika pas waktu pengocokan mentega, telur dan gulanya akan menghasilkan adonan pie yang mudah di bentuk dan lebih cepat pengerjaannya, karena tinggal di gilas sebentar hingga tipis, cetak, lalu di letakkan di loyang pie, lalu  panggang. Hasil adonan yang memakai tehnik ini menghasilkan pie yang renyah, bisa tipis kulitnya, tapi tetap kokoh..!

Seperti ini nich Pie Durian yang aku buat kemaren..kecium nggak wangi durennya teman-teman ?..Enak dech..pokoknya..kulit pienya gurih renyah..pakai campuran keju parut di adonan, terus di padu vla susu durian yang creamy lembut...hemmm..aku yang nggak suka durian segar aja..kok jadi suka ya kalau di buat pie  begini...hihi. Yodha juga suka banget..ini tadi sudah request bikin lagi untuk bekal sekolah dia besok. Jadi pagi-pagi tadi udah hunting durian lagi.

Maaf fotonya rada buram..soalnya udah gelap motretnya..di dapur atas..:D
Resepnya ?..Tunggu videonya jadi dulu ya...hahah. Kabur...!!! Sebelum di lempar loyang pie sama teman-teman nich, karena bikin penasaran terus..LOL..!






7 comments :

  1. Mbak diah saya mau dong dikirimi list mcam2 tepung dan harganya..tertarik sama tepung goreng pisang krispi nya.ini email saya mbak ria.fiky@yahoo.com trimakasih mbak

    ReplyDelete
  2. Trimakasih mbak, kemarin istri saya cari menu makanan ringan. Mungkin resep mbak Diahdidi.com cocok. Trimakasih

    ReplyDelete
  3. Mbak diah jual serundeng juga ya?

    ReplyDelete
  4. Wah aku baru mau coba bikin pie for the first time. Artikelnya ngebantu banget. Terima kasih, Mbak :)

    ReplyDelete
  5. Mbak Diah,kalo nyari videonya dimana ya

    ReplyDelete
  6. Mba mana videonya? Penasaran pengen bikin pie nya nih.. :D

    ReplyDelete
  7. Mbak Diah, saya sudah lihat video pie durian nya. Cantik dan kelihatan enak banget. Mbak berapa banyak terigu dan keju parut untuk adonan pie? juga telur dan custard powdernya berapa banyak? Terima kasih mbak

    ReplyDelete