Google Ad

Sunday, April 24, 2016

Bir Plethok


Pagi-pagi minum BIR ??...Hihi..iya..habis 2 gelas nich..tapi  birnya enak ini..harum aroma rempah..namanya Bir Plethok..minuman khas Betawi. Terbuat dari rempah-rempah..komplet. Rasanya..enak..seger dan hangat di badan. Nich..badan lagi butuh doping kayaknya memang. Kemaren tuch tiba-tiba lemes sore..waktu lagi beres-beres rumah tiba-tiba kok bercucuran keringat dingin. Akhirnya malam pergi ke tukang di pijat..di keroki..di pijat...habis itu di rumah krukupan selimut..tidur dech..lumayan. 

Pagi-pagi kok pengen minum yang hangat-hangat buat badan, akhirnya buat Bir Plethok ini. Untung semua rempah masih komplet, karena dari beberapa hari lalu memang niat mau buat minuman ini. Rasanya itu seger..mirip-mirip sama wedang uwuh Yogya ya. Yang jelas efeknya di  badan terasa hangat dan lebih segar. Jadi pas di nikmati untuk minuman penghangat di musim cuaca yang nggak menentu ini ya.


Membuat Bir Plethok ini mudah saja kok..tinggal rebus semua bahan, jadi dech. Yang membuat warna minuman ini jadi merah cantik, karena ada kayu secangnya. Kayu secang ini memang pewarna alami yang sangat cantik. Jadi merah menyala gitu, tergantung jumlah pemakaiannya. Dan di buat minuman itu kayu secang tidak akan mempengaruhi rasa, jadi aku sering buat juga untuk pewarna setup pisang, jadi lebih cantik dech.

Banyak resep Bir Plethok..intinya ya rempah-rempah semua..takaran dan jumlah saja yang berbeda..ini aku tuliskan resep dengan bahan sederhana yang mudah di dapat ya..hasil berguru dari teman yang ahli Jamu di sini :) Kalau lihat-lihat di banyak resep mungkin ada yang pakai cabe..ada yang pakai lada hitam juga..dll, kalau aku nggak pakai ah..takut rasanya jadi aneh...hihi. Kalau Bir Plethok yang aku belajar dari ahli Jamu di sini...yaa hanya begini aja bahan-bahannya.

Ok...ini dia resepnya ya teman-teman..jika mau coba, aku cuma buat sedikit..soalnya cuma aku yang doyan minuman  begini : D
Bir Plethok ( untuk 2 gelas )

Bahan :
1 lembar daun pandan, potong-potong
5 cm jahe emprit, bersihkan, bakar sebentar, memarkan atau potong tipis
2 buah kapulaga
1/4 buah pala, biarkan utuh
2 cm kayu manis
1 sendok makan serutan kayu secang
1 batang serai, potong-potong
2 lembar daun jeruk 
2 bongkah kecil gula batu ( sesuai selera )
400 ml air

Cara Membuat :
Rebus semua bahan dengan api kecil hingga mendidih dan warna menjadi kemerahan
Sajikan hangat
Note : Jika mau buat dalam jumlah banyak, tambah saja bahan-bahannya. Tidak masalah takaran kalau membuat wedang ini..jika suka jahe banyak, tambah jahe, jika suka serai banyak..yang nggak masalah..enak-enak saja kok rasanya..kalau wedang rempah begini.


10 comments :

  1. Gering y mb dyy?jaga kesehatan y..ganbatte mb dyy 🙌🙌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..lagi dapat rejeki meriang lagi..habis pijet udah lumayan nich :D

      Delete
  2. Gulanya pakai gula aren/merah lbh enak ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sesuai selera mas,...kalau sya lebih suka gula batu jika buat wedangan jamu gini..:D

      Delete
  3. wuihh, kayaknya segeerr banget mba Di.
    Lekas sembuh yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..seger..makasih ya..udah agak baikan ini..:D

      Delete
  4. Assallamualaikum mba diah..
    Saya mau tanya gula batu dengan gula yang lain misal gula pasir,gula merah,selain bentuk berbeda dan rasa yg sama manis adakah perbedaan lain ,misal manfaatnya dan kegunaan masing2 apa ya ? Mohon pencerahan mba..trims .
    Btw cangkir imut bngt boleh tau beli dimana mba?
    Ayulian-jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass mba..gula batu lebih sedep aja mba kalau buat jamu2 gini..pakai gul alain juga boleh..:D

      Beli di salah satu swalayan barang pecah belah di Semarang sini mba :D

      Delete
  5. Mbak Diah ... serutan kayu secang itu biasanya belinya dimana?

    ReplyDelete
  6. Pengen bikin ini. Cuaca di hong kong lagi gag menentu. Hujan 5 menit panas 1 jam hujan angin lagi. Gitu aja terus sudah 3 hari an *eh malah tjurhat

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel