Monday, April 4, 2016

Tips Membuat Jus



Wua..hari ini ketimbun kerjaan...2 hari sibuk kerja kemaren, jadi hari ini baru bisa rekap order dll. Semangat..satu persatu di kerjaan..pasti selesai semua. Tarik nafas...dan minum jus segar dulu..hemm..! Seger...abis itu jadi semangat kerja lagi dech. Jadi pengen nulis tentang jus..soalnya belum masak hari ini..hihi. Tadi makan siang cuma buat tahu telur, sore beli ayam penyet..hihi. Soalnya belum sempat ke pasar..nggak punya stock bahan. Jadi hanya bisa buat jus saja..hihi.

Jus buah dan sayuran..sudah pasti kita semua tahu kan teman-teman..banyak manfaatnya. Namun, kadang-kadang jika kita salah mengolahnya, justru akan berkurang vitamin atau mineral yang terkandung dalam buah atau sayur yang kita buat jus. Nah..bagaiman membuat jus dengan baik dan benar..aku tuliskan ya..semoga sedikit bermanfaat. 

Kalau kita membuat jus, usahakan segera di nikmati agar terjada kesegaran dan citarasanya, serta khasiatnya. Jadi jangan sampai buat jus, terus di simpan sepanjang hari, baru di minum, tentu rasanya jadi kurang segar. Apalagi jika terkena oksigen dan teroksidasi, maka akan banyak kandungan vitamin dan anti oksidannya akan berkurang. Dan rasanya juga beda lho..jika jus itu tidak langsung di nikmati setelah di buat. Pada sebagian buah juga warnanya akan berubah, jadi kurang menarik..jika jusnya di simpan terlalu lama. Kecuali jus-jus buatan pabrik itu ya nggak tahu ya..jika bisa awet di kasih apa..kan sudah canggih tehniknya. Yang kita bicarakan hari ini adalah jus yang homemade, fresh buatan rumah.

Oh ya..jika membuat jus, ada buah yang perlu di kupas, ada yang tidak. Karena ada beberapa buah yang justru banyak mengandung nutrisi di bawah kulitnya, misal buah apel, buah anggur, ketimun, dll. Tapi untuk buah yang perlu di kupas, tentu saja harus di kupas ya..misal..mangga, pepaya, pisang..kan nggak mungkin kan pisang di jus bersama kulitnya..bisa sepet..hihi.

Sebelum membuat jus, jangan lupa cuci buah dan sayuran di air mengalir, agar bersih dari kotoran dan sisa residu pestisida. Baru setelah itu jika buah perlu di kupas ya di kupas dulu, jika tidak perlu, langsung di potong-potong, masuk ke blender atau juicer.  Membuat jus tidak harus selalu buah lho..kombinasi buah dan sayur, juga bisa menghasilkan jus yang enak dan segar, jadi cocok buat anak-anak yang kurang suka sayur, bisa di akali dengan mencampurnya dalam jus buah. Jika kita membuat jus sayuran, kita kombinasikan dengan buah yang terasa segar, seperti nanas atau apel, makan walaupun di campur dengan sayuran, citarasa jusnya akan tetap segar. 

Kadang-kadang kita suka malas membuat jus jika hanya dalam jumlah sedikit ya teman-teman..alasannya males nyuci blender atau juicernya. Ya udah dech..pakai cara tradisional aja..hihi. Bisa kok..buat jus dengan cara di parut..pakai parutan keju rapat yang bersih tuch..aku dulu jaman Yodha balita suka gitu. Kan tiap hari minimal satu macam jus dulu dia harus minum. Jadi kadang-kadang kalau cuma satu butir apel gitu ya memang males ya...cuci-cuci blender..makanya suka aku parut aja..terus di ambil airnya dnegan cara di saring dech. Pepaya juga..Yodha dulu karena kebiasaan makan pepaya yang di parut..dia jadi nggak mau kalau jus pepaya yang di blender. Pepaya, kalau di parut kan masih terasa manisnya..karena ngga perlu air. Dan nggak pakai gula pun sudah enak rasanya...jadi seperti bubur pepaya gitu..cocoknya buat balita tapi ya.hihi. Mudah dan cepat..nggak repot. Kalau jeruk..lebih enak lagi ya..sekarang banyak alat peras jeruk manual itu..murah harganya. Jadi kita dapat sari jeruknya saja bisa.

Untuk  menambah citarasa jus yang di campur air, biasanya di tambahkan gula secukupnya. Kalau aku sukanya pakai gula cair, jika membuat jus, lebih praktis dan mudah. Jadi aku selalu sedia Gulanas, gula cair, untuk minum teh, membuat jus, dll..praktis tinggal tuang, karena mudah larut, jadi otomatis akan tercampur rata dengan cairan. Cara menakarnya juga lebih mudah..tinggal di ukur mau pakai  berapa ml atau sendok, karena gulanya daam bentuk cair, seperti simple syrup. Gulanas ini banyak di pakai para pengusaha minuman seperti outlet teh, jus, dll..karena memang praktis dan bersih cara penyimpanan dan pemakaiannya.

Satu lagi..jika membuat jus yang buahnya kurang nendang rasanya..misal..jus melon, pepaya, atau jus jambu yang dapat jambu anyep..nggak manis..tenang..bisa kita membuat jus tetep segar rasanya, caranya kita campur dengan sedikit air jeruk nipis atau lemon, maka citarasa jus yang sebelumnya anyep atau cuma manis aja akan terasa lebih segar. Kalau aku selalu sedia jeruk nipis di rumah..soalnya pasti bermanfaat banget, sekedar buat masak atau di campur minuman, seperti teh, jus, atau sekdar di kucurkan ke irisan pepaya matang, akan semakin segar rasanya. Pokoknya love banget sama jeruk nipis yang banyak gunanya. Aku lagi menanam juga di kebun, tapi kok belum berbuah..hihi..masih kecil pohonnya.

Oke..sampai besok ya teman-teman dnegan menu-menu baru ala aku..besok tak ke pasar dulu belanja ya, sekarang aku tulsi resep Jus Jambu ala aku aja ya :D

Jus Jambu Seger

Bahan :
4 buah Jambu biji, cuci bersih, buang ujungnya yang kehitaman, potong-potong
1000 ml air matang
150 ml Gulanas ( Gula Cair )
1 sendok makan air jeruk nipis
Es batu sedikit saja jika suka dingin, atau jika tanpa es, pakai air dingin dari kulkas juga bisa

Cara Membuat :
Masukkan semua bahan ke dalam blender, proses hingga halus
Saring jika perlu 
Sajikan jus segera

 

 


7 comments :

  1. wihh, matap mbak. enak dan seger banget itu pastinya :-)

    ReplyDelete
  2. segerrr mb dy...kangen mb dyy...

    ReplyDelete
  3. salam kenal mbak, bisa diemail pl produk2 yg dijual di email ephiora_09@yahoo.com makasih ya mbak

    ReplyDelete