Wednesday, April 20, 2016

Ikan Asap Sambal Penyet


Menu hari ini..super simple sekali..karena deadline kerjaan ada orderan tepung leker hingga ratusan kg..dan orderan lain. Nggak apa-apa yang penting semua bisa selesai..soalnya udah ada yang bantu-bantu sekarang. Jadi sambil ngurusi orderan..semua kerjaan lain tercover. Bales wa..bales sms..posting dan share di web..instagram..fb..dll..pokoknya semua beres..itu aja udah jadi bagian dari kerjaan rutin harian daku..hihi.

Akhirnya buat makan malam hari ini..aku bikin sambal penyet ikan asap aja. Sambelnya resep beda lagi lho..kemaren habis ngintip sambel ala penyetan di warung lain yang ramai di sini waktu beli ayam penyet..kok cabenya di kukus..bawang, terasi dan tomat di goreng..jadi lebih mudah menghaluskan cabainya..dan rasanya itu seger memang. Jadi buat teman-teman yang takut mengkonsumsi cabai mentah..ini bisa jadi solusi ya. 

Sebenernya tadi mau bikin lele penyet, tapi kok aku ingat kemaren aku beli ikan asap Bagong belum aku masak. Jadi aku olah dulu aja. Tinggal di kukus sebentar, lalu di makan sama sambal penyet..hemm..udah enak dan nglawuhi. Untuk Yodha dan papinya masih ada stock ayam panggang di kulkas..jadi bisa kilat masak menu hari ini hihi. Besok-besok dech penyet lelenya. Tinggal ambil ini di kolam lelenya..hihi. Jadi di kolam ikan Yodha..ada hampir seratus ekor lele udah besar-besar,,tapi belum pernah aku masak..hahah. Soale kan musti nangkep dan bersihin serta matiin lelenya..kok agak serem...takut *kepathil..hihi. Besok nyuruh pak tukang dulu jika mau.


Ini kolam Yodha..yang banyak ikan lelenya..sapa yang mau ??
Ada lele..ada kemangi..ada pohon cabe..ada jeruk limau..sudah komplet ya..buat jualan pecel lele hahah.



Okeh dech aku kasih resep sambal penyet versi baru lagi ya...kalau ikan asapnya tinggal beli di pasar banyak..bisa di kukus atau di goreng..lalu di sajikan dengan sambal penyetnya.

Sambal Penyet Cabai Kukus

Bahan :
5 buah cabai rawit, rebus
3 buah cabai merah, rebus
2 buah bawang putih, goreng
1 buah tomat matang, potong-potong, goreng
1/2 sendok makan terasi bakar
1/4 sendok teh garam
1/2 - 1 sendok teh gula merah ( sesuai selera )

Cara Membuat :
Ulek semua bahan
Koreksi rasa
Kucuri dengan air jeruk limau secukupnya ( 1/2 - 1 buah kecil )






11 comments :

  1. Di pasar Bantul ada enggak ya mb ikan asapnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kayake mba..adanya lele asap di Mbah Marto Nggeneng itu...hihi

      Delete
  2. Daku klo bkn sambel jg gt lo mba...nih dikulkas msh bnyk,biar ga repot bkn" lg...hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku sambel penyetan gini suka dadakan mba buatnya lebih fresh..segernya langsung di kucuri jeruk nipis..soale nggak di tumis. Kalau nyetok sambel di kulkas itu yang versi sambel tumis matang dan tanak kemerahan gitu..:D..Kebanyakan resep sambel di sini..jadi ada berbagai versi..tapi rasanya beda2 lho...sekedar cabenya mentah..mateng..di goreng..di kukus..tuch sensasinya udah beda kalau menurutku..:D

      Delete
  3. Setiap mampir ke dapurnya mba Diah pasti sambil ngebayangin tempat tinggal mba Diah tuh nyaman, adem dan bikin betah di rumah. Apa2 ada.. mau masak ikan tinggal nangkep di kolam, mau bikin pisang goreng tinggal petik, mau masak sayur/lalap tinggal petik... asyik yo mba. Kemanginya itu lho mba.. subur dan seger2, buat lalap ditemani ikan asap sambal penyet makin maknyusss....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..kalau di taman belakang udah komplet buat jualan lele penyet..hahah. kalau depan ada pohon pisang satu kemaren berbuah besar2..terus ada pohon papaya..rambutan..sam abelimbing wuluh..udah..soale tak paving semua sekarang..huhu

      Delete
  4. Salam kenal.. Mbak Diah didi.Gagal fokus nih...Kepincut sama pohon jeruk limau-nya. Bolak balik nanam nggak bisa tumbuh.Punya Mbak Diah Didi bisa subur kayak gitu...rahasianya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli yang udah siap tanam itu mba di toko tanaman..jadi ya tinggal di pindah ke tanah. Sekarang udah cungkring2 itu mba pohonnya..karena kemaren sempat terganggu oleh rambatan bunga telang. Dulu pernah berbuah banyak banget sampai belasan kilo...hahah

      Delete
    2. Di pangkas lagi aja mbak...beri pupuk...pasti...lebat buahnya 😄

      Delete
  5. Mbak di jangan lupa kirim ke kramas yaa lele nya kalo udah dimatiin bapak tukangnya :p

    ReplyDelete
  6. enak banget apalagi kalau makannya ama nasi yang panas, tambah nikmat plus teh panas

    ReplyDelete