Sunday, April 19, 2015

Tips & Peluang Usaha Tahu Kriukkkk


Wah beberapa minggu nich nggak sempat jalan-jalan..wisata kuliner atau icip-icip..karena sibuk..jadi nggak bisa kasih laporan inspirasi usaha kuliner yang unik-unik buat teman-teman. Tapi dua hari lalu pas belanja ke minimarket deket rumah.aku beli tahu kriuk langgananku. Tahu kriuk atau tahu krispi..di dekat rumahku ini lumayan enak..aku sering beli jika lagi malas goreng sendiri. Jadi pengen nulis tentang usaha tahu  kriuk atau tahu krispi ini. Semoga bisa jadi ide usaha nich buat teman-teman yang punya niatan usaha kuliner..tapi mentok ide..mau bisnis apa.

Beberapa waktu lalu hingga sekarang ini..aku lihat usah tahu kriuk di deket minimarket dekat rumahku..itu masih bagus..selalu ramai pembeli. Rasanya memang lumayan enak..terutama tahunya itu..lembut dan gurih.nggak asam. Kapan-kapan musti tanya dech pakai tahu apa..hihi. Kalau tahu sutra..bukan..karena tahu sutra cenderung malah kenyal jika di goreng. Tahu Sumedang juga bukan kayaknya..jadi penasaran dech. Tahu pasar apalagi..jelas bukan..kalau tahu pasar kadang-kadang terasa asam ketika di goreng. Aku udah sering coba berbagai tahu untuk membuat tahu kriuk ini, tapi memang belum ada yang bisa persis rasa tahunya. Kalau lapisan tepungnya sich...gampang.

Jadi kalau makan tahu kriuk itu..apalagi masih hangat-hangat gitu.nggak cukup 5 biji..hihi. Apalagi pada dasarnya aku suka tahu sich. Yodha juga suka tahu kriuk ini. Jadi tahunya di potong kecil-kecil kotak gitu, kemudian di lapis pakai tepung berbumbu, seperti jika kita membuat ayam goreng tepung gitu. Tapi lapisannya ini lebih renyah...jadi di buat agak tebel gitu..jadi cenderung renyah agak keras, tapi enak. Rasa gurihnya juga pas..jadi enak di cemal cemil.

Tahu kriuk ini lumayan murah modalnya lho teman-teman jika mau mulai usaha tahu seperti ini, cukup gerobak aja, kompor, wajan. Modal bahan juga cuma tahu putih dan tepung dan bumbu..hihi. Aku dulu pernah membuat tahu kripi ini juga..karena dulu terinspirasi waktu jalan-jalan ke Ungaran dan nemu penjual tahu krispi juga yang lumayan enak rasanya. Jadi memang sepertinya kunci utamanya adalah pemilihan tahu yang enak. Tahunya itu lembut dan gurih dalamnya..jadi di lapis tepung berbumbu sederhana saja sudah enak rasanya. Resep uji cobaku dulu yang pakai racikan tepung bumbu sendiri..bisa di lihat di SINI.

Nah kemaren aku coba lagi bikin tahu krispi..karena malas nakar-nakar tepung bumbu aku pakai tepung krispi yang aku jual. Kebetulan tepung krispi ku kan memang nggak terlalu asin rasanya..jadi pas dech di buat tahu kriuk ini. Dan ternyata memang bener..rasanya pas..enak sekali..kriuk gurih lapisan tepungnya juga udah mirip sama tahu kriuk yang di jual di dekat minimarket dekat rumahku..cuma tahunya aja yang belum bisa persis. Wah, mesti mengorek-orek info nich besok-besok..yang jual itu pakai tahu apa..hihi.

Jadi tips  usaha tahu kriuk ini jika teman-teman mau mencoba :

Pilih tahu berkualitas yang bagus, dan enak, serta gurih rasanya
Potong ukuran kecil-kecil tahu,sehingga gurih tepung lapisan akan teras setiap gigitannya.
Pilih tepung terigu protein tinggi untuk lapisan tepungnya jika ingin hasil lapisan kriuk yang awet renyah
Gunakan nama usaha yang menarik..misal di dekat rumahku itu..judul gerobaknya..tahu kriukkk...jadi akan lebih menarik rasa penasaran pembeli.
Beri variasi rasa selain original..mungkin ide tahu kriuk isi bakso..bisa juga kali ya..atau tahu kriuk isi sayuran peda..hihi jadinya tahu isi dech ya.
Gunakan minyak yang banyak dan bersih untuk menggoreng tahu kriuk ini agar warna gorengan cantik, dan aromanya nggak bau minyak bekas pakai yang berulang-ulang ( jelantah )
Harga yang murah meriah juga bisa menjadi daya tarik tersendiri, di dekat rumahku harga tahu kriuk ini 500 rupiah saja. Murah bukan ?
Pilih lokasi tempat usaha di dekat keramaian, misal taman kota, dekat minimarket dll 

Oke dech..selamat berwirausaha ya teman-teman..semoga bisa menjadi jalan rejeki dech beberapa inspirasi usaha yang aku tulis di web ini. Semangattt..! ^^

Kemaren aku iseng bikin tahu bakso kriuk. Ini dia penampakan tahu bakso  kriuk buatanku..tapi nggak aku potong-potong kecil..jadi ukuran gede aja..manteb..hihi. Tapi ini versi malas..karena pakai tepung krispi yang aku jual..hihi. Tapi yang penting rasanya..udah kriukkk..sama kayak yang di jual di dekat rumahku lapisan tepungnya..cuma tahunya aja yang beda..hihi. Rasa lapisan tepungnya..kriuuuuukkkk bingits..hihi. Buat teman-teman yang belum tau tentang tepung krispi jualanku..lihat di SINI ya. Cara membuatnya mudah saja. tahu bakso..di celup pakai adonan tepung krispi yang di campur sedikit air ( adonan basah ) , lalu di gulingkan ke tepung krispi kering, sambil di cubit-cubit hingga keriting. Lalu goreng hingga renyah dan kering lapisan tepungnya. Enak sekali..kriuk gurih...dan isinya tahu bakso gitu lho..ya pasti enak..hihi.


















3 comments :

  1. berarti memang milih tahunya yang udah gurih ya, mba Diah. bukan yang asrep kayak tahu biasa, hehe

    ReplyDelete
  2. Kmrn ak bikin tempe krispi resep dr mbak diah.....uhuyyyy 1 papan tempe 5000 dpt bnyak euyyyy..hihihiihi

    ReplyDelete
  3. dsini ada yang jual tahunya kecil-kecil banget mbak. Pakai tepung kriuk punya mbak diah didi pasti lebih enak

    ReplyDelete