Saturday, April 25, 2015

Bakwan Jagung & Mie



Hari ini..masih..nggak sempat masak yang ribet, karena masih menyelesaikan banyak pekerjaan. Tapi tadi pas di rumah ada tukang yang kerja..udah tak kasih roti beli di tukang roti keliling sich..tapi kok ya ndak tega..kalau mereka nggak suka roti-rotian..ya udah..akhirnya bikin cemilan gorengan sebentar. Di rumah ada sisa mie 100 gram aja..sama jagung muda..oke dech..campur keduanya..jadi dech bakwan mie jagung. Enak lho..karena pakai mie..jadi ada tekture kriuk dari mie nya. Jika di goreng agak kering.dan bentuk bakwannya jadi unik..hihi.

Cara membuatnya juga mudah saja..tinggal campur-campur bahan..goreng dech. Agar citarasa jagungnya teras mantap dan manis, sebagian jagung di parut halus, sebagian di serut biasa. Jadi..rasanya itu..jagung banget..walau di campurin mie. Enak dech pokoknya..cemilan murah meriah ini. Buktinya..pada suka semua nich..dari pak tukang...Yodha..papinya..apalagi aku yang penggemar gorengan..hihi..suka banget.

Untuk jagung..gunakan jagung manis ya teman-teman..yang biasa buat perkedel jagung tuch..beli di pasar banyak..murah. Biar tambah gurih juga aku tambahkan udang yang aku potong kecil-kecil dan di campur di adonan. Bisa matang ?..Bisa banget lah..kan udang termasuk jenis bahan yang mudah matang, apalagi di goreng dengan cara deep frying, di jamin matang banget..dan nggak amis..asal udangnya segar ya teman-teman. 


Aku memang suka sekali memakai udang untuk aneka olahan makanan gurih. Karena udang ini membuat citarasa semakin istimewa. Kadang-kadang banyak orang yang nggak suka makan udang atau makanan dengan campuran udang..karena takut bau amis. Sebenernya..kalau udangnya segar itu tidak akan terasa amis kok..malah semakain gurih dan manis citarasa makanan yang memakai udang. Aroma amis itu biasanya..karena udang sudah tidak segar lagi. Ciri udang yang nggak seger lagi tuch..udah lembek..kadang berwarna kemerahan, kepala dan badan udang misah..aromanya amis. Kalau udang seperti itu..jangan di beli ya teman-teman...aku aja..di kasih ndak bakalan mau  kalau udah gitu udangnya..hihi. Biasanya udah yang udah seperti itu..udang yang udah berhari2 di pedagang..hihi..serem ya. Pilih yang masih keset..kenyal..seksi..hihi..jika di pegang itu masih kenyal..dan kepala belum terpisah dari badannya..itu baru enak buat di   olah atau di campur masakan lain.

Oke ini dia resep bakwan jagung & mie nya ya teman-teman..cobain dech..enak..! Adonan bakwan ini nggak perlu air ya.karena jagung parut halusnya udah mengandung air jagung, jadi pakai itu aja dan telur cairannya. Tidak masalah..karena penggunaan terigu hanya sedikit.

Bakwan Jagung & Mie

Bahan
3 buah jagung manis
100 gram mie, rebus di air panas sebentar hingga mekar, potong kasar
1 buah wortel
50 gram udang kupas, cincang kasar
2 batang daun bawang, iris halus
1 batang daun sledri, iris halus
1 butir telur
100 gram terigu protein rendah
2 siung bawang putih, haluskan, 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat 
Parut halus satu buah jagung, sisanya di serut biasa
Campur jagung dengan semua bahan lain, aduk hingga rata
Koreksi rasa, udah pas belum gurihnya dengan cara menggoreng sedikit adonan dan cicipi rasanya.
Jika sudah oke..sendokkan ke minyak panas, goreng hingga matang
Sajikan hangat




19 comments :

  1. Mau tanya mba, kalau pakai tepung bakwan siap pakai bs gak mba? Makasih sbelum nya ya mba Diah...

    ReplyDelete
  2. ternyata gorengan itu bs bermacam macam variasi nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..enak....ada sensasi kriuk2 mie nya..:)

      Delete
  3. Mbak Diah Didi idenya ada aja ya, bakwan jagung mie. Aku gak pernah kepikiran sama sekali loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh Mak..iya..enak lho..di coba ya..:)

      Delete
  4. Mba diah mau tanya donk,mba tau gak resep nasi bebek hitam madura? enak deh mba dulu waktu di bekasi sering makan,aku udah blog walking tapi hasilnya gak kaya yg di jual ya? kalau mba ddiah tau resepnya di share donk mba makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..aku belum pernah coba malah mba..lha di sini ndak ada..hihi. tapi stlh aku baca2..kayaknay bebek rica2 aja ya..di masak hingga hitam..betul tidak ?

      Delete
    2. Kayanya iya deh mba bebek rica2 kok bisa hitam gitu ya? gmna caranya ya? tpi daging nya empuknya pas gak kelembekan,kalau ada resep nya ya mba diah,soalnya resep dr mba diah udah aku coba selalu top kalau punya katering pasti laris manis ya mba heheh

      Delete
    3. Maaf mbak diah, lia ngebantu ngejawab.
      Untuk bebek rica-rica yang bisa menghitam gitu dikarenakan rempah-rempahnya mbak ana. Coba deh cari di www.posresep.com tentang bebek rica-rica, kalo nggak salah ada tuh tulisannya disana hehehe.

      Delete
  5. asyik nih buat cemilan sore hari :)

    ReplyDelete
  6. Kaya nya iya deh mba bebek rica2 yg pedes bgt,kok bisa hitam gitu gmana caranya ya?tapi dagingnya gak hancur,kalau ada resep nya minta mba,soalnya resep dri mba diah udah teruji pasti makasih lho mba sebelum nya semoga yoda sama papanya makin sayang punya mama cantik dan pinter masak (edisi ngerayu )

    ReplyDelete
  7. Aku coba ya mba didi....nuhun...

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. mbak diah, itu tepung terigu aja?
    klo udah gk panas lg takut lembek gk sih?hehe -

    ReplyDelete
  10. Mbak Diah aq minta sharing dri mbak Diah donk,
    Apa ada email /NO WA ..?!!

    ReplyDelete
  11. Mbak untuk resep bakwan jagung ini pake mie apa ? Mie instan bisa kan ?

    ReplyDelete
  12. Enak Mbak. Lumayan simple utk sarapan pasca lebaran hehehehe. Selamat idul fitri ya Mbak. Makasi sharing resepnya ;)
    -Lintang

    ReplyDelete