Friday, April 3, 2015

Tempura Bawang Bombay



Masih ada tepung tempura Sriboga yang udah ke buka..mumpung libur jadi pengen berkreasi dengan tepung ini. Kemaren banyak pula..teman-teman yang beli tepung tempura dari aku, menanyakan bisa buat apa saja tepung tempura Sriboga ini selain untuk membuat udang. Sebenernya sangat bisa di variasikan untuk membaut anek atempura lain kok teman-teman. Karena memang di Jepang sendiri..tempura ada beragam jenis ya. Kalau kita makan di restoran Jepang..kadang-kadang menu tempuranya juga campur-campur ya teman-teman. Ada tempura udang, bawang bombay, ubi..terong, dll. 

Nah..karena di rumah cuma ada bawang bombay..ya udah dech bikin tempura bawang bombay aja. hasilnya..enak juga..kriuk-kriuk renyah pas masih hangat. Tapi karena bawang bombay nya nggak di bumbui, maka adonan tepung tempuranya aku tambah garam, bawang putih bubuk, dan sedikit kaldu alsultan agar rasanya makin gurih. Memang tepung tempura Sriboga ini asli Jepang banget citarasanya teman-teman, jadi nggak terlalu  asin, karena memang cara makannya di celup ke saus ya. Namun jika ingin membuat tempura yang lebih gurih, bisa di tambah bumbu-bumbu sesuai selera. 

Tepung tempura Sriboga ini paling pas memang untuk menggoreng udang, cumi, yang rasanya gurih dan ada manis2nya. Jadi jika udang yang sudah di rendam bumbu, di goreng pakai tepung tempura ini, rasa gurih akan muncul dari citarasa dan aroma udangnya. Enak sekali rasanya. Cara Membuat tempura udang sudah pernah ku posting di  SINI ya teman-teman.

Selain itu..tepung tempura ini bisa juga di jadikan tepung pencelup lapisan nugget atau risoles, agar tepung panir menempel sempurna, praktis dan irit bukan..nggak banyak pakai telur untuk lapisannya. Nanti satu persatu aku coba ya resep-resepnya teman. Sekarang simak dulu ya..cara membuat tempura bwang bombay yang praktis ini. Enak..citarasa bawang bombay manis di padu gurih kriuk tepung tempura, yummy......!

Selamat mencoba buat teman-teman yang masih punya tepung tempura di rumah ya. Yang mau coba tepung tempura dari Sriboga ini..bisa pesan di aku ya..hihi.


Tempura Bawang Bombay

Bahan :
4 buah bawang bombay, iris melintang dan pisahkan ruas-ruas hingga berbentuk melingkar
100 gram tepung tempura
180 - 200 ml air es
1/4 sendok teh bawang putih
1/8 sendok teh garam
1/4 sendok teh kaldu Alsultan ayam ( kaldu lain sesuai selera, tapi nggak perlu garam lagi jk pakai kaldu bubuk lain ya..karena sudah asin )
50 gram tepung tempura untuk lapisan kering
Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat :
Masukkan 100 gram tepung tempura, air, bawang putih bubuk dan garam, mixer sebentar hingga rata.
Panaskan minyak goreng
Gulingkan bawang bombay ke tepung tempura kering hingga rata, lalu celup ke adonan tempura basah, masukkan ke minyak yang sudah di panaskan, lalu goreng hingga matang.

Tips :
Jika malam me mixer adonan, bisa di gunakan hand blender atau blender biasa, yang jelas, adonan harus halus dan merata, tidak boleh bergerindil.


4 comments :

  1. wah mirip kayak onion ring ya, Mbak. Kalau saya bikin onion ring penampilannya agak berminyak, gak bisa set, gimana ya, ngakalinya, Mbak?, saya gorengnya pakai minyak goreng biasa, bukan yang beku seperti yang dipakai gerai makanan cepat saji di mall. Nanti saya coba pakai resep dari Mbak Didi deh, tapi kira kira bisa gak kalau tepung tempuranya pakai merk lain?

    ReplyDelete
  2. Aq dah coba mba pke tepung tempura nya suami suka bgt katanya renyah wlaupun sdh dingin.. Aq kmrn bikin pke udang, ikan dori sm ikan cuek enak juga mba..hehehehe

    ReplyDelete
  3. Aq dah coba mba pke tepung tempura nya suami suka bgt katanya renyah wlaupun sdh dingin.. Aq kmrn bikin pke udang, ikan dori sm ikan cuek enak juga mba..hehehehe

    ReplyDelete
  4. makasih lo mb, enak banget. top resepnya

    ReplyDelete