Wednesday, April 1, 2015

Tips & Cara Membuat Bandeng Presto


Bandeng presto..oleh-oleh khas Semarang, yang aslinya sepertinya memang dari Juwana..tapi lebih ngetop di Semarang..hihi. Biasa lah..kekuatan marketing ya..Semarang kan kota besar. Tapi bukan hanya di toko oleh-oleh saja lho bandeng presto ini mudah di dapat di Semarang..karena di pasar tradisional pun banyak sekali bertebaran penjual bandeng presto..jadi ya nggak salah juga jika bandeng presto ini di jadikan image oleh-oleh kota Semarang. Di pasar-pasar tradisional banyak bandeng presto..dari berbagai ukuran, harga dan rasa tinggal pilih..atau mau pilih yang kelas oleh-oleh juga tinggal pilih tuch di jalan Pandanaran..hihi. Itulah mengapa..aku jarang bikin sendiri bandeng presto...karena memang udah *mblenger tiap hari ketemu.

Tapi nich..kemaren dapat resep request dari mba art ku..yang minta di ajarin bikin bandeng presto sendiri..karena dia sering lihat aku masak panci presto..jadi..minta di cobakan cara membuat bandeng presto sendiri di rumah. Baiklah..akhirnya tadi pas lihat bandeng seger-seger di pasar..jadi ingat request mba art ku dan langsung bikin dech. Mudah saja kok bikin bandeng presto ini teman-teman..asal punya panci prestonya..hihi.

Kemaren nggak sengaja lihat juga cara membuat bandeng presto di tivi..pas meliput salah satu toko oleh-oleh tenar di sini yang memang terkenal dengan bandeng prestonya..jadilah aku   tambah ilmu juga mengenai trik dan tips membuat bandeng presto yang enak.

Tips membuat bandeng presto homamade :
  • Pilih bandeng kualitas bagus, yang masih segar dan tidak beraroma tanah.
  • Siapkan panci presto, beri air hingga batas tinggi angsangnya.
  • Jangan buang sisiknya ya, buang saja kotorannya
  • Cuci bersih bandeng, lumuri dengan bumbu : garam, bawang putih, ketumbar dan kunyit, nggak perlu di kasih air, karena di bawahnya nanti ada airnya..jadi seperti di kukus di dalam panci presto sebenarnya bandeng ini. Ada juga tehnik yang di bawahnya di beri rempah2..seperti daun salam, laos, sere..agar menjaga bandeng nggak lengket dan gosong. Aku suka pakai angsang aja..jadi praktis.
  • Jumlah garam yang di gunakan agak lebih banyak ya, di banding jika buat bumbu ikan goreng, karena selama proses di presto kan kena uap air, jadi biar nggak hilang gurihnya.
  • Kalau aku lihat di tivi, itu kunyit di haluskan terpisah dari bumbu lain, kasih air, lalu di oleskan terakkhir ke bandeng yang sudah di bumbuin sebelum masuk panci presto, agar warnanya bisa kuning cantik permukaan bandengnya. Kalau aku..aku campur saja semua bumbu, karena kebetulan aku pakai rempah bubuk semua, tinggal di balurkan ke bandengnya. 
  • Letakkan di angsang, lalu tutup panci prestonya, masak api kecil hingga kira-kira 2 jam.
  • Tip lain agar bandeng nggak mudah hancur, sesekali buka katup uap panci prestonya..agar tekanan berkurang..yang bunyi mendesis di atas itu lho teman2..jangan kawatir..nggak panas kok.
  • Tanda2 bandeng presto matang, cium saja aromanya..jika aromanya dari luar sudah harum semerbak khas seperti bandeng presto..ya berarti sudah matang.
  • Biarkan panci presto hingga menurun dulu suhunya, baru di buka. Tapi jika keburu penasaran pengen tau hasil dari bandneg prestonya,..siram saja dengan air dingin dari kran,.nanti akan langsung..cess..bunyinya dan tekanan turun dech, panci prestonya bisa di buka.
  • Koreksi rasa ya..jika masih  asin, olesi garam lagi dan tutup kembali, masak lagi sebentar hingga garam meresap.
  • Dinginkan dulu bandeng presto yang sudah matang ya..biar keset dulu dan mudah di angkat, baru di oleh. JIka panas-panas di angkat akan mudah hancur.
Oke..semoga jelas ya teman-teman..cara membuat bandeng presto sendiri di rumah..mudah bukan..takaran bumbu..sesuaikan selera saja..karena aku tadi pakai rempah bubuk..jadi main tuang aja..hihi. Misal untuk 1 kg bandeng jika pakai bawang segar pakai aja sekitar 5 - 6 siung biar gurih, 1 sendok makan garam ( secukupnya ), lengkuas, salam dan sereh, secukupnya. Udah..itu aja...sich. Selamat mencoba ya teman-teman.


Bandeng presto ini bisa di olah jadi aneka hidangan lain lho teman-teman..jika bosan di goreng begitu saja , aku sudah ada beberapa resep yang menggunakan bandeng presto ini..antara lain resep-resep berikut, klik saja judul resepnya ya..jika mau tau cara pembuatannya.

NASI BAKAR BANDENG
BANDENG KREMES
SAMBAL BANDENG

13 comments :

  1. waktu beli bandnegnya haru di cium dulu ya mbak beraroma tanah atau gak? di tempat ikan yang biasa aku beli kok bandengnya yang di jual ada dua macam mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak..bener..ada yg bau tanah bandeng..jadi pilih yg aromanya fresh ya..:)

      Delete
  2. Mbak, maaf ini mau tanya, angsang itu apa? Cari di google keluarnya malah rangsang, nah lho..... Kalo bisa di lihatkan proses cara buatnya Mbak.....suka bandeng, tapi untuk anak2 harus ekstra kerja, karena harus dipreteli dulu dagingnya, biar ngga nyangkut tulang, he... he.... Makasih Mbak. Mila

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..angsang itu bagian dalam kukusan yang biasa jadi sekat antara air dan bahan yg di kukus mba..jk tidak ada..pakai apa saja yang pas dan muta di panci prestonya..misal..saringan dll..:)

      Delete
  3. Mbak, kisaran waktunya berapa lama ya?trus kalau langsung ditaruh di atas pengukus, lengket ga ya? pingin nyoba bikin sendiri tapi takut hasilnya ga keset kayak yang dijual di toko oleh oleh. Saya sebenarnya asli Semarang, tapi nyangkut di Cikarang, jadi ketemu bandeng presto juga jarang, paling kalau lagi pulang kampung atau ada saudara ke sini, suka pesen untuk dibawain. di sini ada juga bandeng presto tapi menurut saya, beda dengan bandeng juwana di Semarang, suami dan anak anak gak suka, katanya rasanya aneh dan kadang bau tanah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Api sedang hgg berdesis mba..abis itu kecilkan api ya..dua jam hingga harum..api kecil banget lho ya biar nggak kehabisan air.

      Delete
  4. Mbak, hari ini saya sudah nyoba resepnya. Kebetulan pagi tadi nemu bandeng segar di tukang ikan langganan. Niatnya mau beli cumi, atau udang buat digoreng tepung, tapi si bandeng memandang dengan tatapan menggoda (matanya itu lho, kayaknya memanggil manggil, eh trus keinget semalam baru nyimpen resep bandeng presto Mbak Didi ke pocket), udah deh dipilih yang besar, dan memutuskan untuk trial, kayaknya belum pernah, nyoba resep Mbak Didi gagal hehe..(gagal si enggak, tapi ya, tetep gak se Ok penampilan Mbak).
    sepertinya ukuran bandengnya terlalu besar, 7 ons, alhasil ketika di masukin panci nekuk, akhirnya tak potong jadi dua. Alhamdulillah jadi, dan bisa keset bandngnya, saya udah kawatir, soalnya dulu mencoba ikan mas dipresto, gak bisa empuk sampai tulang, eh benyek malahan. mungkin jenis daging ikannya basah ya, Mbak?, beda sama bandeng. Trus kata suami rasanya kurang gurih, gak asin sampai kedalam, apa karena garamnya kurang banyak ya?, saya memakai satu sendok teh, takut kebanyakan, jadi ikan 'bandeng' asin.
    Apa sebaiknya pilih bandeng dengan ukuran sedang ya, Mbak?, kira kira yang beratnya berapa ya, Mbak?, maklum saya mikirnya kalau ukurannya besar, kayaknya lebih puas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..sesuaikan besar panci presto dgn ikannya ya mba..kalau yg di jual2 itu besar2..memang..krn ukuran panci prestonya juga besar. Punyaku pakai ikan sedang2 saja itu..tetep enak. Garam...harus banyak..krn ini sperti di kukus ya. Selalu koreksi rasa ya..jk masak..:)

      Delete
  5. Mbak diah,gmn klo panci prestonya ga ada angsanganya....

    ReplyDelete
  6. Mbak diah,gmn klo panci prestonya ga ada angsanganya....

    ReplyDelete
  7. Mau nanya mb, kl bandeng udah jadi n mau digoreng, lapisannya apa biar kriuk2 dimakannya? Kocokan telur aja atau dicampur tepung kanji?

    ReplyDelete
  8. Mau nanya mb, kl bandeng udah jadi n mau digoreng, lapisannya apa biar kriuk2 dimakannya? Kocokan telur aja atau dicampur tepung kanji?

    ReplyDelete
  9. Emmmm keliatannya lezat banget,jadi gak sabar buat sendiri. Makasih mba buat infonya ;)

    ReplyDelete