Google Ad

Tuesday, April 21, 2015

Bakso Kampung, Mie Kampung..^_^


Beberapa hari ini super sibuk..kemaren menyelesaikan deadline resep-resep kue kering, terus malam lanjut packing leker 200 pesanan rutin tiap bulan dari Jakarta...terus hari ini..dan dari tadi malam..lembur *sks*..sistem kebut semalam..hihi..bikin materi presentasi power point untuk mengisi acara pelatihan food Photography lanjutan di customer care Sriboga..untuk ibu-ibu yang punya usaha kuliner. Mau gabung..ayuk..daftar dulu jadi member SCC atau Sriboga cutomer center ya teman-teman..gratisss..dan secara rutin juga akan mendapat aneka pelatihan gratis di sana...seperti pelatihan membuat roti, mie, kue kering dll. Cara daftar jadi member Sriboga...bisa di lihat di SINI ya. Nah materi besok ini pelatihan food photography lanjutan atau Food Styling, dan daku sebagai narasumbernya lagi. Bukan ahli sich..cuma sekedar sharing sedikit ilmu..semoga bermanfaat...amin..!

Teman-teman yang di Semarang dan besok datang ke acara..sampai ketemu di sana..aku bawa makanan   buatanku juga..Insyaallah buat obyek latihan, di foto-foto..jadi kayak food gathering juga kayaknya besok ya..pada bawa produk masing-masing terus di foto..wah pasti bakalan seru.

Nah..karena sibuk..dari kemaren masaknya yang cepat-cepat..karena buat Yodha aku udah nyetok ayam ungkep berbumbu..tinggal goreng dan masak sayur. Apalagi dia udah suka sayur sekarang..kemaren makan ayam..sama sayur buncis, sama mie kampung aja..lahap banget..hihi. Darah Jowo dan selera Jowonya..mengalir..karena Yodha sukanya masakan Jawa sekarang ini. 

Hari ini cuma bikin bakso kampung buat makan siang..lha tadi di tukang sayur cuma nemu bakso..sawi hijau..tahu pong..pas  lah di buat bakso kampung. bakso khas Yogya..yang pakai tahu plempung..atau tahu kopong. jadi kuah bakso yang gurih meresap ke dalam pori-pori tahu pong ini..jadinya..enak banget...hihi. Resep bakso kampung udah ku  share dulu ya di SINI..di klik aja .

Kemaren sore bikin mie kampung..karena siang di email mba Dina yang minta resep mie kampung yang biasa ada di nasi dus hajatan. Wah..kalau menu ini ya apal banget..nggak di Yogya..ataupun di Semarang.menu ini wajib kayaknya ya..jadi menu hajatan teman-teman. Kalau di Yogya..mie kuning selalu bersanding dengan bihun goreng, sambal goreng, capjahe goreng, semur soun dll..untuk nasi ter-teran atau nasi hantaran. Kalau di Semarang sich aku liat udah nggak musim hantaran gitu. Jadi biasa buat nasi    kendurian atau selamatan. Kalau di Semarang ini teman mie kampung ini adalah sambal goreng kentang dan krecek, oseng buncis, serundeng, empal kelem , dll. 

Mie kampung ini memang putih pucat..jadi jangan protes ya..hihi..karena nggak pakai kecap. Bumbunya minimalis..rasa sedikit gurih..kalau di hajatan itu cenderung agak tawar, jadi malah enak..nggak neg rasanya jika di gado. Sambil nyeplus cabe rawit dan taburan bawang goreng yang banyak..enak dech. Di makan dengan di campur masakan lain seperti sambal goreng atau pecel..juga enak lho mie putihan gini teman-teman.

Oke dech..aku buat versi Semarang ini ya..jika mau coba. Buat mba Dina yang request resep ini..semoga sesuai selera..^^

Mie Kampung

Bahan
100 gram mie telur keriting, rendam air sekitar 15 menit atau lebih hingga lunak dan sedikit mekar ( jangan di rebus ya..nanti efek mie keritingnya bisa hilang..hihi..)
3 lembar kol, iris kasar
1 batang daun bawang, iris serong
2 batang sledri, cincang kasar
bawang goreng secukupnya untuk taburan
1 sendok teh kaldu ayam bubuk atau garam secukupnya
1/2 sendok teh gula pasir
bakso 5 buah ( optional )
Cabai rawit hijau secukupnya

Bumbu halus
2 siung bawnag putih
2 butir kemiri
1/4 sendok teh merica butira

Cara membuat 
Tumsi bumbu halus hingga harum, masukkan kol, dan bakso jika pakai, aduk rata.
masukkan mie, daun bawang dan bumbu lain, kec bawang goreng.
Masak dan aduk rata   hingga matang dan bumbu meresap. Koreksi rasa
Sajikan   hangat dengan taburan bawang goreng dan cabai rawit
Yummy..! 

Tips
Karena tidak di tambahkan air, pastikan mie dalam kondisi basah setelah di tiriskan dari rendaman agar tidak kering ketika di masak.


6 comments :

  1. Udah rencana hari ini mau bikin Mie Kampung..eh lha kok tukang sayur deket rumah ga jualan & di kulkas ndak ada apa2... lha dalah pas bgt mbak Di posting mie kampung jg... wis mung iso ndelok gambare wae tambah luweee ki mbak..hihi ^_^ Terpaksa maksi bikin tahu acar versiku sendiri, kebetulan ada stock acar, bihun & krupuk udang.. bumbu kuahnya pake bumbu Tahu Guling ala Yogya resepnya mbak Diah nih.... tapi enak jg lho mbak...apa krn laper ya..? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Balesnya telat banget ya mba..hihi..pasti udah kelakon bikin tho ?

      Delete
  2. nah ini yang aku cari resepnya mie kampung mbak

    ReplyDelete
  3. Aku klo beli bakso sering aku tukar glinding2 baksonya dg tahu mba..baksonya 2glinding aj,sisanya ksh tahu yg banyak hahahahhaha,tp udh jarang ktemu penjual bakso yg pake tahu gini..saatnya cb bkin sndri,thx mba Dii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..kok sama mba,,.aku kalau dl beli bakso suka di banyakin tahunya..tapi baksonya tetep byk..hahah..

      Delete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel