Thursday, April 23, 2015

Food Photo Tips & Pelatihan Photo Produk Sesi Kedua Di SCC Sriboga




Alhamdulillah..kemaren berkesempatan..mengisi acara pelatihan food photography lanjutan buat ibu-ibu yang punya usaha makanan di SCC Sriboga Semarang. Acara berbagai macam pelatihan dengan tema berbeda, memang rutin di adakan oleh Sriboga untuk CSR perusahaan tepung ternama tersebut, yaitu pembinaan kepada umkm yang menjadi anak asuh atau binaan Sriboga.


Teman-teman yang punya usaha kuliner yang berbahan tepung..gabung aja jadi member SCC gratis, sering ada pelatihan bikin kue..roti..dll..juga pelatihan selain produk seperti food photography yang aku isi kemaren acaranya. Senang dech bisa sedikit berbagi..dan ketemu ibu-ibu yang semangat belajar hal baru...dan semangat berusaha di bidang kuliner.
Banyak ibu-ibu rumah tangga yang berbakat  luar biasa dalam bisnis kuliner, dengan hasil karya beliau-beliau yang enak-enak..dan menarik. Namun kadang-kadang..terkendala masalah promosi..dan pemasaran. Nah..untuk memperluas pemasaran sekarang ini media promosi yang paling efektif adalah internet. Nah..untuk berpromosi di internet modal utama itu..yang pertama adalah foto kan teman-teman.

Sering banget aku mendapat cerita atau email dari teman-teman..yang setelah mencoba resep-resep di web ku ini..di foto hasilnya..lalu di unggah ke media sosial..eh..walaupun nggak jualan..banyak yang cerita..langsung dapat pesanan order. jadi..itulah fungsi foto makanan untuk pemasaran di sosial media. Banyak teman-teman yang nggak jualan makanan aja..bisa dapat order dari hanya menggunggah foto di sosial media..apalagi buat teman-teman..yang memang usahanya di bidang kuliner..tentu saja..belajar memotret makanan itu sangat penting..agar bisa menghasilkan foto makanan yang menggoda dan menarik minat konsumen.

Kemaren aku juga terharu gitu..setelah mengikuti pelatihan sesi pertama dulu, banyak yang hasil fotonya udah meningkat. Terus..kemaren kita lebih banyak praktek..jadi lebih bagus lagi dech hasilnya. Bahkan ada seorang teman peserta yang di akhir sesi acara nunjukin foto-foto hasil berlatih memotret di rumah..dia cerita biasanya motret makanan sekenanya..dengan berlatih tekun dan mau mencoba akhirnya sekarang bisa memotret makanan dengan lebih baik. Dan aku lihat hasilnya memang jadi beda..dan bagus-bagus fotonya..hihi.

Nah..buat teman-teman yang nggak bisa gabung di acara kemaren..karena sebagian peserta, ikut acara temu usaha umkm, okey dech..aku kasih tips sedikit ya tentang tips memotret makanan , kali ini tentang food stylish dan photo evolution..jadi intinya..dari foto garing dan sepi..kita buat berubah jadi foto yang lebih menarik dan lebih hidup..bagaimana caranya..? Berikut sedikit tipsnya ya..semoga bermanfaat. Tips foto makanan paling sederhana berikut sangat bisa sekali di aplikasi menggunakan kamera hp atau smart phone atau kamera saku teman-teman..jadi jangan khawatir ya..memotret nggak harus pakai kamera DSLR..karena jika udah punya kemara DSLR ya memang lebih bisa banyak berimprovisasi ya..karena memang lebih banyak fitur dan fasilitasnya. Jadi..aku kasih tips dan cara memotret yang paling sederhana aja dulu ya..buat teman-teman bisa praktekkan di rumah..dan memakai kamera apa saja yang di punyai..^^
 

Untuk memotret makanan kita butuh alas..atau back ground..sebisa mungkin..hindari memotret makan di lantai ya..hihi. Sering banget melihat foto-foto yang berseliweran di sosial media..pada motret di lantai gitu..sayang kan di lihatnya , kalau makanannya udah bagus..enak..terus di fotonya di lantai. Yukk hargai makanan yang kita buat dengan penuh usaha. Sajikan lebih menarik..apalagi di dalam foto..walaupun bukan untuk jualan, siapa tahu jadi pengen jualan juga setelah nggak sengaja jualan, tapi banyak yang minat dan pesan..hihi. Nggak perlu alas mahal-mahal kok..kain-kain yang murah banyak..beli aja kain furing tuch yang polos, warna hitam putih..paling berapa ribu ya per meter, beli 2 meteran, bisa jadi alas dan back ground sekalian. Untuk kamera hp, atau kamera saku..jarang pandang lensa memang terbatas..jadi kita akali dengan alas dan back ground yang luas yang teman-teman..agar komposisi di foto bisa bagus..dan nampak luang. Bisa di ambil dengan cukup jauh  dari makanan, jadi penampakan makan bisa lebih proporsional..nggak kegedean ketika nampak di foto..atau tidak terlalu dekat anglenya...dan bisa menunjukkan properti lain juga selain makanannya.

Kalau aku..jika memotret makanan..paling suka di luar ruangan..pakai cahaya alami matahari..untuk back ground dan alas, kalau pakai kayu..dll yang etnik, pasti di luar ruangan di meja kayu taman belakang rumahku, kadang back ground tanaman..tembok belakang dll. Tapi kalau lagi mau style yang simpel dan minimalis, suka pakai kursi sofa anyamanku nich yang berbentuk agak melengkung di dalam rumah, kebetulan cahaya dari ventilasi atas ruangan banyak..karena rumahku lumayan tinggi..jadi tinggal di sampirkan aja dech kainnya..hihi Tapi jika tidak punya..pakai meja, terus bagian atas kain di tarik ke atas..tempelkan ke tembok pakai solasi ya..atau bikin cantelan dari kayu atau apa gitu..pokoknya bisa jadi alas dan latar foto berwarna hitam semua..atau warna lain.


Oke..sekarang kita lihat yuk kekuatan garnish atau hiasan atau properti kecil..yang bisa memperindah foto makanan kita. Pertama..perhatikan contoh foto berikut ya. Aku foto pertama dengan gaya minimalis..sepi dan sendirian aja karena di foto di mangkuk aja kare terongnya...posisi di tengah-tengah..jepret dech. Bagus tidak teman ? Masih ada yang bilang lumayan bagus ?..Alhamdulillah..hihi. Tapi foto ini masih sepi dan sedikit garing sebenernya teman-teman. Dengan sedikit usaha bisa kita buat lebih menarik lagi.


Nah..bagaimana cara mempermanis foto kita..tambahkan saja sedikit hiasan atau properti seperti sendok garpu, cangkir..piring lain yang jadi back ground di belakang sedikit , irus, centong atau apa aja..yang mendukung isi atau teman foto tersebut. Coba perhatikan..aku kasih sendok aja..udah sedikit beda kan fotonya teman-teman. Tapi..masih belum begitu hidup ya.


Nah..mari kita permanis lagi...kali ini..beri sedikit penampakan lain di belakang..hihi. Apa itu..bisa alat saji lain..mangkuk..piring lain berisi nasi dll. Nggak perlu di lihatin semuanya..cukup ujung-ujungnya aja..udah bisa bagus kok dan menambah cantik foto kita bukan..jadi kare terongnya nggak kesepian gitu..hihi


Masih ada cara lain menghidupkan foto makanan kita..ceritakan apa yang menjadi bahan makanan tersebut di foto..misal..kare terong. Tunjukin dech terong entah di belakang fotonya..nggak perlu banyak-banyak..dikit aja..ujungnya..nggak usah di bilang..orang yang lihat foto kita bakalan komen..itu terongnya di masak apa ?..gitu dech..hihi.


Masih pengen tambah manis lagi fotonya..bisa..yukk..cari apa yang ada di rumah..ada kain-kain cantik nganggur..bisa di pakai dech. Nich..aku pakai syal hiasan tas ku yang udah rusak tasnya..lumayan..syall masih bisa di pakai kan buat properti motret..hihi. atau cari kain-kain perca..batik..atau apa aja yang menarik..bisa..jadi pemanis foto makanan kita. Nampak beda dan lebih manis bukan..nggak garing foto kita teman-teman.


Nah..masih..suka bereksperimen lain..silahkan..banyak beri perubahan..seperti foto di bawah ini..tambahin talenan sebagai alas..di atas kainnya..jadi lebih menarik lagi bukan. Bisa juga piringnya di ganti yang piring-pring jadul atau warna lain..juga boleh. tapi ingat..rumus utama memotret makanan..pilih alat saji yang warnanya kontras dengan warna makanan kita..lebih hidup..agar bintang utama..atau model utama dalam foto makanan kita tetep..keliatan seksi..eh..menonjol..hihi..di dalam foto. 

Pelengkap lain hanya pemanis dan penunjang..tetep..yang harus exist..itu ya di makanan itu..dengan cara gimana....fokuskan..angle kita ke arah makanannya..jadi lebih detail..sementara bagian lain bisa nampak blur dan sebagai pemanis saja. Nah..kalau teori fotography yang dasar-dasar dan cara pemakaian kamera yang baik dan benar gitu..kemaren pembicara ada sendiri dulu di pelatihan sesi pertama..bukan daku..hihi..jadi silahkan teman-teman baca buku panduan kamera masing-masing ya. di kamera hp atau smart phone itu simplenya..ada petunjuknya pastinya.sebagai contoh cara menentukan fokus fotonya..ada kotak-kotak fokus itu ya..arahkan ke makanan kita..lalu klik dech..pasti nanti akan lebih fokus obyek utama kita.


Okey dech..segitu dulu ya sedikit tips memotret makanan buat teman-teman pemula..yang suka belajar motret makanan..semoga bermanfaat. Tips-tips lain..banyak kok bisa kita pelajari di internet itu..banyak food photographer yang jago-jago motret makanan..kalau aku sich sekedar sharing yang paling sederhana aja..supaya bisa di praktekkan teman-teman di rumah..dengan alat atau kamera sederhana seperti karena hape atau kamera smartphone..kamera saku..yang ada aja di rumah. Bikin foto yang bagus..sebarkan ke sosial media..setelah laris manis dan banyak order,..baru beli kamera yang bagus...hihi. Akan lebih berasa dech nikmatnya punya kamera bagus nanti tema-teman...hihi.

Nah..ini foto  hasil motret teman-teman peserta pelatihan kemaren nich..udah lumayan kan..pakai kamera hp aja lho. Masih banyak sich kemaren yang bagus-bagus foto-fotonya..sayangnya aku nggak nge save ada di lap top sana.



Kemaren yang foto-fotonya meningkat bagus..aku kasih souvenir..6 pemenang..dapat sutil donat yang langka itu..hihi..biar ibu-ibu tambah semangat belajarnya. Eh..yang nggak dapatpun yang datang..dapat souvenir juga dari Sriboga. Enak kan teman-teman..udah dapat ilmu gratis..dapat teman baru..eh dapat souvenir pula..jadi..ayuk yang mau ikutan aneka pelatihan di Sriboga..gabung aja ya..jadi member SCC Sriboga ya. Cara bergabung dengan SCC Sriboga :

Cara bergabung dengan SCC ada 2 cara pendaftaran :
    - lewat www.memberscc.com
    - mengisi formulir di kantor SCC

Info lengkap kalo ingin gabung menjadi anggota kelompok ukm Sriboga, bisa langsung datang atau menghubungi SCC. 

Alamat SCC semarang : 
Jl. Gajahmada no. 19 semarang. 
No telp :   024 3563072

Oke semoga bermanfaat ya tips-tip nya teman-teman..^^





10 comments :

  1. Mbak didi, makasih banyak ya tips dan ilmunya. Beneran aku suka banget liat webnya mbak (dulu msh blog kan). Mbak didi juga yang menginspirasi aku untuk rajin update di blogku, yang dulu sampai lupa password dan accountnya coba, hahaha. Mbak mampir ya ke blog aku, boleh diliat dan dicomment fotonya juga, saya baru banget belajar. (dapurfany.blogspot.com). Tp otodidak mbak, ga pernah bdli buku dan kursus. Masih cupu banget saya, hehe. Oh ya, kalau mau gabung di sriboga gimana caranya mbak? Makasih sebelumnya, semoga sempet dibaca dan dibales ya mbak, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Fany..sama2 ya..maaf telat dikit balesnya..hihi.
      Kemaren sempat mampir mba..wah udah bagus itu...foto2nya...tinggal di gedein dikit biar yang liat puas..hihi. Aku naksir bunga kambojanya juga..hihi..bgs buat properti foto mba :)
      kalau gabung di SCC Sriboga yang ada pelatiahn training itu yang di Semarang Jakarta dan Surabaya mba.mba Fany di Surabaya ya ?

      Delete
    2. Wah senangnya, yes..yes, dibales mbak didi cantik. Berasa ketemu selebritis loh saya mbak didi, hehe. Saya yang di jkt mbak didi. Mbak didi mau bunganya juga, boleh banget. Main sini yuk mbak, hehe. Saya ga bisa gedein fotonya mbak didi, ga tau caranya. Pdhl foto aslinya lumayan besar, tp di blog jd segitu semuanya deh mbak. Itu foto hasil editan di photoshop mbak, itupun asal aja, ngawur gitu kalo org jawa bilang. Duh ga bisa tidur malam ini saya mbak, deg2an gimana gitu, hahaha. Makasih ya mbak

      Delete
    3. Hihihi..mba Fany ada2 aja..seleb dapur mba..:D
      Eh cara membesarkan foto mudah lho mba...pas udah di posting di draft blog waktu mau posting..di klik aja fotonya..nanti kan muncul..ket..mau ukuran small..medium..large..extra large..original size gitu..misal mau agak besar , tinggal di klik yang extra large.....coba ya..:)

      Delete
    4. oww gitu mbak, siap, laksanakan. BTW soal member sriboga gimana mbak? kelupaan dijawab deh, hehe

      Delete
    5. Udah ku update mba Fany infonya..itu bisa lewat email ya...daftarnya..:)

      Delete
  2. mbak saya mau order lada bubuk sultan nya ... ini nomer hp aku 085771108548

    ReplyDelete
  3. Siippppp...mb.Diah makasih tips2nya ya bermanfaat bgt buat aq hehehhee..

    ReplyDelete
  4. Siippppp...mb.Diah makasih tips2nya ya bermanfaat bgt buat aq hehehhee..

    ReplyDelete