Tuesday, April 28, 2015

Jangan Gori & Tetelan



Teman-teman tau Gori ?  Gori..itu tak lain dan tak bukan adalah Nangka Muda...alias Tewel..hihi. Di beda tempat ternyata beda nyebutnya ya. Kalau di tempatku di Yogya..sayur nangka muda itu..namanya *Jangan Tewel*..bukan jangan rewel lho ya..hihi. Nah..kalau di Semarang..sayur nangka mudah yang versi basah ( bukan gudeg ) itu di sebut..*Jangan  Gori *. Dulu awal-awal pindah ke Semarang..sering di kirimin ibu mertua jangan gori seperti ini. Ibu mertuaku kalau masak jangan gori buanyaknya..dan di kirim ke anak-anaknya pakai rantang gitu..hihi.

Jangan Gori, beda sama gudeg ya teman-teman, bedanya yaitu..jangan gori di masak lebih cepat di banding gudeg, masih berkuah, citarasanya gurih dan sedikit manis ringan, nggak terlalu manis seperti gudeg.  Kalau gudeg di masak minimal 7 jam..dengan api kecil hingga meresap dan kecoklatan..kalau jangan gori ini cukup di masak hingga nangka mudanya jadi empuk. Jadi jika teman-teman ada yang pernah mau masak gudeg..wujudnya masih seperti ini..itu belum jadi gudeg ya..masih jadi *Jangan Gori *..hihi.

Berbeda dengan jangan tewel versi Yogya yang cuma nangka muda bahannya..kalau jangan gori versi Semarang ini..lebih mewah..hihi..pakai daging tetelan..atau pakai sum sum sapi..seperti kalau ibu mertua ku masak. Dulu awal-awal ya tak kira bakalan amis dan aneh..tapi ternyata tidak lho..tambah gurih kuahnya. Ya iya lah..kebayang nggak sum sum sapinya ikut melelh ke dalam kuah dan membuat sayur gorinya jadi berkaldu dan berlemak. Tapi memang membuat kuahnya tambah gurih. Jika tidak suka sum sum sapi..tenang..pakai daging tetelan juga enak lho..jadi tambah gizi juga kan paling nggak..hihi..secara sayur nangka mudah gini biasa di masak over cook..di *ngat nget..atau sering di panasin..dan terakhir jika kuah udah habis..bisa bablas di keringkan jadi gudeg semi basah..hihi. Tapi kalau  versi Yogya..original jangan anyep gori atau tewel itu yang cuma tewel atau nangka muda di bumbuin dan di masak pakai santan aja..tanpa tambahan daging atau sum sum. Kalau buat gudeg beneran..baru ibuku suka pakai ayam kampung di campur gudegnya.

Jangan gori..mengingatkanku pada masak kecil di rumah..yang sehari-hari sering banget di masakin jangan tewel sama ibuku. Dulu kalau mau masak setiap hari, jika tidak ada bahan sayuran lain di rumah..kami di suruh milih..mau jangan tewel opo jangan telo ( pepaya muda )..hahah..semua bahan ada di pekarangan..nggak usah beli..tinggal petik. Beda..sama di Semarang nich..kalau mau bikin sayur tewel atau gori ini ya musti beli....2 potong 8 rb..rupiah..hemm..bisa dapat beberapa gelundung tewel kalau di Yogya..hihi..atau malah gratis..lha wong minta sama tetangga aja pasti di kasih.



Jangan gori atau sayur nangka muda berkuah gurih ini citarasanya seger, gurih dan sedikit manis , ringan bumbunya. Paling enak di makan sama ikan asin, tempe garit dan sambal tomat. Sambal tomat biasa aja yang ndeso gitu ndak usah pakai terasi..jadi rasanya seger dan pedes gitu aja..enak banget. Tips untuk memasak gori, jangan di cuci ya teman-teman..hilangkan saja getahnya, lalu rebus bentar di air mendidih. Kalau di cuci..gak tau ya..beda rasa kata ibuku..hihi. Jadi kalau mau bersih..ya beli nangka yang masih kulitan, terus di kupas sendiri di tempat yang bersih, dan di rebus sebentar..jadi steril kan..dan juga getahnya hilang. Siap di olah dech nangka mudanya. 

Oke..mau coba Jangan Gori atau sayur nangka muda  ala Semarangan ini..atau ala ibu mertuaku ini..yukk..di coba ya teman-teman. Jika mau versi ndeso tanpa tetelan..tambahkan saja tempe semangit biar tambah sedep.

Jangan Gori

Bahan 
1 kg nangka muda, potong kasar
Tetelan sapi 250 gram, potong-potong agak besar
1000 ml santan sedang aja..jangan terlalu kental ya
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun jeruk 
1 batang serai, memarkan
50 gram gula merah ( sesuai selera, jika tidak suka manis, gunakan sedikit saja gula )
Kaldu sapi 1/2 sendok teh
Garam sesuai selera

Bumbu Halus
8  butir bawang merah
3 siung bawang putih
6 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar

Cara membuat 
Rebus tetelan hingga agak empuk, buang airnya ( karena air rebusan tetelan itu keruh dan banyak lemaknya..hihi )
Rebus nangka muda di air mendidih hingga berubah warna, buang airnya
Campur nangka, tetelan, santan, bumbu halus dan semua bumbu lain, masak dengan api kecil hingga kuah menyusut.
Koreksi rasa
Sajikan dengan sambal dan aneka lauk

15 comments :

  1. Mba ga pk bumbu2 ky bawang merput dan kemiri :)

    ReplyDelete
  2. Pakai mba..belum selesai nulis resepnya..hihi

    ReplyDelete
  3. Dulu aku gak ngerti mbak apa itu gori :) ternyat anangka muda ya. Enak nih mbak apalagi pakai tetelan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..di Semarang nyebutnya Gori..:D

      Delete
  4. Tambah dinget tambah enak ya mbak heheeee

    ReplyDelete
  5. Aduh aduh ini enak bangett...Apalagi kalo udah di nget berkali-kali...Kalo di Pacitan Gori sama Tewel beda Mba..Gori nangka muda, kalo tewel buah sejenis nangka tapi lain..bentuknya bulat gitu..Dan memang nggak diambil buah matangnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh itu kluwih mba..jk di sini :) yg bulat dan cm di sayur aja :)

      Delete
  6. Aduuuuhhh enake rek... udah lama gak makan jangan tewel. Bener nih kalo dingat-nget sampe asat/kering tambah nyamleng mbak Diah..apalagi masaknya yg puedes..wis top deh..hihi ^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayukk masak mbaa..di sana masih ada tewel tho..hihi

      Delete
  7. d purworejo namanya juga jangan gori mb diah....dulu sama ibuku, klo pas lg ada uang beli tetelan, klo nggak ya cukup gori ditambah daun melinjo. dimakan sama sambel tomat, n tempe goreng. duuuh nikmatnya.
    skrg tinggal d makassar jg msh suka njangan gori, plus tetelan n daun melinjo jangan lupa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..suka juga pakai daun so itu..tapi yang versi pedes jk di rumah ku kalau pakai daun so..enak bingits :D

      Delete
  8. mbak..mau dong dikirimin sebaskom :D *ngiler*

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 mangkuk boleh mba Nisrina..hihi..udah di nget ini udah agak kering skrg..:D

      Delete
  9. Bumbu halusnya tidak usah ditumis ya mbak? Kalau mau pedes pakai merica apa rawit?hehehe baru belajar masak ga ngerti kapan pakai tumbar kapan merica kapan cabe....tiap masak buka internet resep mbak diah dulu.

    ReplyDelete