Thursday, April 2, 2015

Pelatihan Food Photography di Sriboga Customer Center Semarang



Sebagai salah satu perusahaan tepung terkemuka, Sriboga sangat dekat dengan konsumen.
Sriboga Ratu Raya sudah berkecimpung di bidang industri tepung terigu sejak tahun 1995. Aneka produk Sriboga sudah banyak di kenal masyarakat, para pelaku industri atau usaha makanan berbahan tepung terigu.
Sriboga menyediakan wadah bagi para konsumen untuk mendapatkan segala informasi tentang produk, program kemitraan serta berbagai kegiatan yang di di peruntukkan bagi konsumen setia aneka produk Sriboga.  Sehingga di bentuk wadah, yaitu Sriboga Customer Center ( SCC ) sebagai tempat dan sarana berkomunikasi dan penyampaian informasi antara Sriboga dengan semua konsumen.

SCC Semarang di resmikan tanggal 24 September 2011. Lokasinya terletak di Jalan Gajah Mada no 19 Semarang. Selain di Semarang, SCC juga ada di beberapa kota besar di Indonesia, selain Semarang, SCC yang mempunyai fasilitas baking clinic ini, yaitu SCC Surabaya dan Jakarta. Jadi SCC ini adalah wadah bagi para pelaku usaha berbasis tepung terigu, untuk mendapatkan solusi permasalahan usaha sehari-hari.

Jadi SCC ini adalah wujud komitmen Sriboga untuk membina dan membantu dan memajukan para umkm binaan yang mempunyai usaha berbasis terigu. Meskipun produknya banyak digunakan oleh kalangan industri , namun banyak juga saat ini, konsumen Sriboga adalah pelaku Usaha Kecil dan Menengah.
Anggota member SCC yang aktif di area saat ini mencapai 561 orang.

Nah..di SCC ini sering di adakan pelatihan gratis lho teman-teman untuk membernya.   Kalau teman-teman punya usaha yang berbasis terigu, atau ibu rumah tangga yang punya niatan usaha makanan berbasis terigu, boleh gabung lho. Banyak banget nich keuntungan dan manfaat yang di peroleh jika bergabung dengan komunitas SCC ini, antara lain :
  • Secara otomatis diikutkan dalam program SMS Center SCC, setelah member memberikan konfirmasinya.
  • Mendapatkan informasi pelatihan di SCC, baik pelatihan aplikasi
    maupun non aplikasi
  • Diprioritaskan mengikuti pelatihan di SCC
  • Mendapatkan informasi kegiatan SCC lainnya seperti joint baking
    demo, pameran,  seminar dan lain – lain.
  • Mendapatkan konten SMS Center berupa motivasi usaha, kuis, info
    pelatihan serta konsultasi tentang produk Sriboga, aplikasi produk,
    lokasi distributor dan konsultasi lainnya.
    Kegiatan SCC di antaranya pelatihan aplikasi dan non aplikasi,
    mobile baking demo, joint baking demo, gerebek pasar, pameran,
    customer visit. 
  • Pelatihan aplikasi adalah pelatihan membuat produk makanan berbasis terigu beserta inovasi dan variasinya. 
  • Pelatihan non aplikasi adalah pelatihan dari sisi manajemen usaha, yang meliputi
    financial, mengelola karyawan, branding, packaging, pemasaran, promosi
    dll
Seperti event hari Selasa tanggal 31 Maret kemaren nich, SCC mengadakan pelatihan  non aplikasi untuk anggotanya. Dengan tema pelatihan foto produk atau food photoghraphy. Acara terdiri dua sesi, sesi pertama pagi hari di isi oleh ahli / photographer profesional..sedang sesi kedua..yang ngisi..Saya..hihi. 

Alhamdulillah..di beri kesempatan oleh Sriboga untuk sekedar sharing tips praktis dan terapan tentang food photography. Berbekal sedikit pengalaman bertahun-tahun menangani web diahdidi.com ini, setiap hari pegang kamera dan memotret makanan yang aku posting di web, sering mengikuti berbagai kursus fotography makanan secara online, serta pengalaman membuat resep dan foto untuk berbagai media cetak, pengalaman mendapatkan job untuk foto produk, review resto, dll..sangat berguna untuk di bagikan kepada peserta pelatihan yang hadir kemaren.

Berikut reportase acara Selasa kemaren ya teman-teman..karena aku datangnya siang..untuk sesi kedua..jadi kebanyakan foto-foto yang aku punya yang sesi siang hari..hihi. Itupun yang membantu memotret suami..alhamdulillah..bisa tetap bisa sedikit mendokumentasikan acara kemaren, dan menginformasikan kepada teman-teman, yang banyak bertanya tentang kegiatan di SCC, serta cara menjadi anggota SCC, semoga bermanfaat ya sedikit infonya. Nanti aku update terus ya informasinya jika ada kegiatan serupa di SCC Semarang ini. Jadi..buat teman-teman yang tinggal di Semarang dan sekitarnya. Silahkan, jika mau bergabung dengan komunitas Sriboga ini..gratis lho...dan yang jelas, banyak manfaatnya.

Cara bergabung dengan SCC ada 2 cara pendaftaran :
    - lewat www.memberscc.com
    - mengisi formulir di kantor SCC

Info lengkap kalo ingin gabung menjadi anggota kelompok ukm Sriboga, bisa langsung datang atau menghubungi SCC. 

Alamat SCC semarang : 
Jl. Gajahmada no. 19 semarang. 
No telp :   024 3563072
 
Ini sesi pertama yang di isi oleh mas Anas, salah satu fotographer profesional di Semarang, yang mengisi kelas dasar-dasar photography, pengenalan kamera dan seluk beluknya dech.

  

Nah..di sesi kedua setelah makan siang..giliran daku sharing dan belajar bareng tentang presentasi foto makanan . Seru dech..soalnya memang nggak banyak teori sich, kita lebih banyak sharing aja..dan langsung praktek mencoba untuk mengaplikasikan teori-teori yang di dapat. Sedikit teori tentang food photography terapan yang aku share di acara ini..juga sudah aku posting kemaren ya di SINI

Waktu berlatih memotret di acara pelatihan ini, semangat sekali ibu-ibu, seru dan heboh..pada bawa produk makanan hasil kreasi mereka..jadi seru..banyak makanan menarik yang bisa di jadikan obyek latihan foto. Wah..maaf ya ibu-ibu..Saya malah nggak bawa makanan buatan Saya kemaren..hihi. Besok lagi pasti dech aku bawa makanan kreasi Saya juga yang lucu-lucu biar bisa di jadikan obyek foto sekalian bisa saling icip-icip. Wah..iya nich..pasti bakalan lebih seru..jika ada event lagi tentang foto produk seperti ini..para peserta bawa potluck masing-masing produknya..terus di pamerkan..dan di jadikan obyek foto ya..habis itu..di icip-icip pastinya..hihi.






Ini dia keseruan ibu-ibu berlatih langsung memotret makanan kemaren waktu acara pelatihan..semangat sekali..senang rasanya melihat antusias peserta untuk berlatih dan sama-sama belajar. Nggak perlu pakai kamera yang mahal kok ikut pelatihan ini, bisa pakai kamera smart phone, kamera saku yang biasa di pakai sehari-hari saja memotret makanan. Semoga bisa berlatih lebih banyak lagi ya bu ibu..di lain kesempatan. Hal yang paling berkesan buat Saya mengikuti acara pelatihan SCC ini..sangat kekeluargaan, jadi..beneran...nggak rugi ikut gabung jadi member SCC ini teman-teman.

  





Tidak lupa, di akhir acara..narsis dulu bareng sebagian ibu-ibu peserta, yang ini kebetulan dari ibu-ibu para blogger di Semarang yang ikut serta meramaikan acara di SCC. Kita nich lagi mejeng nich di ruang tamu SCC Semarang yang asri dan cozy..sampai ketemu lagi next time, jika ada event serupa ya teman-teman. Buat teman-teman yang tinggal di Semarang dan sekitarnya, jika mau bergabung dengan SCC...silahkan di baca info di atas ya..syarat dan caranya.





6 comments :

  1. Wuiihh.. Mantab mba diah, kira2 di jakarta ada gak ya tempat dan pelatihan seperti ini dari sriboga. Mohon infonya mba bs contact kmn klo cabang yg di jakarta. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek di webnya Sriboga mba Ditha..ada info contact kantor yang Jakarta di sini ya : http://www.sriboga-flourmill.com/public/corporate/contact/

      Delete
  2. Mba Diah didi...mau dong dibuatkan tips dos & donts untuk food fotografi.

    ReplyDelete
  3. Salut sama mbak Di, mommy keren, koki hebat, aktivis produktif jugak. Ngiriii.... #malu skrg gak produktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh mba..ayukk semangat..bs kok produktif dr rumah..:)

      Delete