Friday, April 24, 2015

Tumis Makaroni Pedas



Hari ini cuma masak sambel goreng buat Yodha tadi. Wah sekarang selera Yodha Jawa bingits akhir-akhir ini..hihi. Dia sukanya sayur bersantan koyo *bapake..hihi. Katanya udah bosan nasi goreng..mie goreng..dll yang kering-kering. Jadi lebih suka yang berkuah dan pedas sedikit. Tapi biasa tho...kalau Yodha suka sesuatu..pasti minta di masakin terus..lha giliran aku yang mblenger sama sambel goreng..hihi. 

Akhirnya tadi iseng, sore masak tumis makaroni..pedas..kasih udang sama sosis..buat aku sendiri..hihi..enak  ternyata. Jadi..jika bosan di buat makaroni skotel, di buat olahan pasta ala luar yang aneh-aneh atau di buat sup..makaroni ini di tumis juga enak kok teman-teman. Jadi makaroni Indonesia banget..kasih cabe yang banyak..hihi.

Kebetulan aku punya sampel makaroni jagung dari supplier nich..yang udah lama belum sempat ku coba. Tadi akhirnya kesampaian coba..dan ternyata..enak lho..teman-teman..jadi makaroninya bahannya murni dari jagung..jadi gluten free gitu. Jadi cocok deh buat anak-anak berkebutuhan khusus yang nggak boleh mengkonsumsi gluten ya. Ada mie   nya juga lho..udah ku coba enak juga.  Jika ada yang perlu hubungi daku aja, ntar ku orderin ke supplierku..hihi. Aku belum berani nyetok..soalnya belum tau ada yang butuh nggak ya..makaroni atau mie yang gluten free gini.

Untuk makaroni tumis ini bumbunya simpel aja..bawang merah, bawang putih, dan cabe. Terus pakai 3 saus andalanku..hihi..saus tomat..saus tiram dan kecap..udah.enak ! Buat isiannya bisa daging iris, ayam iris, udang, sosis dll..sesuai selera saja. Tadi aku punyanya cuma udang dan sosis..jadi pakai  itu saja. Mau coba teman-teman..silahkan..makaroni bisa di ganti makaroni biasa kok..cuma kalau aku ini tadi pakai makaroni jagung..yang bentuknya kayak keong..eh..namanya makaroni juga ya..hihi..soalnya di kemasannya di tulis..makaroni jagung gitu..sementara kalau aneka pasta luar itu ..beda bentuk beda nama ya..hihi.

Ini dia resepnya ya teman-teman..maaf fotonya rada pucat ya..karena tadi udah kesorean dan gelap pas motret..terpaksa pakai flash dech..nah ini nich bedanya..motret cahaya alami siang hari sama pakai flash..keliatan beda kan teman-teman..jadi melengkapi tips-tips foto makanan kemaren ya..hihi.

Tumis Makaroni Pedas

Bahan
100 gram makaroni, rebus hingga empuk
2 buah sosis, potong tipis serong
5 ekor udang kupas
6 buah bawang merah,  iris tipis
2 siung bawang putih, geprek, cincang kasar
5 buah cabai merah
3 buah cabai rawit merah
1 sendok makan kecap ( sesuai selera )
1/2 sendok teh saus tiram
1 sendok makan saus tomat ( sesuai selera )
Garam sesuai selera jika perlu
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir

Cara membuat
Tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabe hingga harum dan matang, masukkan sosis dan udang, aduk hingga udang berubah warna..beri sedikit air, sekedar untuk mencampur bumbu, 50 ml aja cukup.
Masukkan makaroni, dan semua bumbu serta saus, aduk rata dan masak hingga meresap
Koreksi rasa
Sajikan hangat




6 comments :

  1. Hmmmm enak nih menu baru bwt ku mba hehehehe....pedes2 segeeerrr tnp nasi jg enak ky nya yaa soal nya udh ada karbo nya dr makaroni thx mba diah jd inspirasi ku dlm memasak nih :)

    ReplyDelete
  2. Hmmmm enak nih menu baru bwt ku mba hehehehe....pedes2 segeeerrr tnp nasi jg enak ky nya yaa soal nya udh ada karbo nya dr makaroni thx mba diah jd inspirasi ku dlm memasak nih :)

    ReplyDelete