Thursday, April 9, 2015

Sambal Tahu


Tahu maning menu hari ini ya teman-teman. Ngabisin stok tahu di  kulkas nich..dan memang nggak mau masak yang ribet-ribet..soalnya nanti malam ada undangan dinner di luar. Jadi nggak masak banyak dech. Jadi buat maksiku aku lagi pengen sambel. Pengen sambel tempe..nggak punya tempe..jadilah nyambel tahu aja..hihi. Aneh ya teman-teman ?..Nggak kok..rasanya enak. 

Dulu sekali..waktu aku masih kerja di Yogya,,pernah di buatin sambel tahu sama teman yang kerjaannya chef gitu,...wuenak dech. Tapi aku nggak tau resepnya dulu..akhirnya tadi aku kira-kira sendiri..sepertinya sich sambal bawang terasi aja. Dan tadi aku coba..ternyata..udah mirip sama yang di buat temenku dulu. 

Untuk membuat sambal tahu ini..gunakan tahu yang enak ya teman2..aku pakai tahu yang udah gurih tadi..kebetulan punya tahu Kudus yang tinggal goreng. Tapi jika pakai tahu pasar biasa..yang nggak apa-apa,.sesuaikan aja jumlah garamnya ya.

Tadi aku pakai terasi Juwana yang aku jual juga di web ini..terasinya itu sudah agak manis, karena terbuat dari rebon segar dari tambak..yang rasanya memang manis alami ya teman-teman jika di jadikan terasi..jadi manis gurih alami dan sedep banget baunya. Nggak pakai penyedap..kalau masak..cukup pakai terasi ini aja..enak banget. Buat numis kangkung dan sayuran lain, buat nyambel dll...sangat sedep..!  Terasi yang aku jual ini juga udah lolos uji lab Dinas Kesehatan sini lho teman..pas aku ujikan beberapa waktu lalu...jadi bebas formalin, bebas bahan pengawet, bebas pewarna, ..pokoknya alami bingits..hihi. Aku ambil dari Pengrajin terasi Juwana asli yang biasanya nyetor terasi ini ke toko oleh-oleh di Semarang. Untuk buat sambel bandeng presto yang pedas manis itu, pakai terasi ini..enak sekali.


Sambal Tahu

Bahan :
2 buah tahu putih ukuran kecil ( kira2 100 gram ), goreng
1 sendok teh terasi bakar
8 buah cabai merah
4 buah cabai rawit merah
1/4 sendok teh garam ( sesuai selera, sesuaikan tingkat kegurihan tahu )
6 buah bawang merah
1 siung bawang putih

Cara membuat :
Goreng bawang merah, bawang putih dan cabai hingga matang.
Ulek kasar dan tambahkan garam serta terasi
Terakhir bejek tahu goreng ke dalam sambal hingga tercampur rata
Koreksi rasa
Sajikan hangat dengan nasi putih ngebul..enak rek..! ^^
Tips : Jika memakai terasi biasa yang asin, mungkin perlu di tambah sedikit gulaa biar lebih sedep.


Cemilannya..juga dari tahu..hihi. Pokoknya tahu di kulkas harus habis hari ini..agar tidak kadaluawarsa..jadi aku ingat kemaren di bawain aci basah dari mba Elmi yang baru mudik ke rumah kakaknya di Tegal..aci  basah adalah asli dari singkong yang di peras dan di endapkan, dan di jemur secara tradisional..yang biasa buat tahu aci. Bentuknya itu bergerindil kasar..tapi rasanya enak sekali jika di buat tahu aci. Untuk resep tahu aci yang pakai tepung pati singkong ini..udah pernah ku posting di SINI ya resepnya teman-teman. Atau mau tepung tahu aci berbumbu yang udah praktis..aku juga jual..Acine..asli Tegal juga. Yang belum tau apa itu Acine lihat postinganku yang di SINI ya...^^

Ok dech selamat makan siang semua..^^



6 comments :

  1. ternyata ada juga sambal tahu ya mbak, aku baru nyobain sambal tempe

    ReplyDelete
  2. maknyuuussss tenan ini... saya suka saya suka..heheh.
    sambal bawang ya ini mbak Di..memang T O P dipasangin sama tahu trus di nyet nyet.
    oya mbak, saya mau beli donk terasi dan asultannya. saya kirim ke email mbak di ya orderannya..

    ReplyDelete
  3. Tahu lagiiiii..... asyik deh maen ke dapurnya mbak Diah, sering dimasakin tahu kesukaanku... hihi ^_^ Jadi inget dulu waktu kuliah di malang mbak Diah.. setiap maen ke rumah sahabatku pasti diharuskan makan dulu sebelum pulang dan pasti dibikinin sambel tahu, kasihan kali ya sama anak kost2an..hehe.

    ReplyDelete
  4. saya belum pernah cobain sambal tahu. Selama ini selalu bikin sambal tempe. Nanti cobain, ah :)

    ReplyDelete
  5. Mbak gimana cara pesen tepung acine dan terasinya?

    ReplyDelete
  6. Mbak gimana cara pesen tepung acine dan terasinya?

    ReplyDelete