Friday, April 17, 2015

Telur Dadar Daun So



Ini menu sarapan..brunch atau lunch..hihi..nggak tau dech pokoknya aku baru makan jam 11 siang tadi. Kalau udah sibuk..duch..lupa waktu atau memang waktu yang berlalu begitu cepat..hingga jam 11 an..kok rada pusing...baru ingat kalau belum sarapan..hihi. Memang beberapa ini pagi nggak sempat masak sarapan..jadi kadang beli aja..atau pada makan roti pagi hari Yodha dan papinya. Sementara aku kurang suka sarapan roti-rotian..kadang kalau beli sarapan, misal nggak selera gitu ya nggak segera di makan...lupa..bablas sampai siang. Palingan minum smoothies beras merah..tapi tadi kok ya..lupa..jadi pusing dech.

Nah..kalau kelaparan lagi melanda..hihi..*lebay..* makan yang paling enak itu..sambal pastinya ya teman-teman. Tapi tadi..mau bikin sambal kok males..soalnya lauknya juga belum ada..hihi..masak makan nasi sama sambal thok. Akhirnya berubah pikiran..pengen bikin telur dadar aja. Telur dadar biasa..nggak dong..kali ini bikin yang rada unik dan nyleneh..yaitu telur dadar daun so..atau daun melinjo. Telur dadar ala ibuku ini sering banget di buat waktu aku kecil hingga dewasa. Secara..daun so melimpah di pekarangan rumah..kalau lagi musim...tinggal petik dech kalau mau masak daun so. Selain untuk campuran sayur sehari-hari..salah satu olahan daun so atau daun melinjo muda ini ya di buat telur dadar ini. Rasanya enak sekali lho teman-teman...walau yang belum pernah makan rada aneh kali ya..tapi beneran..enak..hihi.

Lama sekali aku nggak makan dadar daun so ini. Tadi liat dan so seger dari tukang sayur..jadi ingat masak ibu. Jadi makin kangen pengen mudik dech..huhu..sayangnya belum bisa..masih banyak deadline kerjaan yang haru selesai sebelum akhir bulan ini...serta ngurusi order harian. Baiklah..untuk mengobati rasa kangen sama ibuku..aku buat dadar unik yang biasa beliau masak dulu. Dan setelah matang..amazing..persis sama seperti yang dulu di masak ibuku rasanya..hihi. Apalagi menggorengnya pakai wok..wajan besi koleksi ibuku yang ku bawa dari Yogya juga..wua..serasa merasakan masakan ibu dech...pakai wok yang sama. Ya iya lah pasti persis ya..lha wong cuma telur dadar gitu lho...hihi. Tapi beneran..serasa ingat jaman dulu..kalau makan paka telur dadar daun so ini berasa udah enak banget gitu teman-teman. Wah...harusnya tadi masak pepaya muda sekalian..yang tadi di kasih mba Elmi..sayangnya belum sempat..jadi..beneran berasa di rumah dech. Makan sayur pepaya muda, lauknya dadar daun so..hemm..enak sekali.

Walaupun makanan ndeso..aku suka memang telur yang di masak seperti ini. yatu di dadar..di beri macam-macam isian, salah satunya daun so ini..jadi rasanya itu lebih enak. Aku malah kurang suka..kalau cuma telur di ceplok..atau olahan telur keren yang modern, omelet, scrambled egg..poached egg dan telur yang di masak keren lainnya. Aku..tetep suka telur dadar ndeso yang di goreng agak gosong..dengan bentuk apa adanya..bulat nggak beraturan..khas telur dadar Jowo...hihi..jadi luarnya garing..dalamnya lembut..gurih..berbumbu..hemm..enak..! 

Telur dadar seperti ini..nggak perlu plating time segala..paling enak..langsung segera mendarat ke piring yang berisi nasi putih hangat..dan harus segera di nikmati pas masih hangat, jadi maaf ya teman-teman..no plating time dan bergaya di depan kamera telur dadarnya..hihi..plus yang motret juga udah keburu laper pula.
Di makan pakai nasi hangat aja..duch enaknya..ngalahin rasa scrambled egg ala hotel yang di makan sama sosis panggang atau roti tawar..hihi.


Oke dech..mau coba citarasa telur dadar ala kampung teman-teman..ini aku catatkan aja ya..resepnya..^^

Telur Dadar Daun So

Bahan :
6 tangkai daun so, atau daun melinjo muda, iris halus
2 butir telur
4 buah cabai rawit ( sesuai selera ), iris halus
4 buah bawang merah, iris tipis
1/8 sendok teh ( seujung sendok kecil ) kaldu ayam bubuk
Garam sesuai selera ( dikit aja )

Cara membuat :
Kocok lepas telur, masukkan bahan lain
Aduk rata
Panaskan wajan, beri sedikit minyak
Tuang kocokan telur dan isinya
Masak hingga bagian sisi bawah kecoklatan, lalu balik dengan bantuan dua buah sutil kayu.
Masak kembali dengan api kecil hingga matang kedua sisi dan dalamnya.
Sajikan hangat segera.

10 comments :

  1. Ahaa... saye suka ni..!
    Kita samaan dong mbak...aku sering tuh bikin telur dadar dikasih daun so, bayam, kol ataupun buncis dan menurutku semuanya enak apalagi dibikin pedeeesss...tambah enyaaak..hehe
    Menurutku ini salah satu cara paling mudah, cepat, praktis utk memasak dan menikmati sayuran dg rasa yg enak..^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bingit mba..sayange di rumah yang suka gini cuma aku..kalau Yodha sukanya pakai daun bawang aja kayak martabak..papine sukanya ndok ceplok..udah ..jadi suka masak buat sdr aj jk dadar yang isian nyleneh gini..hihi

      Delete
  2. Telor dadar kesukaan aku mbak diah......telor dadar pake irisan daun bawang, bawang merah rawit yg bnyak....hmmmm sedepp
    ak tiap hr sarapan telor dadar ampe di ktr udah pd nebak pasti telor dadar lover.....wkwkkwkwkkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..iya mba..emang ngga ada matinya ya..telur dadar,,kadang aku pakai kelapa parut muda juga enak mba..haha

      Delete
  3. enaknya kalo bisa ketemu daun so muda. Di ciledug daun so yang dijual udah pada tua, alot kalo dimakan. Jadi selama di Ciledug gak pernah makan 'dong so'

    ReplyDelete
    Replies
    1. O alah..mungkin di sana jarang wit melinjo ya mba..hihi..di sini kalau musim daun muda melimpah ruah mba..:D di pasar2 byk..

      Delete
  4. Wahaha.. jadi inget budhe d jogja, soalnya yg sering bkin ginian budhe q jgja. So nya tggl metik blkang rumah. Klo d rumah purwrjo pling cuman tmbh bwang merah putih sma dauj bwang cabe rawit yg buanyak... klo aq yg goreng tak lebar2in kewajan, jdinya pas udah mateng tlur 1bisa sepiring gdhenya. ^^. Lauk 3m ya mbk, murah meriah mareg'ii ^^

    ReplyDelete
  5. Nggak kebayang rasanya mb, tp pengen coba, tp ntar liat dulu dipohon ada nggk daun so nya.

    ReplyDelete
  6. Bisa banget dicoba, mbak. Aku brlum pernah pakai so soale. :D

    ReplyDelete
  7. wah..ini paporit aku banget mbak..rumah ortu di jogja di pinggir jalannya banyak pohon so..jadi tinggal metik aja..tiba di pekanbaru..orang2 pada heran liat aku masak telur dadar pake daun so..hahha..so nostalgic..:)

    ReplyDelete