Thursday, April 16, 2015

Kue Getas Pandan


Kue tradisional dari tepung ketan adalah salah satu kue favoritku. Apa aja..jika terbuat dari tepung ketan aku..sukaaa...! Apalagi jika di tambah kelapa..wah cocok banget itu. Salah satunya ya di buat kue getas. Lama aku nggak buat kue getas. Jika kepengen makan kue getas, kadang beli di pasar atau di gerobak pedagang kue..ataupun di bakery-bakery yang jual kue tradisional..banyak. Tapi..aku belum menemukan getas yang sesuai seleraku jika beli.

Makanya..biar puas  makan kue getas yang enak..ya harus buat sendiri. Mudah banget sich..membuat kue getas ini. Masalahnya cuma satu..yang doyan aku sendiri di rumah..hihi. Lha masak ya..di habisin sendiri. Tapi..karena beneran pengen makan kue getas yang enak..aku buat aja tadi..kebetulan masih punya kelapa parut, habis bikin sagon panggang kemaren. Tapi buat dikit aja..buat tombo pengen. Jika nggak habis, taruh kulkas, kasih budhe sayur besok..hihi. Pas dech kelapanya juga sedang..nggak ketuaan banget..jadi enak di buat kue getas ini. sebelum kelamaan nginap di freezer kelapa parutnya, lebih baik di jadiin jajanan enak..yang murah meriah ini. Namanya..kue getas..mungkin ada yang menyebut juga kue gemblong..tapi menurutku kok beda..kalau gemblong itu besta lapisan gulanya dari gula merah. resep gemblong sudah pernah ku posting di SINI.

Sebenernnya resep getas juga sudah pernah ku posting sich..tapi iseng aja..aku buat besta aroma pandan tadi..jadi waran bestanya jadi cantik..hijau cerah gitu..hihi. Jadi resep yang berbeda lagi kan. Besatnay jadi lebih harum, aroma khas pandan. Besta yang berhasil adalah besta yang ketika kue di masukkan dan api di matikan, akan langsung mengeras menyelimuti kuenya. Jika masih basah hingga dingin..berarti bestanya belum *tua* atau belum jadi berambut ketika di panaskan. Hasil kue kan lengekt dan kurang oke.

 
Agar besta bisa jadi dan mengering..buat bestanya pakai api kecil dan aduk terus sampai kental dan berambut..baru masukkan kue getasnya..aduk2 dan matikan api..nanti gula ( besta ) akan mengkristal dengan sendirinya. Biarkan dulu hingga dingin ya, dan besta benar-benar mengeras..baru di sajikan. Jika panas-panas di makan..kasian gigi kita..hihi.

Oke..semoga bermanfaat sedikit tips nya ya teman-teman..buat yang suka kue-kue tradisional..buat yukk..mudah banget..^^

Kue Getas Pandan
Bahan-bahan :
125 gram tepung ketan putih
50 gram tepung beras
150 gram kelapa parut kasar
3/4 sendok teh garam
125 ml santan dari 1/2 butir kelapa
minyak untuk menggoreng

Bahan Besta:
75 gram gula pasir
35 ml air
1/4 sendok teh garam
1 tetes pasta pandan ( secukupnya )

Cara Pengolahan :
Aduk rata tepung ketan putih, tepung beras, kelapa parut, dan garam. Tuang santan sedikit – sedikit. Aduk rata hingga adonan bisa di pulung. Bentuk bulat pipih.
Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
Besta: rebus gula pasir, paasta pandan, garam dan air  sambil diaduk sampai berambut dan kental. Masukkan kue. Aduk rata. Matikan api. Aduk terus sampai kering.

Tips :
Buat ukuran getasnya jangan terlalu besar ya, supaya cepat matang sampai ke dalam juga, kalau terlalu besar dan kelamaan di goreng, hati-hati getasnya bisa pecah dan mbledos..hihi. JIka tidak ada pasta pandan, pakai saja aroma pandan asli, daun pandan di masukkan ke dalam bestanya dan beri pewarna makanan hijau.


6 comments :

  1. Mba Dd .. satu adonan di atas hasil jadinya berapa & setelah udh dingin lama apkh getasny jd keras / msh lembut mba .. tks

    - ganti -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi 10 lebih mba jk ukuran kecil2 :D

      Delete
  2. Duuuhhj... ijonya ngegonjreng amat mba...
    Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..motretnya udah magrib..jadi pakai flash..:D

      Delete
  3. Kok blum pernah tau kue kyak gini yaa ?? Aq yg katrok ato emng d purwrjo gk ada ya mbk.. hhhhh ato mungkin punya nma lain kli yaa

    ReplyDelete
  4. Mb didi, klo pke tepung ketan hitam, apa ukurannya sama dg tepung ketan putih? tks.
    dyah

    ReplyDelete