Thursday, April 30, 2015

Cracker Isi Ragout Ekonomis



Masih..edisi jajan mur mer tapi enak ini ya resepnya teman-teman..karena masih membuat snack untuk tukang yang kerja di rumah. Jadi..mumpung banyak yang bantuin makan..jadi bisa coba-coba macam-macam snack ekonomis. Semoga menjawab juga pertanyaan teman-teman yang email..yang minta resep-resep snack ekonomis buat jualan.  Sudah banyak sebenernya yang ku posting ya..jika di jadiin buku udah satu buku kali..hihi. Jadi..yang butuh resep-resep snack ekonomis tapi enak buat jualan..silahkan di search aja di pojok kanan atas yang ada tulisan search ya. Ketik judul resep yang di cari, nanti muncul resepnya. Atau langsung saja cari di google..misal..*Resep Lumpia Ekonomis Diah Didi*..nah..nanti muncul dech postingan resepku.

Snack murah meriah..tapi enak ..bisa kah ?.. jawabannya..bisa banget..! Asalkan kita bisa menakar bahan dan bumbu dengan tepat..bahan ekonomis pun bisa jadi sanck yang enak. Kadang suka prihatin..jika beli snack di tukang jualan snack pinggir jalan tuch..yang snack nya nggak di buat sendiri tapi titipin banyak orang, kadang-kadang..suka sekenanya aja membuat makanan..padahal kan di jual ke orang. Dan orang belinya pakai uang juga ya..biarpun murah. Kadang maklum juga..yang buat snack itu ngejar untung juga..tapi..sebenernya ada kok solusinya...ya itu tadi..bikin snack yang murah..meriah..tapi tetep enak dan berkualitas. Bisa kok..

Nah..kali ini aku mau sharing snack murah meriah yang terbuat dari crackers gurih..atau ada yang menyebut juga gabin gitu ya. Ini sisa snack Yodha yang teronggok di meja makan..karena dia udah bosan..masih ada separo bungkus..sayang jika di buang. Di olah jadi snack gurih dengan isian ragout ini..hemm..enak. Dan istimewanya lagi..ragoutnya versi ekonomis, tanpa tambahan daging sama sekali..karena memang lagi nggak punya daging aku di rumah. Tapi hasilnya..tetep..enak banget. Dari penampilan..juga tetep cantik kan..biar pun crakers isi versi murah  meriah teman-teman...nggak kalah sama yang di pajang di bakery-bakery..hihi. Kadang juga yang di bakery-bakery itu aja..juga biasa banget rasanya..walaupun pakai daging, dll. Jadi..pede dong jualan snack murah meriah tapi enak....?..Harus..! 

Oke..semoga bisa jadi ide usaha ya teman-teman..snack seperti ini cocok nich di titip ke warung-warung snack di pagi hari, kantin sekolah...kantor dll. Dengan bahan minimalis, tapi rasanya enak..dan harga jual yang terjangkau..pasti dech..akan di sukai konsumen. Selamat mencoba..^^

Cracker Isi Ragout Ekonomis

Bahan 
20 buah crackers gurih ( tanpa gula ), yang murah aja
200 gram wortel, rebus, potong dadu kecil
200 gram kentang, rebus, potong dadu kecil
2 batang daun sledri , cincang halus
1/2 sendok makan susu bubuk
1 sendok teh kaldu rasa ayam
1 sendok makan gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh pala bubuk
1/2 buah bawang bombay
200 ml air
2 sendok makan tepung terigu protein sedang

Cara Membuat 
Tumis bawang bombay hingga harum dan matang, masukkan terigu, aduk hingga berbutir
Masukkan air, dan semua bahan lain. Aduk rata hingga mengental
Koreksi rasa, hingga terasa pas ragoutnya. Harus ada rasa gurih dan manis
Dinginkan
Ambil selembar cracker, isi dengan ragout secukupnya. Tutup dengan cracker lain
Lakukan hingga adonan habis
Celup ke adonan pencelup, angkat sebentar, biarkan sisa adonan menetes kembali ke mangkuk, agar tidak terlalu tebal lapisan tepungnya, goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang.
Sajikan hangat

Bahan Pencelup
50 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan tepung beras
150 ml air
1/8 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula halus

Campur semua bahan pencelup, aduk rata

5 comments :

  1. mbk itu ada isian jagung lg tah?kog ada biji kuning gt?

    ReplyDelete
  2. pengen coba bikin nih, kalau di celupin adonan tepung dulu mungkin gak begitu meresap minyak yak mb, soalnya pernah beli di warung dimakan banyak minyaknya. Tks resepnya->ibune menik.

    ReplyDelete
  3. Mbak Diah, tadi resep ini ada di MNC TV.

    ReplyDelete