Wednesday, April 15, 2015

Tips Membuat Mie Ayam Yang Enak


Maaf ya teman-teman..belum sempat buat menu baru nich hari ini..karena kesibukan. Makan sore sekaligus makan malam kami..mie ayam aja tadi..hihi. Resep mie ayam  sudah pernah aku posting..jadi sekarang mau mengulas tips membuat mie ayam aja ya..semoga bermanfaat buat teman-teman..terutama buat teman-teman *newbie* di dunia perdapuran.

Mie ayam..makanan favorit sejuta umat..hihi..dari anak kecil hingga orang tua, banyak yang suka. Mie ayam mudah di temui di mana saja ya teman-teman..banyak yang jual..mau di warung-warung kaki lima..di restoran hingga di pedagang keliling. Tapi akan lebih enak lho..jika kita membuat sendiri di rumah. Susah..ribet ?..Nggak kok..asal niat nggak ada yang susah di dapur itu teman-teman. Aku kasih sedikit tips nya ya..biar bisa bikin mie ayam yang enak ala abang-abang atau ala resto.

Jadi pada dasarnya..mie ayam..yamie ayam..itu hampir sama ya. Kalau mie ayam itu identik dengan mie ala abang-abang atau warung kaki lima. Kalau Yamie ayam itu mie toping ayam ala resto-resto atau chinese food. Bedanya apa..?..Kalau mie ayam ala abang-abang tuch topingnya ayam kecap manis..kalau yang versi yamie..topingnya lebih gurih. Suka yang mana ?..sesuaikan selera saja ya. Kalau aku karena wong Jowo..yang tentu saja..suka mie ayam yang toping ayamnya manis..seperti ayam semur. 

Toping ayam tumis untuk mie ayam pun banyak versi..ada yang ayamnya di ungkep hingga lama seperti ayam ungkep bacem yang manis gurih..ada juga yang sekedar di tumis kasih kecap..dll. Aku pernah buat yang versi bumbu lengkap ya semurnya yang di ungkep lama, dan pakai ceker juga..resepnya tuch di SINI ya. Kalau yang di foto itu ayamnya di tumis aja sebentar..pakai bawang dan jahe..jadi lebih praktis dan cepat. Pakainya ayam yang udah di rebus..jadi hemat waktu menumisnya..nggak perlu di ungkep.

Oke dech..ini dia tips membuat mie ayam yang enak ya teman-teman..
  • Pilihlah mie untuk mie ayam itu mie yang pulen, sehingga lebih enak. Jika mau buat mie sendiri lebih bagus. Resep mie telur homemade sudah pernah ku posting di SINI ya.
  • Untuk membuat kuah mie ayam..gunakan kaldu ayam bening hingga hasilnya segar dan nggak amis, cara membuat kaldu ayam liat di SINI ya.
  • Jika keluarga di rumah suka mie ayam dan sering membuatnya, lebih banget ungkep tumisan ayam  banyak sekalian, hemat waktu, tenaga dan akan semakin meresap bumbunya. Simpan tumisan ayam di freezer di wadah tertutup sekali pakai, jadi jika mau buat mie ayam , nggak perlu numis ayam lagi.
  • Tapi jika cuma mau buat sedikit porsi tumisan ayam..pakai saja cara yang di tumis sebentar, yaitu pakai ayam yang di rebus dan di potong-potong kecil, jadi lebih cepat menumisnya, karena ayam sudah matang.
  • Beri jahe di tumisan ayam,  agar ketika bercampur kuah aroma kuahnya akan lebih segar.
  • Jika suka, daging ayam bisa di ganti ceker ayam, tapi agar  ceker empuk, harus di ungkep agak lama hingga bumbu meresap. 
  • Sebagai campuran tumisan ayam, bisa juga di tambahkan jamur. Bisa jamur merang, jamur kancing dll..sesuai selera..atau jamur tiram juga enak untuk campuran mie ayam ini.
  • Untuk sayurannya..pilih sawi hijau kecil-kecil yang biasa khusus untuk mie ayam, agar lebih mudah matang  ketika di masukkan ke air panas sebentar dan nggak langu aromanya. Jangan di masak kelamaan ya..sayurnya agar masih teras kres enak dan berwarna hijau cantik..sayurannya..cukup di celup-celup ke air mendidih bareng sama mienya.
  • Taburkan daun bawang terakhir ketika akan di sajikan. Aroma daun bawang yang khas akan menambah aroma dan citarasa mie ayam makin enak.
  • Agar lebih komplet gizinya, bisa juga di tambahkan bakso atau pangsit untuk mie ayam. Cara membuat bakso, pangsit..semua juga udah ada di web ini ya...silahkan di search saja.
  • Walaupun mie untuk mie ayam  sudah matang, sebelum di sajikan..masukkan dulu ke air mendidih seperti di abang-abang mie ayam itu..lalu tiriskan di mangkuk saji, baru di tuangi kuah. Agar kuah tetap panas ketika di sajikan. Jika mienya sudah dingin, jika di tuang kuah panas, makan akan cepat jadi dingin dan kurang nikmat rasanya.
  • Agar mie ayam lebih sedap, tambahkan minyak ayam. Tau kan teman-teman..kalau beli mie ayam di abang-abang keliling itu terakhir penyajiannya selalu di tambahkan minyak khusus dari botol yang dalamnya ada bawangnya. Nah itu lah minyak ayam. Cara membuatnya dengan memanaskan kulit ayam dan air hingga keluar minyaknya. Jadi kulit ayam di ungkep hingga air habis..dan terus saja di panaskan dengan api kecil, nanti akan keluar minyak ayamnya.Tinggal di tambah bawang putih geprek yang di tumis, sama merica. Tapi jika mau lebih cepat..ada satu cara membuat minyak ayamnya..yaitu pakai lemak ayam atau gajih ayam yang berwarna putih yang nempel di daging-daging ayam itu lho teman-teman. Bisa di beli di pasar di tukang jualan ayam Kalau gajih itu di panaskan sebentar saja ..langsung jadi minyak..hihi..kan namanya juga lemak...biasanya abang-abang mie ayam pada pakai lemak ayam itu untuk minyak ayam...karena hasil minyaknya jadi lebih banyak memang di banding kulit ayam saja.
Oke dech segitu dulu ya..sedikit tips untuk membuat mie ayam di rumah teman-teman..resep cara membuat mie ayam homemade sudah ada di link-link yang aku kasih di atas ya..di klik saja ya. Atau mau berwirausaha mie ayam..bisa banget tuch..sudah aku kasih resepnya ya...dari kuah..toping, pangsit..bakso..semua ada kok resepnya di web ini yang belum lama ku posting ada juga..mie ayam ceker. Jadi silahkan di search aja ya di pojok kanan paling  atas teman-teman ( kotak search ). Ketik judul resep yang di cari,  misal *Resep Mie Ayam*, lalu klik search, nanti akan muncul resep-resep yang terkait dengan mie ayam, tinggal di klik dech. Mudah kan..cari resep di web ini teman-teman. Selamat memasak..! ^^


4 comments :

  1. ehm fotonya begitu menggoda, saya suka banget mie ayam

    ReplyDelete
  2. wah baru aja aku bikin mi ayam, tapi seadanya aja, hehe

    pengen juga pakai minyak ayam itu tapi.... ga ada bahannya :D
    sedappp banget kalau pakai itu ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..lain kali di coba ya..pakai minyaak ayam :D

      Delete
  3. mba, apakah pada saat menumis ayamnya, dicampuri batang seledri cincang juga ya? soalnya di fotonya saya lihat kayaknya ada deh... (seperti mie ayam yang beli diluaran)

    ReplyDelete