Wednesday, April 29, 2015

Kroket Campur Panggang


Gorengan gurih..pastilah di sukai semua orang ya teman-teman..tapi ada juga lho beberapa orang yang nggak suka atau anti makanan yang di goreng-goreng..dengan alasan..kolesterol..dll. Memang..makanan yang di goreng itu lebih enak..pasti..renyah..pasti. Tapi buat teman-teman yang menghindari minyak..bisa nggak ya..tetap makan cemilan gurih dan renyah..?..Tentu bisa dong..bikin aja cemilan gurih, kemudian di panggang. aku ada beberapa resep cemilan  yang biasanya di goreng..di panggang..enak juga..misal..donat panggang..atau lumpia panggang...pernah ku share juga resepnya di SINI.

Nah..tadi aku uji coba buat kroket panggang...eh..ternyata enak juga lho..kriuk lapisan panirnya dapat..rasa nggak berubah..tetep gurih..dan lembut.tapi mungkin warnanya aja yang kurang bisa golden krispi, serta efek moist berminyak..kayak kroket goreng..hihi. Kalau renyahnya sich udah dapat..karena tepung panir aku sangrai dulu hingga kering. Mungkin next time..nyangrainya agak di buat hingga kecoklatan kali ya..biar efek warna seperti di  gorengnya dapat..hihi.

Kalau untuk membuat kroket aja berhasil, aku kira tehnik panggang ini juga bisa untuk membuat ayam panir, nugget , risoles dll yang berlapis panir. Jadi lebih sehat bukan..bebas minyak sama sekali..tapi efek renyah luarnya dapet..! Kuncinya adalah, tepung panirnya di sangrai terlebih dahulu. kemudain..gunakan tepung panir yang berlualitas, jangan  yang apek ya..hihi. Kalau tepung panirnya fresh dan nggak apek..maka rasanya juga enak..nggak berbau aneh dan renyahnya..dapet banget. Sebenernya tepung panir sudah matang ya teman-teman..karena sudah di keringkan, namun biar lebih kriuk lagi bisa di sangrai sebentar dengan api kecil.

Untuk resep kroket panggang ini adonan kroket nya juga di masak sebentar, agar matang, jadi pas manggang tinggal membuat kriuk luarnya. Jadi cara membuat adonan seperti membuat bitterbalen. jadi selain rasanya lebih lembut , aromanya juga nggak aroma adonan mentah,. Jad ketika di panggang, nggak perlu waktu lama untuk membuat luarnya jadi kriuk aja.


Ok.ini dia resepnya ya teman-teman, aku pakai tepung kentang seduh aja..biar praktis..soalnya tadi udah kesiangan bikin jajanan untuk tukang yang kerja di rumah,..alhamdulillah..dalam sekejab kok ludes kroketnya.hihi. Oh ya..buat teman-teman yang mau pesan tepung kentang seduh buat perkedel, kroket, dll..ready lho. Tepung panir kualitas bagus yang warna orange..aku juga jual. Jadi jika mau cari tepung panir yang berkualitas, karena terbuat dari roti tawar segar dan baru..jadi kriuk dan gurih jika di buat aneka jajanan.

Kroket Panggang

Bahan :
100 gram Tepung Kentang seduh ( atau kentang kukus biasa )
Air panas 150 - 200 ml
Merica bubuk 1/8 sendok teh
Pala bubuk 1/8 sendok teh
Kaldu ayam bubuk 1/4 sendok teh
1 sendok makan susu bubuk
Gula pasir 1 sendok teh
Garam sesuai selera
100 gram daging giling / daging ayam
1 buah wortel, potong dadu kecil
1 buah jagung manis ukuran kecil, rebus sebentar, serut kasar
1 batang sledri, iris halus
1/4 bawang bombay, iris halus
1 siung bawang putih, haluskan
Tepung panir untuk pelapis secukupnya, sangrai hingga kering dan renyah / kecoklatan dengan api kecil

1 butir putih telur untuk pencelup

Cara membuat
Seduh tepung kentang dengan air panas secukupnya, kali ini karena mau di panggang aku buat lembut kentang lumatnya, jadinya.enak..kayak bitterballen..tanpa terigu, tetep lembut. Jika mau keset adonan, yang sesuaikan kebutuhan air panasnya ya.
Tumis bawang bombay, bawang putih halus, hingga harum dan matang
Tambahkan daging / ayam , aduk rata, aduk hingga daging matang
Tambahkan wortel dan jagung, kentang seduh, dan semua bahan serta bumbu lain, aduk rata dan masak sebentar di api kecil agar tidak gosong. Koreksi rasa
Dinginkan sebentar, lalu di bentuk bulat atau seusai selera
Celup ke putih telur yang di kocok lepas, gulingkan ke tepung panir sangrai
Susun di loyang, panggang 15 - 20 menit api sedang
Sajikan hangat..


6 comments :

  1. aku suka yang lembut kentangnya mbak. Oh ya mbak diah boleh request gak cara bikin sesuatu tapi aku lupa namanya. pernah makan di KFC kentang kaya perkedel tapi didalamnya ada potongan kentang lagi.

    ReplyDelete
  2. Hmmm menggodaa.
    Tpi klo buat yg suka gorengan pasti lbih mnteb klo d goreng yo mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..bener banget mba..contohnya aku..penggemar gorengan sejati..:D

      Delete
  3. Mbak diahhh...aku mau pesen tepung krispi ama tepung kremesnya...udah aku inbox tp blom di bales

    idos sari

    ReplyDelete
  4. Mbakkkk diii,,, ni kroketx bisa digoreng jga kan mbakkk y?

    ReplyDelete