Saturday, April 4, 2015

Semur Cumi Pedas



Happy long weekend,..alias selamat libur panjang ya teman-teman...pasti banyak yang liburan ke luar kota ya ?..Jika mau di rumah aja bersama keluarga..tetep...semangat masak yukk....^^

Kemaren aku masak cumi nich. Cumi..enak di olah apa aja ya teman-teman. Nah..karena lagi bosan di goreng atau di masak ala Chinese food, kemaren aku masak cumi ala Jawa aja..di semur. Enak juga ternyata. Hanya saja yang jadi kendala..kalau semur itu harus di masak agak lama hingga meresap..jadi otomatis..cuminya bakalan menciut..hihi. Jadi..jika mau masak semur cumi ini..harus pakai cumi ukuran yang agak besar..jadi..jika menciut dan mengecil..nggak *gelo ( kecewa ) amat gitu lho. Biasa kan..jika masak cumi agak lama..langsung dech kecil-kecil jadinya..apalagi jika memang cuminya udah ukuran kecil sedari mentah..duch..berasa rugi..gitu ya teman-teman..masak cumi setengah  kilo tinggal sedikit jadinya jika matang..hihi.

Tapi ada cara lain sich masak semur ini agar cumi nggak menyusut dan alot ketika di masak lama. Masak dulu kuah semurnya hingga bumbu-bumbu pas dan kuah agak menyusut, baru masukkan cumi dan masak sekitar 5 menit saja. Lalu simpan semur cumi semalaman di kulkas, paginya di panaskan kembali..maka bumbu akan meresap ke cumi tanpa terlalu membuatnya jadi menciut dari ukuran awal, serta empuk tekturenya.

Atau jika mau tetap besar ukuran cuminya..isi aja dengan tahu..yang..badan cumi..hihi..jadi kan tetep ngembang tuch..nggak menciut ketika di masak. Tips memilih cumi yang segar itu badannya masih kenyal ya..ketika di sentuh teman-teman. Terus kantung tintanya belum pecah, warna segar kemerahan, jika cumi merah ya. Kulit cumi juga masih nempel di badan, belum pada terkelupas. Aroma segar  khas cumi..bukan aroma amis.

Oke..buat penggemar cumi..ini di aresep semur cuminya ya..bar makin enak aku buat sedikit pedas nich semur cuminya..^^
Semur Cumi

Bahan :
500 gram cumi bersih, biarkan utuh, cukup di kerta-kerat saja luarnya
Cabai merah 5 buah, iris serong.  200 ml air
4 sendok makan kecap manis
1 sendok teh garam ( sesuai selera )
1/4 sendok teh merica
1/4 sendok teh gula pasir

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri

Cara membuat :
Tumis bumbu halus dan cabai merah hingga harum dan matang
Masukkan air, cumi, dan semua bumbu lain
Tutup panci, masak hingga meresap dengan api kecil hingga kuah mengental
Koreksi rasa, sajikan hangat


Selain semur cumi kemaren dapat oleh-oleh sample produk umkm, berupa lauk kering..keripik iwak cetul..hihi. Ini adalah oleh-oleh khas dari Ambarawa dan sekitarnya. Karena di sana memang masing banyak ikan wader, cetul dan kawan-kawan. Duch jadi ingat masa kecil..dahulu kala..*lebay..hihi..* di mana masih mengalami sungai itu masih jernih dan nggak banyak polusi air. Teman-teman yang seumuran sama aku pasti pernah menemui ikan-ikan kecil unik yang enak ini ya. Kalau wader agak besar-besar, dan rasanya juga gurih sekali. Nah..kalau cetul  ini lebih kecil-kecil lagi..rasanya itu..super gurih sekali..cetul ini. Khas gurihnya..seperti ikan air tawar, beda..sama teri lho ya. Sayangnya kedua ikan unik ini hanya mau hidup di air yang bersih dan mengalir, jadinya sekarang langka sekali. Eh untungnya di daerah Magelang, Ambarawa dan sekitarnya masih banyak ikan-ikan ini dan ada juga umkm yang menjadikan ini sebagai produk oleh-oleh khas..udah di olah jadi keripik kering dan di kemas bagus untuk oleh-oleh. Jadinya tetep bisa menikmatinya dech di jaman sekarang ini. Tapi di rumahku kok cuma aku yang doyan..hahah..akhirnya ku makan sendiri aja berhari-hari setoples iwak cetul ini. Lumayan..jadi obat kangen masa kecil..di kampung..dulu sama teman-teman suka cari wader, udang, dan cetul di sungai..hihihi. Siapa yang pernah atau suka makan iwak cetul ? ^^


8 comments :

  1. karena aku suka pedes berarti cocok deh resep ini buatku

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mak Lidya..pedas lebih nikamt ya..:)

      Delete
  2. Mbak di....ak sneng liat resep"x mb.di.....kemren jg smpet xoba ste jamurx d rmah kta suami n ponakan rsax enk kyag ayam...cuman ankku aj gk suka soAle msig balita....

    Oia mb.di ak mau nxak mkanan yg bisa d jual online itu ap y mb.di?? Bagi resep n solusix
    dong soalx modal juga sdkit minim...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..syukurlah jk suka..coba search mba..mau jualan apa,..hampir semua resep2 jajanan yang ku posting ekonomis kok..:)

      Delete
  3. Wah lebih pengen cetulnya drpd cuminya mbk, kayaknya enak bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..iya mba...gurih banget alami..khas ikan air tawar..:D

      Delete
  4. Kyag sjnis abon gtu mb...
    Soalx klog kyag gtu kn than lama...
    Yah pkokx yg bisa than lma gtu mb.di
    Kpn hri ak jg prnah xoba mochi pkek resepx mb.di...
    Anak" sntriku tk ksig xoba ktx enak n mlah d suruh buat lgi....

    ReplyDelete