Monday, April 6, 2015

Bubur Ayam Bakar


Pa kabar teman-teman ?  Wah..nggak posting sehari aja serasa lama nggak bertemu..hihi..*lebay..* Udah pada pulang liburan panjang kan..dan udah pada balik ke kantor dan aktifitas rutin lagi ya. Yang pasti..kembali masak-masak lagi ya..untuk keluarga. Yuk semangat kembali ke dapur ya...^^

Judul menunya aneh ya teman-teman..tapi percayalah..rasanya nggak aneh sama sekali..malahan enak..!..hihi. Jadi ini bubur ayam  biasa yang gurih tuch..yang biasa di jual abang-abang..kuah kuning..nah..ayamnya di buat ayam bakar..jadinya makin sipp dech rasanya. Ayamnya gurih manis..nggak sepo. Di padu kuah kuning seperti kuah opor tapi nggak bersantan..plus taburan kedelai goreng dan daun bawang yang renyah..kress..kress..harum aromatik daun bawang bersatu padu membelai lidah..dengan rasa ayam bakar yang gurih manis, kuah kuning plus kecap, serta sambal rawit yang pedass..hemm...yummy..! Laper nggak teman-teman ?..hihi

Tips untuk membuat bubur ayam yang gurih..gunakan kaldu ayam untuk merebus buburnya..jadi..rasanya ya beneran bubur ayam yang gurih dan lembut. Kalau bubur ayam yang di jual abang2 itu kadang-kadang pakai cara pintas..pakai kaldu blok..enak juga sich..tapi kadang terlampau gurih ya. Nah..untuk keluarga di rumah..nggak apa-apa dong sedikit ribet merebus kaldu ayam sendiri. 

Jika malas bikin bubur karena lama ngudek-ngudeknya..pakai aja slow cooker jam 2 malam tuch pasang weker, bangun bentar nyalain slow cooker..pagi-pagi bubur udah siap dech buat sarapan. Tapi jika mau cepat dan praktis..bisa juga pakai panci presto. Caranya..seperti masak nasi biasa, tapia irnya di banyakin 2 kali lipat, lalu masak dengan panci presto seperti biasa. Setelah nasi lembek , baru di masak sebentar di kompor sambil di aduk-aduk, dan di tambah air jika perlu. Jika mau cepat halus..tenang..ada cara kilat lagi..pakai aja hand blender buat ngalusin bubur nasi yang masih bergerindil..dan berbentuk nasi..pasti dech jadi halus. Nggak punya hand blender..pakai blender biasa juga bisa. Mau bikin bubur kilat lagi..nasi putih di blender halus sama air kaldu..lalu di masak hingga kental..hahaha..super kilat khusus kan..nggak pakai lama. Tapi tentu saja..jika mau ada kepuasan tersendiri bikin bubur..itu yang di aduk-aduk manual di atas api kecil hingga jadi bubur yang halus dan kental. Tapi kalau soal rasa..sama enaknya kok semua..aku udah sering coba berbagai cara bikin bubur di atas..hihi.

Ok..ini dia resep bubur ayam bakarnya ya teman2..^^

Bubur Ayam Bakar 

Bahan :
500 gram ayam 
2000 ml air
1 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu ayam bubuk, dan garam sesuai selera
2 lembar daun salam
1 batang serai
2 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe, memarkan

Pelengkap :
Kedelai goreng secukupnya
Daun bawang iris secukupnya
Sambal rawit dan kecap secukupnya

Bumbu kuning :
6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
2 cm kunyit
1/2 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :

Kaldu & bubur ayam :
Rebus ayam dan air, api kecil hingga keluar kaldu bening.
Sisihkan 1.750 ml air /air kaldu, untuk bubur dengan menambahkan :
150 gram beras, dicuci bersih
2 batang serai, dimemarkan
1 sendok teh garam 

Kuah kuning : Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan sisa kaldu ayam, dan tambahan air 500 ml, serta bumbu2 lain. Masak hingga meresap dan ayam empuk. Angkat ayam, olesi kecap, bakar hingga harum
Saring sisa kuah bumbu, koreksi rasa. Jika terlalu kental bisa di encerkan dengan sedikit air, lalu masak kembali hingga mendidih, dan koreksi rasa.
Sajikan bubur dengan suwiran ayam bakar dan kuah kuning serta pelengkap lain.



6 comments :

  1. Kalau yang di abang-abang jadi terasa gurih karena pengaruh kaldu blok yang mengandung MSG mungkin ya mbak :) mudah-mudah komenku kali gak terlihat basa basi ya. Sebenernya bingung kalua komen panjang mekanya selama ini komen pendek saja. Ini menjawab komen mbak Lina di Samarinda ya. Karena gak ada link blognya maaf saya jawab di tempat mbak diah didi saja. Mohon di maaf kalau OOT di postingannya ya mbak.

    ReplyDelete
  2. Mungkin malah di kasih penyedap ya mak..haha..nggak tau juga...kalau di abang2..tapi memang gurih banget. Kaldu bubuk..kalau pakenya normal harusnya nggak guih banget..:D

    ReplyDelete
  3. Hmmmm yuuummmm ngebayangin bubur ayam bakar nya apalagi dimakan musim hujan n dingin gini xiixixi... pas banget aku baca resep ini pagi2 jd keroncongan deh hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mba..enak dan sedep ayukkk bikin buat sarapan :D

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Slt malam mbak....apa bisa saya belajar buat bubur ayam bakarnya? Dan kalau bisa belajar/kursus dimana? Apa ada biayanya dan bila ada brp? Sdh lama saya menganggur dan ingin usaha jual bubur ayam tetapi berbeda dengan lainnya. Trm ksh

    ReplyDelete