Saturday, August 30, 2014

Ikan Kembung Cabe Hijau


Wuaa..isi freezer ku kok masih banyak stock bahan makanan..hihi. Gara2 rada sibuk akhirnya masaknya kemaren2 itu lebih sering ke *one side dishes..alias menu2 simple sepiring campur2 padat gizi yang langsung habis..hihi..misal..tahu campur..kwetiau goreng..nasi goreng..mie goreng dll. Soalnya mba art ku juga lagi sakit..udah seminggu    nggak masuk kerja..jadi ndak ada yang bantu2 nich keteteran sendiri. Akhirnya baru tadi dech satu persatu mulai di keluarkan bahan2 dari kulkas nich sebelum numpuk terus..hihi. Lha pas minggu kmrn ke pasar itu beli ikan banyak macam2..ada ikan tenggiri..ikan bandeng..dan satu lagi ikan kembung kecil2 ini. Karena pas ke pasar pagi2 itu kan ikan2 masih seger2 gitu ya teman2..jadi suka kalap gitu kalau belanja..semua di angkut hihi. Apalagi  murah pula..kamaren beli kan kembung sekilo cuma 10 rb kayaknya..wis langsung dech jadi penghuni freezerku pindah dari pasar ikan kembungnya..hihi.

Ikan kembung ini mirip sama ikan banyar..keduanya itu sama2 ikan kecil2 yang biasa buat ikan pindang keranjang atau ikan rebus itu lho teman2..jadi rasanya memang gurih sekali.Tapi kalau masih segar memang kurang nge top kali ya..makannya harganya bisa murah. Tapi baik itu di buat pindang  atau ikan segarnya aku suka semua dech. enak , gurih dan nggak amis gitu menurutku. Apalagi kalau di masak cabe hiaju yang pedes gini..wuihh enak nyo..hihi. Tadi aja aku masak ikan ini sama sayur..tapi sayurnya ndak laku..soale makan nasi anget2 pakai ikan ini aja udah enak banget..jadi sayang rasanya kalau di campur sayur lain makannya..hihi. Kalau orang Jawa bilang..lauk ikan kembung cabe hijau ini udah *nglawuhi gitu..^^

Ok..mau coba masakan simple dan murah meriah ini teman2..yukk catet ya resepnya..mudah kok..^^

Ikan Kembung Cabai Hijau 

Bahan :
8 ekor ikan kembung ( rendam dengan air garam dan bawang putih secukupnya 15 menit )
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 sendok makan  kecap manis ( sesuai selera )
1/4 sendok teh kaldu ayam
Garam sesuai selera
Gula pasir 1/4 sendok teh
8 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
10 buah cabai   hijau, potong serong  tipis
2 buah tomat hijau, potong tipis
Cabe rawit merah 5 buah, iris serong
150 ml air

Bumbu halus :
3 butir kemiri
1 siung bawang putih
1 cm jahe
Terasi bakar 1/4 sendok teh
1 cm kunyit

Cara membuat :
Rendam ikan kembung di larutan garam dan bawang putih halus secukupnya.
Goreng hingga matang dan agak kering.
Tumis bawang merah dan putih hingga matang dan harum, masukkan bumbu halus. Tumis kembali hingga bumbu halus matang. Masukkan air , dan semua bumbu lain. Terakhir masukkan ikan, masak hingga meresap dan kuah menyusut, koreksi rasa. Sajikan hangat dengan nasi putih.

10 comments :

  1. Masakan2 gini nih mba yg udh lama saya tungguin, maklum suka mati gaya klo gs ada inpirasi dr mba Diah. Keep post menu2 rumahan lg ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..sippp nanti di posting rutin ya..jk daku udah ada assiten lagi..hihi..nich agak sdkt repot di rumah tanpa art..huhu..curhat..:D

      Delete
  2. laaahh,petai'nya ketinggalan di pasar itu mb.kbtulan di rmah ada petai,bsok ke damar cari kembung aah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Petenya..masih di mbah yang jual mba..haha..kembungnya dah habis je..:D

      Delete
  3. bikin selera makan besar nih mbak pakai cabe hijau

    ReplyDelete
  4. Mba Diah,,, amppun menggoda iman, bikin lapeeerr nih menunya... :)

    ReplyDelete
  5. Mbak Diah, buat aq yg suka pedes kyanya cucok deh ini,wkwkwkw... Mbak, klo di pasar kan ada 2 jenis ikan kembung. ikan kembung como sama ikan kembung banjar. menurut Mbak Diah, lbh enak yang mana?
    oh ya, aq sekarang suka masak krn terinspirasi dengan blognya Mbak Diah.... #peluukkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Nia..alhamdulillah..Aku suka yang kembung biasa mba..kalau banyar kyk ada tulang kerasnya ya..di tengah..:)

      Delete