Saturday, August 2, 2014

Kangen Pecel Kembang Turi....^_^



Beneran..setelah Lebaran kemaren ketemunya masakan berlemak2..bersantan dan berdaging2 semua...aku kok kangen pecel teman2..hihi. tapi kok ya masih enggan beranjak pergi ke Pasar..jadilah cukup merindukan pecel ini saja. Dan pas lagi bersih2 file komputer yang udah kepenuhan dengan foto2 makanan..eh kok ya nemu foto kembang turi. Wua..jadi tambah pengen makan pecel. Pecel dengan kembang turi..wua..enake rek. tapi udah ada yang jual belum ya kembang turi nich..belum musim lagi kali yach sekarang ini.

Ada yang suka kembang turi teman2 ?..Kembang turi ini kalau di Jawa..jadi salah satu bahan wajib buat pecel. Sensasi rasanya itu lho ya unik..sedikit pahit2 manis..dan seger banget kalau udah di campur sayuran lain di pecel. Pecel tanpa kembang turi itu serasa..ada yang kurang gitu. Untunglah di sini di Semarang masih banyak pohon kembang turi..jadi jika lagi musim ya masih banyak di jual di pasar2. Harganya juga murah sekali..1 kantung plastik sekali masak buat pecel cuma seribu rupiah saja. Murah kan teman2. Padahal kembang turi ini banyak lho khasiatnya buat kesehatan..banyak dech yang udah mengulasnya..tengok aja di mbah Google..khasiat kembang turi ini untuk kesehatan..bahkan ada yang bilang bisa meningkatkan stamina juga lho..hihi. Tapi kalau buatku..aku suka kembang turi ini karena citarasanya yang unik dan enak. Jika dapat bonus manfaat buat kesehatan dll..wah ya senang sekali ya..aku akan tambah rajin dech makan dan mengolah kembang turi ini. Tapi selama ini memang sebatas aku buat pecel ya kembang turi ini. Adakah teman2 yang pernah mengolahnya jadi masakan lain ?..Kasih tau aku ya..jika enak..nanti aku coba. Ada sich di Malaysia gitu masakan pakai kembang turi ini..tapi pakainya santan gitu kayak kari..wah..kurang seger dong ya..tapi jika enak ya perlu di coba juga nanti sekali2.

Oh ya..kembang turi ini ada yang berwarna putih..yang biasa di jual di pasar2 gitu..dan di jadikan campuran pecel. Tapi kemaren aku lewat rumah saudara di sini, yang punya tanaman kembang turi berwarna merah..cantik banget. Wah..jadi penasaran aku..itu enak di makan atau tidak ya..jadi pengen tau rasanya. Tapi mau minta kok ya tanamannya masih kecil..dan baru sedikit bunganya..masak udah ku ambil..hihi..jadilah ku simpan rasa penasaranku tentang rasa bunga turi merah ini. Mudah2 an suatu saat nanti bisa nyicipin dech..ntar aku ceritain lagi ya teman2..jika udah coba.

Buat yang udah biasa makan kembang turi pasti udah tau yang kayak apa bentuknya. Tapi buat yang belum..kayak gini nich teman2..bentuk kembang turi mentah..cantik ya. Bunganya kayak kupu2 cantik kalau mekar. Cara masaknya tinggal di rebus sebentar aja di air mendidih yang di beri sedikit garam, lalu di makan dech dengan campuran sayuran lain..terus di guyur bumbu pecel yang pedas,..wua..enak sekali rasanya. Aduch jadi pengen lari ke pasar nich..tapi..kok masih malas...hihi. Ya udah ngebayangin aja dulu segernya pecel kembang turi ini..^^


Tips memilih kembang turi yang bagus, pilihlah yang masih tertutup kuncupnya gini ya teman2..jadi masih seger dan fresh kembang turinya. Kalau udah terbuka kuncupnya itu biasanya mudah layu jika di simpan juga tidak tahan lama...dan kadang2 banyak ulatnya. Sebelum di masak..buka dulu kuncupnya..buang bagian tengah putiknya yang kaku biar nggak terlalu pahit...cuci bersih, lalu rebus sebentar saja di air mendidih agak nggak kelembekan. Bunda turi segar..awet juga di simpan di kulkas bagian bawah untuk menyimpan sayuran, tapi di bungkus rapat dengan plastik ya teman2. Selamat mencoba..^^

12 comments :

  1. Iya mba Diah, kalau setelah lebaran memang lidah seperti ngidam ya, pengen ini pengen itu ya kan,,, Sama seperti suami saya, kemarin aja minta dibawain bekal pecel juga buat dimakan dikantor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi,,iya mba..pengennya tuch ya seger2..aku malah ngidam asinan..hihihi

      Delete
  2. wuaah,ni rmhku malah bkin pecel kembang turi mb Diah,sma capar melanding alias tauge dari petai cina(mb pasti tau),kecipir,ama kenikir.nikmeh deh.di tmbh tempe greng bungkusan,wuah tmbh klop deh.siangnya bkin soto ayam bangkok.bngung mau buat soto versi apa.elmi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.....mau mba..udah habis yach..hihi..aku kok cuma beli bakso mba Menuk tadi siang abis acara keluarga..menunya masih opor2 an..buosan banget..:D

      Delete
  3. Bunga kecombrang juga enak lho mbak buat pecel...setiap lebaran di rumah cilacap selalu bikin menu pecel bunga kecombrang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mb Ina,apa gak wangi itu mb,bunga kecombrang,pnah ke Super Indo,nemu tuh bunga,penasaran,tpi,kok kyak jinjau mau msak.ya wis,jdi mainan si kecil.slam kenal,elmi.

      Delete
    2. Wah..Mba Ina..mba Elmi..aku tuch dari dulu penasaran banget sama yang namanya bunga kecombrang..liat aja belum pernah lho,..apalagi masak..kapan2 tak hunting ke superindo dan di masak pecel ahh..penasaran..:)

      Delete
    3. Gak terlalu wangi kok mb...direbus dulu,aq juga baru tahu di tempat mertua, pertama kali mencoba rasanya memang aneh, tapi lama kelamaan rasanya bikin pecel tambah seger.

      Delete
  4. kalo di ponorogo sering pake ini pecelnya mbk^^
    mohon maaf lahir batin mbk^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Hann..enak dan seger ya kalau pecel pakai kembang turi ini Sama2 ya Mak..maaf lahir batin juga..:)

      Delete
  5. Jadi inget pecel madiun, pengen pulkam deh.... kembang turi warna merah rasanya enak juga mbak Di gak ada bedanya sama yg putih...kalau di tempatku yg merah memang jarang ada yg jual mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jadi penasaran..besok tak minta yang merah sama saudaraku mba..hihi

      Delete